10 Ide Cerdas, Rak untuk Kamar Mandi

10 Ide Cerdas, Rak untuk Kamar Mandi

Sebagai tempat yang sering digunakan, kamar mandi cenderung berantakan. Hal itu biasanya terlihat di meja rias, tempat pasta gigi dan sikat gigi yang tidak pada tempatnya, dan perlengkapan mandi lainnya yang sering tidak lagi rapi seusai Anda menggunakannya. Jika itu adalah masalah yang juga Anda hadapi, maka Anda perlu mengatur kembali kebutuhan kamar mandi Anda dengan salah satu dari 10 ide rak kamar mandi pintar berikut ini.

10. Gunakan Ruang di Atas Pintu

Gunakan Ruang Di Atas Pintu
Gunakan Ruang Di Atas Pintu

Menggunakan setiap sisi ruang yang tersedia di kamar mandi terbatas Anda adalah salah satu cara terbaik. Maka, lihat celah dan temukan ruang yang dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan perlengkapan mandi, seperti yang ada di atas pintu ini. Anda mungkin berpikir bahwa tempat ini adalah ruang penyimpanan yang cukup tinggi dan sulit untuk mencapainya. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan seperti handuk ekstra, sehingga itu tidak memakan banyak ruang di lemari atau laci Anda. Lalu siapkan pula kursi langkah lipat dari Amazon atau kursi lipat yang lain, untuk membantu Anda saat ingin mengambil barang di rak tersebut.

9. Gunakan Kembali Ide Tangga Tua

Gunakan Kembali Ide Tangga Tua
Gunakan Kembali Ide Tangga Tua

Memiliki ruang penyimpanan tambahan yang cerdas tentu tidak harus mahal. Anda bahkan bisa mendapatkannya dengan mudah dan murah dengan menggunakan kembali tangga tua di ruang penyimpanan Anda. Lalu ubahlah menjadi rak untuk kamar mandi Anda makin menawan.
Caranya, siapkan alat ukur, gergaji, sander, cat, sekrup, dan juga natural oil. Kemudian, Dengan sedikit kreativitas Anda, gunakan kembali tangga lama sebagai solusi penyimpanan baru. Anda dapat menambahkan papan kayu di sana untuk menampung kebutuhan kamar mandi Anda dengan lebih praktis.

8. Rak dari Peti Kayu

Rak Dari Peti Kayu
Rak Dari Peti Kayu

Peti kayu sangat fleksibel dan dapat digunakan kembali sebagai rak yang cantik. Selain murah, peti kayu yang telah dibersihkan dapat digunakan sebagai barang dekoratif dan diubah menjadi tempat penyimpanan tambahan yang apik. Dan Anda dapat membuatnya sendiri dengan mudah. Caranya, keringkan peti kayu terlebih dahulu. Lalu, ampelas permukaan peti kayu sehingga Anda bisa mengaplikasikan cat dengan sempurna. Setelah cat kering, kencangkan peti ke dinding kamar mandi. Setelah itu, Anda dapat memanfaatkannya untuk menyimpan handuk, tisu, ataupun bunga hias Anda.

7. Rak DIY Minimalis

Rak DIY Minimalis
Rak DIY Minimalis

Rak ini bisa membuat kamar mandi Anda menjadi lebih gaya. Dan yang lebih penting lagi, rak DIY ini akan mudah Anda buat sendiri di rumah dengan biaya yang sangat terjangkau. Anda hanya perlu dua tali kulit atau sabuk tua, papan, paku, pelubang kertas, dan gunting. Lalu, mulailah dari membuat lubang di setiap ujung tali. Kemudian, tempatkan papan ke atas tali dengan seimbang. Setelah itu, pasang paku untuk menggantung rak dan tali dengan aman.

6. Rak Dinding dengan Tempat Tambahan untuk Tisu Toilet

Rak Dinding Dengan Tempat Tambahan Untuk Tisu Toilet
Rak Dinding Dengan Tempat Tambahan Untuk Tisu Toilet

Ini adalah ide yang tepat untuk meletakkan buku, koran, atau bahkan ponsel Anda di kamar mandi. Jika ruangan Anda terbatas, rak serbaguna ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Caranya, Anda hanya perlu menyiapkan potongan kayu, alat ukur, cat kayu, poliuretan, dan cat (opsional), 2 kurung sudut untuk menahan rak di dinding dan gantungan tisu gulungan. Setelah semuanya tersedia, silakan tuangkan ide Anda untuk merakit rak dengan cara yang tentu sangat Anda kuasai.

5. Ide Rak Lipat

Ide Rak Lipat
Ide Rak Lipat

Rak lipat ini tentu cocok dengan kamar mandi kecil Anda. Saat Anda membutuhkan counter tambahan untuk ruang rias atau tempat beberapa kebutuhan perawatan lainnya, rak lipat ini akan menjawab permasalahan tersebut. Cukup tambahkan engsel pada bagian atas rak, maka rak lipat ini pun akan membuat kamar mandi kecil Anda terlihat lebih luas. Jadi, Anda cukup merentangkannya saat akan menggunakan rak dan melipatnya kembali saat Anda selesai menggunakanya.

4. Ide Pemegang Essential Grooming

Ide Pemegang Essential Grooming
Ide Pemegang Essential Grooming

Kayu pallet serbaguna seperti peti kayu ini dapat Anda ubah menjadi kursi, bingkai tempat tidur, dan rak apung seperti ini. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu palet kayu, cat untuk mengamankannya dari lumut, dan paku atau sekrup. Setelah itu, silakan kembangkan ide DIY Anda untuk membuatnya. Jadi, dengan rak ini Anda tidak perlu menggulung kawat sebelum menyimpan pengering rambut di meja rias lagi. Kedua, Anda hanya perlu menggantungnya di rak kayu-palet setelah Anda selesai menggunakannya. Dan ketika Anda membutuhkan pengering rambut lagi, Anda dapat mengambilnya dengan mudah.

3. Ubah Pintu Lama menjadi Rak Pojok

Ubah Pintu Lama Menjadi Rak Pojok
Ubah Pintu Lama Menjadi Rak Pojok

Siapa yang menyangka bahwa pintu tua yang dilipat dua dapat diubah menjadi rak sudut pedesaan seperti ini? Selain fungsional, ruang tanggung pun dapat Anda optimalkan dengan baik, sekaligus mempercantik tampilan kamar mandi Anda.
Untuk menerapkan ide ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepas engsel pintu. Lalu cat pintu dengan warna yang sesuai dengan kamar mandi Anda. Setelah itu, tempelkan panel pintu ke salah satu sudut kamar mandi Anda. Sebagai langkah berikutnya, tempelkan rak segitiga ke pintu menggunakan paku. Akhirnya, rak cantik ini pun siap membuat kamar mandi Anda terlihat lebih menakjubkan.

2. Ide Rak Gantung Sederhana

Ide Rak Gantung Sederhana
Ide Rak Gantung Sederhana

Rak gantung ini adalah proyek DIY lain yang patut Anda coba untuk mengisi akhir pekan Anda. Selain mudah dibuat, rak gantung ini memiliki tugas ganda, yaitu meletakkan tisu toilet dan juga menjadi hiasan dinding yang cantik untuk tanaman dan barang dekoratif Anda.
Untuk membuat rak yang indah ini, Anda perlu menyiapkan beberapa papan kayu dengan ukuran yang sama, tali, dan pengait yang kokoh. Setelah itu mulailah membuat rak dengan mengebor dua lubang di setiap ujung papan terlebih dahulu. Pastikan diameter lubang sama dengan lebar tali. Lalu, ikat tali dan balut ujung tali menggunakan selotip. Setelah Anda memastikan ikatannya cukup kuat dan aman, memasukkan papan melalui tali, hingga membentuk susunan papan seperti pada gambar. Sebagai penyangga antarpapan, Anda dapat menambahkan kayu kecil di bawah papan. Kemudian, gantunglah rak ke pengait yang kokoh dan telah disekrup sebelumnya ke dinding.

1. Manfaatkan Kursi Tua

Manfaatkan Kursi Tua
Manfaatkan Kursi Tua

Upcycling adalah salah satu cara terbaik dan paling bijaksana untuk memberikan kehidupan kedua pada barang-barang lama Anda, seperti kursi tua ini. Ini adalah ide cemerlang yang akan membuat kamar mandi terbatas Anda tampak berbeda dengan kehadiran media baru yang juga menjadi pusat visual yang menarik.
Untuk mengaplikasikan ide sederhana ini, Anda hanya perlu membalik posisi kursi tua dan mengencangkannya ke dinding. Tambahkan beberapa papan dan paku agar kokoh dan aman untuk menahan peralatan penting kamar mandi Anda. Mudah, bukan?

Untuk membuat rak pintar di kamar mandi Anda tidak selalu mahal. Anda bahkan dapat menemukan bahan di sekitar rumah Anda dan mengubahnya menjadi unit rak fungsional yang cantik. Sekarang giliran Anda yang menentukan pilihan, ide manakah yang akan Anda buat untuk membuat kamar mandi kecil Anda makin terlihat memesona?

Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
Rp605,294,610.75
1.57%
Ethereum (ETH)
Rp45,214,103.77
2.33%
Binance Coin (BNB)
Rp6,746,737.10
2.45%
Tether (USDT)
Rp14,352.32
0.10%
USD Coin (USDC)
Rp14,352.32
0.12%
Cardano (ADA)
Rp19,375.63
-2.83%
Solana (SOL)
Rp1,968,994.35
2.32%
XRP (XRP)
Rp10,668.78
1.68%
Terra (LUNA)
Rp1,182,917.95
4.56%
Polkadot (DOT)
Rp352,779.95
2.27%
spesial.net/stat