10 Ide Space Kecil untuk Memaksimalkan Kamar Tidur Kecil

Kamar adalah ruang privasi yang akan mencerinkan pribadi seseorang. Namun, tidak semua pemilik rumah memiliki kamar tidur yang luas pula. Oleh karenanya, mereka dapat membeli furnitur apa pun yang mereka suka tanpa mempertimbangkan hal-hal yang lain. Namun sebaliknya, beberapa pemilik rumah justru harus bertahan dengan ruangan yang terbatas dengan luas kamar yang lebih sempit. Jika Anda salah satunya, Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah 10 ide memaksimalkan kamar tidur kecil Anda.

10. Tambahkan Laci di Bawah Tempat Tidur

Tambahkan Laci Di Bawah Tempat Tidur
Tambahkan Laci Di Bawah Tempat Tidur

Mungkin Anda berpikir bahwa tidur di ranjang yang makin dekat dengan lantai adalah cara terbaik untuk menikmati istirahat di sebuah ruangan yang kecil. Padahal Anda dapat menaikkan ranjang beberapa inci dan menambahkan beberapa laci di bawahnya, seperti kamar tidur ini. Jadi, beberapa kotak dengan roda kastor tersebut makin membuat suasana dalam kamar sempit Anda menjadi lebih rapi dan Anda pun dapat beristirahat dengan nyaman.

9. Bed and Closet Combo

Bed And Closet Combo
Bed And Closet Combo

Anda tidak punya lemari dalam ruang yang terbatas? Itu bukan masalah besar! Anda masih dapat mengatur pakaian dan sepatu Anda dengan memiliki tempat tidur seperti ini. Model tempat tidur ini telah dinaikkan sekitar 4 kaki, sehingga memiliki ruang yang cukup untuk membuat lemari di bawahnya. Pastikan tempat tidur Anda berada pada sudut ruangan yang tepat. Jadi, Anda dapat merapikan atau mengambil pakaian Anda dengan mudah.

8. Kubus Penyimpanan Serbaguna

Kubus Penyimpanan Serbaguna
Kubus Penyimpanan Serbaguna

Toko barang bekas atau pasar loak merupakan lokasi yang tepat untuk menemukan barang-barang bekas yang bisa Anda ubah menjadi furnitur yang bermanfaat. Salah satu perabot yang bisa Anda buat adalah mengubah kubus bekas menjadi tempat penyimpanan serbaguna. Untuk mengubah kubus ini menjadi ottoman yang bermanfaat, Anda harus melumasi dan mengeringkannya selama 24 jam. Lalu, letakkan dua lapis lateks hitam menggunakan roller busa. Setelah itu, oleskan lapisan poliakrilik.
Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melapisinya dengan lampiran busa dengan kepadatan tinggi di atasnya menggunakan perekat semprot yang diperkuat dengan staples. Kemudian, tutupi busa dengan kain dan kencangkan dengan staples. Jangan lupa untuk menyembunyikan staples menggunakan pita putih. Sebagai tahap akhir, Anda perlu menambahkan empat roda kastor di bagian bawah kubus. Akhirnya, kubus penyimpanan serbaguna pun dapat Anda manfaatkan di dalam ruangan rumah Anda.

7. Tempat Tidur dengan Tinggi Disesuaikan

Tempat Tidur Dengan Tinggi Disesuaikan
Tempat Tidur Dengan Tinggi Disesuaikan

Menggabungkan kamar tidur dengan ruang tamu adalah cara umum yang bisa Anda melakukan untuk memaksimalkan ruang yang berukuran kecil. Maka, Anda dapat memisahkan ruangan menggunakan tirai atau pembatas ruangan lainnya. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan ide cerdas ini.
Ranjang di kamar ini sangat unik. Anda dapat menarik dan mendorongnya secara vertikal. Jadi, tempat tidur dapat menggantung sedekat mungkin dengan langit-langit di siang hari, sehingga Anda dapat bercakap-cakap dengan tamu di sofa. Sedangkan ketika saatnya beristirahat, Anda dapat menarik tempat tidur ke bawah. Jika Anda ingin mendapatkan kesan lain di kamar ini, Anda juga dapat mengubah sofa menjadi tempat tidur yang nyaman dengan mudah.

6. Lemari Pojok Tanpa Pintu

Lemari Pojok Tanpa Pintu
Lemari Pojok Tanpa Pintu

Lemari adalah salah satu furnitur yang wajib dimiliki untuk menjaga kamar Anda tetap rapi. Namun, beberapa lemari cenderung memiliki ukuran yang besar dan justru memakan banyak ruang. Oleh karena itu, jika ruangan yang tersedia sangat terbatas, Anda cukup membuat beberapa rak di sudut kamar dan menambahkan beberapa gorden di dalamnya, sehingga Anda dapat menggantung kaus dan celana panjang Anda tanpa mengorbankan banyak ruang.

5. Rak Atas Pintu

Rak Atas Pintu
Rak Atas Pintu

Setiap ruang di kamar Anda adalah penting, seperti halnya ruang kosong di atas pintu. Celah dalam ruang antara pintu dan langit-langit ini merupakan tempat yang bisa Anda gunakan untuk tempat penyimpanan yang potensial. Untuk merealisasikan ide tersebut, Anda hanya perlu membuat rak yang terpasang di dinding tepat di atas pintu untuk meletakkan beberapa barang yang jarang gunakan atau yang mungkin Anda butuhkan suatu hari nanti.

4. Seni Dinding dan Kotak Perhiasan Tersembunyi

Seni Dinding Dan Kotak Perhiasan Tersembunyi
Seni Dinding Dan Kotak Perhiasan Tersembunyi

Jika Anda seorang seniman yang ingin memiliki galeri mini pribadi tepat di kamar Anda, cobalah membuat bingkai foto yang sekaligus berfungsi sebagai kotak perhiasan. Anda hanya perlu membuat bingkai papan gabus dengan kayu lapis, lalu memasang engsel di bagian bawah, dan memasangkan pengait pintu kabinet di bagian atas untuk menahan pintu dengan aman.
Anda juga mungkin perlu menempelkan beberapa pengait kecil pada papan pembuka yang membantu Anda mengambil kalung dan gelang di tempatnya. Terakhir, Anda bisa menempelkan mahakarya Anda di pintu kotak perhiasan ini.

3. Menara dalam Kamar Tidur

Menara Dalam Kamar Tidur
Menara Dalam Kamar Tidur

Jika di kamar Anda masih tersedia cukup ruang, jangan menempatkan tempat tidur ke sudut dinding karena Anda dapat membuat rak kembar di antara kanan dan kiri ranjang seperti ini. Dua rak terbuka ini terlihat seperti jembatan. Nah, untuk membuat rak ini, Anda harus memotong kayu lapis menjadi beberapa bagian dan merakitnya untuk membentuk kotak-kotak. Anda juga perlu menambahkan cleat ke samping untuk menempelkan rak. Dan untuk jembatan, Anda perlu merakit dua potong kayu lapis untuk membentuk huruf “L”, lalu menempelkannya di kedua menara.

2. Lemari Atas Pintu

Lemari Atas Pintu
Lemari Atas Pintu

Area di atas pintu sering kali terabaikan. Padahal Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan pakaian Anda. Caranya, Anda hanya perlu membuat beberapa rak terbuka di atas pintu dan menambahkan gorden di setiap rak. Kemudian, Anda juga perlu memasang tangga yang memungkinkan Anda dapat menjangkau lemari di atas pintu dengan lebih mudah dan aman. Ini merupakan ide cemerlang yang dapat Anda terapkan untuk membuat ruangan tetap rapi tanpa menghabiskan banyak ruang.

1. Rak Pojok DIY

Rak Pojok DIY
Rak Pojok DIY

Jangan mengacuhkan setiap sudut potensial dalam ruangan yang Anda miliki karena bagian tersebut dapat menjadi solusi tempat penyimpanan tambahan di kamar Anda. Seperti rak sudut ini yang sangat mudah dibuat dan dapat dimanfaatkan untuk memajang foto ataupun tanaman hias favorit Anda.
Untuk membuat rak sudut ini cukuplah mudah. Anda hanya perlu memotong kayu dengan sudut 45 derajat di ujung papan 1″ x 3″. Kemudian, kumpulkan potongan kayu untuk membentuk segitiga 45 derajat. Pasang rak segitiga ke dinding sudut menggunakan jangkar dinding setelah dicat.

Itulah 10 ide yang dapat Anda terapkan untuk memaksimalkan kembali fungsi dari kamar yang sempit. Selain menjadi tempat untuk melepaskan lelah seusai beraktivitas, kini kamar Anda akan berubah menjadi ruang penuh gaya dan fungsi. Dengan modal kreativitas, Anda pasti berhasil mengubah sesuatu yang dirasa tidak mungkin, menjadi mungkin dilakukan melalui satu kegiatan yang patut Anda coba. Lalu, kapan Anda akan melakukan perubahan pada kamar sempit Anda kalau tidak dimulai dari sekarang? Maka, pilihlah dan terapkan ide di atas!

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Blur Calorie Intake Calories 1927500

100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

SPESIAL.NET – Siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal? Mungkin Anda pun termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan berbagai…

Silverkriscom

100 Tempat Wisata dan Kuliner Instagramable di Surabaya

Siapa sih yang tidak mengenal Kota Surabaya? Semua pasti mengenalnya terutama dengan julukannya sebagai Kota Pahlawan berkat peristiwa heroik 10 November 1945. Sebagai salah satu kota terbesar…

Active Activity Adult 1308746

Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan. Yoga merupakan olahraga yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Latihan yoga dapat mendukung perkembangan fisik,…

10 Room Makeover Ideas For Cheap Via Simphome Featured

10 Ide Makeover Rumah dengan Biaya Murah

Rumah merupakan tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Di situlah Anda akan menemukan ketenangan dan kebahagiaan. Namun, ketika Anda berpikir bahwa rumah sudah mulai suram dan membosankan, berarti…

10 Ide Dekorasi DIY Spesial untuk Ruang Tamu Kecil

10 Ide Dekorasi DIY Spesial untuk Ruang Tamu Kecil

Ruang tamu adalah salah satu ruang yang paling hidup di rumah Anda. Di sinilah Anda menerima tamu dan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Maka tak khayal…

Tokyostorynet

Tempat Wisata di Tokyo: Menonton Seni Wayang Orang Khas Jepang, Kabuki

Spesial.net – 歌舞伎 atau Kabuki terdiri atas tiga susunan huruf kanji, yaitu (歌 =ka/uta, berarti nyanyian, musik atau dialog, 舞 = bu/mau, yang berarti tarian dan 伎…