10 Ide Furnitur Upcycled untuk Kamar Tidur Sempit

Cara Mudah buat Furnitur Upcycled untuk Kamar Tidur Sempit

Untuk Anda yang tiggal di rumah sempit, tidak perlu berkecil hati. Ada banyak cara mengubah apartemen, ruang dalam rumah bergaya vintage, dan ruang modern menjadi lebih luas dan fresh. Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memasukkan perabot baru di sana karena dengan 10 cara mudah membuat furnitur upcycled yang akan mengubah ruang kecil Anda makin lebih baik dari sebelumnya. Ya, pasti ada yang masih bisa dimanfaatkan kembali untuk mendapatkan perabot baru yang indah dan mempercantik visual kamar dari barang-barang bekas yang ada di rumah Anda.

10. Tempat Tidur Palet Kayu DIY

Tempat Tidur Palet Kayu DIY
Tempat Tidur Palet Kayu DIY

Tempat tidur palet portabel akan membuat kesan di kamar Anda terlihat sederhana dan natural. Karena ini portabel, Anda dapat memindahkannya dengan mudah jika ingin mendapatkan suasana baru atau untuk memperoleh ruang yang lebih ekstra di mana pun Anda inginkan. Untuk membuat tempat tidur ini, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah.
Pertama, Anda siapkan 12-1″ x 4″ papan, 3-2″ x 4″ papan, paku, 4” – 3″ roda kastor pengunci, baut dan mur untuk kastor. Kemudian, potong panjang papan 12 – 1” x 4” menjadi 30”. Anda dapat menggunakan kayu poplar jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah. Kemudian, potong panjang papan 3-2” x 4” menjadi 64”. Setelah itu, kumpulkan masing-masing hasil potongan papan. Kemudian, pasang potongan papan 2” × 4” di kedua sisi ranjang dan papan 12-1” × 4” di bagian tengah. Pastikan bahwa susunan papan itu membentuk ranjang yang sesuai dengan ukuran kasur. Selanjutnya, paku antarpapan dengan kuat. Dan sebagai tahap terakhir, pasang roda kastor, amplas tepat tidur portabel baru Anda, dan bersihkan dengan kain yang halus.

9. Ubah Pintu Tua menjadi Headboard

Ubah Pintu Tua Menjadi Headboard
Ubah Pintu Tua Menjadi Headboard

Ketika Anda berpikir akan membuang barang-barang lama Anda, harap pertimbangkan kembali! Karena Anda mungkin akan membutuhkannya kembali dalam waktu dekat. Seperti salah satu ide berikut yang mengubah sebuah pintu tua menjadi kepala tempat tidur yang menakjubkan dengan langkah-langkah mudah. Anda cukup menyiapkan daun pintu bekas, gergaji listrik, sander listrik, kertas pasir, kacamata, selimut tua, primer, cat, sikat, (2) papan 2×4, sekrup dan baut, bor listrik, pengukur pita, pintu knob (tidak wajib).
Langkah selanjutnya, bersihkan daun pintu kemudian ampelas seluruh permukaannya dengan hati-hati. Selanjutnya, taruh selimut tua di bawah pintu dan mulailah mengecat pintu tadi dengan warna yang Anda inginkan. Setelah primer kering, Anda juga bisa mengecatnya kembali untuk mendapatkan warna yang lebih tebal dan rata.
Sambil menunggu aplikasi cat kering dengan sempurna, potong papan 2×4 untuk menopang kepala ranjang dengan ukuran yang sesuai daun pintu. Lalu, gabungkan pintu dengan papan menggunakan bor, sekrup dan bautlah dengan kuat. Setelah itu, Anda pun telah mendapatkan headboard yang bisa mempercantik kamar Anda.

8. Rak Modern Abad Pertengahan

Rak Modern Abad Pertengahan
Rak Modern Abad Pertengahan

Banyak pemilik rumah tergila-gila pada tampilan artistik rumah modern abad pertengahan. Dan Anda bisa mendapatkan tampilan tersebut dengan mendaur ulang rak lama yang bisa Anda dapatkan di pasar loak terdekat. Untuk mendapatkan tampilan rak yang apik ini, Anda perlu menyiapkan kertas pasir, 2 lapis primer, 2 lapis cat enamel mengilap, 2 lapis minyak tung atau minyak kayu. Saat Anda sudah siap berkreasi, mulailah dari mengampelas permukaan rak dan bersihkan. Setelah itu, cat rak dengan warna yang Anda inginkan. Sebagai finishing, oleskan tung oil pada laci dan kaki rak.

7. Meja Serbaguna

Meja Serbaguna
Meja Serbaguna

Ketika memiliki ruang terbatas, menggunakan furnitur multiguna akan menjadi solusi terbaik untuk Anda. Jika Anda memiliki rak buku tua, ubahlah sedikit saja untuk memberikan facelift yang lebih berguna. Anda bisa mulai dengan membersihkan rak buku secara menyeluruh dan mengecat bagian dalam rak menggunakan cat gaya kapur. Setelah cat kering, oleskan beberapa lapis lilin. Kemudian, potong ubin untuk menutupi bagian luar rak dan memberikan efek tampilan vintage pada rak DIY Anda.

6. Kursi Barrel Minyak

Kursi Barrel Minyak
Kursi Barrel Minyak

Jika Anda berpikir bahwa tong minyak bekas hanyalah limbah dan tidak dapat dimanfaatkan kembali, Anda salah. Padahal, Anda bisa membawanya ke bengkel dan mengubahnya menjadi kursi vintage, seperti gambar di atas. Untuk membuat kursi ini, Anda memerlukan bantuan dari orang yang ahli di bidangnya. Tapi, jika Anda yakin dengan keterampilan Anda dan memiliki alat yang memadai, Anda tentu dapat membuatnya sendiri di rumah. Silakan kembangkan kreativitas Anda untuk hasil yang Anda harapkan.

5. Tempat Pakaian dari Tangga Kayu

Tempat Pakaian Dari Tangga Kayu
Tempat Pakaian Dari Tangga Kayu

Dalam semua pilihan, ini adalah ide mudah yang dapat Anda lakukan di rumah. Ya, dari tangga bekas, Anda akan mendapatkan tempat menyimpan baju-baju Anda secara terbuka. Untuk menerapkan pilihan ini, Anda perlu menyiapkan tangga kayu bekas, beberapa pengait dan cat. Jadi, Anda hanya perlu mengaplikasikan warna baru pada tangga lama, setelah Anda mengampelasnya. Lalu, kencangkan beberapa pengait dan pasang di dinding. Pastikan tangga tersebut telah terpasang dengan kuat dan aman. Sekarang, Anda telah memiliki tempat baru untuk menyimpan baju-baju Anda.

4. Kotak Perhiasan Cantik

Kotak Perhiasan Cantik
Kotak Perhiasan Cantik

Perbaiki kotak perhiasan Anda untuk mendapatkan model yang lebih fleksibel dan cantik. Ya, ini adalah contoh hasil yang bagus dari mengubah item lama menjadi perabot yang keren. Untuk mendapatkan tempat aksesoris ini, yang Anda butuhkan hanyalah kesabaran, kreativitas, dan beberapa kotak kayu yang tidak digunakan. Sedangkan untuk membuat tempat perhiasannya, Anda cukup menambahkan pengait besi pada kotak. Lalu aturlah kotak-kotak kayu tersebut pada dinding menggunakan sekrup dan ciptakan ornamen yang harmonis ke dalam ruangan Anda.

3. Meja Antik

Meja Antik
Meja Antik

Sudah saatnya koper menjadi bagian yang juga memperindah sudut ruangan Anda. Cukup dengan mendapatkan koper lama dari gudang dan membersihkannya dengan saksama, lalu memasang pasak kaki di bawahnya menggunakan bor dan sekrup, koper lama pun akan menjadi meja yang cukup menarik. Selain menjadi nakas yang modis, itu juga dapat menggabungkan solusi penyimpanan tambahan untuk barang-barang kecil Anda supaya terhindar dari kesan berserakan.

2. Rak Pojok

Rak Pojok
Rak Pojok

Apakah Anda punya daun pintu tua lain yang sudah tidak berguna? Mari kita memanfaatkannya untuk membuat sesuatu yang lebih bermanfaat. Pertama, potong pintu menjadi dua menggunakan gergaji bundar. Amankan dua buah pintu pada sudut 90 derajat menggunakan klem. Lalu, pasang 5 kurung logam 90 derajat ke belakang, untuk menahan kedua potongan. Selanjutnya, potong 4 rak dari papan partikel agar sesuai dengan ukuran pintu Anda. Kemudian, gunakan 2 braket logam 90 derajat untuk mengamankan rak. Setelah itu, ampelas setiap tepi yang kasar. Sebagai sentuhan terakhir, catlah rak dengan warna yang Anda inginkan.

Tips: Akan lebih baik jika Anda menggunakan satu sisi kenop pintu saja karena rak sudut bisa dipasang berdiri dengan menyentuh lantai atau dibiarkan menyandar di dinding. Dengan begitu, tidak ada lagi ruang yang kosong antara rak dengan dinding.

1. Lemari Palet Kayu

Lemari Palet Kayu
Lemari Palet Kayu

Hampir setiap kamar membutuhkan lemari untuk menyimpan barang. Tapi, daripada membeli yang mahal, Anda bisa membuat lemari yang pintar dan cantik menggunakan palet secara gratis, seperti pada gambar. Ini adalah lemari pakaian yang terbuat dari palet kayu, yang juga dapat Anda adopsi. Lemari pakaian ini memiliki bagian untuk pakaian yang digantung, rak untuk menampung pakaian yang disetrika, pakaian yang dilipat, sepatu, dasi, dan kaus kaki, dengan lebih praktis.

Itulah 10 ide furnitur yang di-upgrade untuk ruang kecil Anda. Dari beberapa furnitur bekas, Anda dapat menyulapnya menjadi perabot baru, tentunya dengan cara yang mudah dan ekonomis. Jadi, dengan desain yang tepat, Anda dijamin dapat menghasilkan produk yang fantastis dan inspiratif.

Leave a Comment

Kanal YT Bule Earning 1 Milyar

Tanpa harus menyewa jasa penulis native, naive, dan penulis inggris lokal dg kualitas meragukan. Berikut dengan program “akselerasinya” .