10 Model Kreasi Tirai Kamar Mandi DIY Mudah dan Murah

10 Model Kreasi Tirai Kamar Mandi DIY Mudah dan Murah

Tirai shower adalah dekorasi sederhana yang akan memberi ruang privasi bagi Anda di kamar mandi. Dengan berbagai macam desain yang ada dapat membuat ruangan tersebut terlihat lebih besar secara visual dan menyenangkan. Namun, kadang-kadang Anda masih ragu untuk menentukan desain tirai yang tepat untuk kamar mandi karena harganya yang cenderung mahal. Oleh karena itu, dengan 10 ide tirai kamar mandi DIY berikut, Anda dapat membuat tirai kamar mandi Anda sendiri dengan cara yang mudah dan tentunya sangat ekonomis. Berikut penjelasan yang lengkap untuk Anda.

10. Tirai Model Rumbai

Tirai Model Rumbai
Tirai Model Rumbai

Apakah Anda kesulitan menemukan tirai kamar mandi yang terlihat feminin dan tepat untuk kamar mandi Anda? Nah, tirai sederhana model rumbai ini mungkin akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda. Selain bahannya yang murah, tirai tersebut juga mudah dibuat. Pertama-tama, siapkan kain gorden, sesuaikan ukurannya, lalu jahitlah bagian tepinya. Jangan lupa untuk membuat lubang di bagian atas tirai untuk menggantungkannya di batang gorden. Setelah itu, potong kain yang lain untuk dijadikan sebagai rumbai tirai dengan panjang dua kali lebih panjang dari tirai utama, sedangkan untuk lebar rumbai sesuaikan dengan yang Anda inginkan. Lalu jahit pada bagian tepi kain tersebut. Selanjutnya, buatlah pola pada bagian bawah tirai sebagai rumbai. Anda dapat menggambarnya dengan model gelombang atau ombak menggunakan pensil. Setelah itu, jahitlah potongan kain sebagai rumbai tadi mengikuti pola yang sudah Anda buat. Kemudian, gantung tirai cantik tersebut ke batang gorden yang sudah dipasang dengan kuat.

9. Tambahkan Lebih Banyak Pola

Tambahkan Lebih Banyak Pola
Tambahkan Lebih Banyak Pola

Tirai kamar mandi dengan motif polos tentu sudah terlihat bagus untuk kamar mandi Anda. Tapi, jika Anda mulai bosan dengan tampilanya, Anda dapat membuatnya lebih menarik dengan menambahkan motif di sana. Caranya tentu sangat mudah. Anda hanya perlu membuat beberapa pola, seperti lingkaran, bintang, bundar, atau bentuk bangun yang lain pada kain bermotif dengan pensil. Pastikan ukurannya berbeda sehingga akan memberikan seni pada tampilan tirai tersebut. Setelah itu, potong kain dan rapikan bagian tepinya dengan dijahit. Kemudian, jahit potongan pola tersebut pada tirai polos Anda. Aturlah menurut ide dan krativitas Anda.

8. Tirai Model Ombre

Tirai Model Ombre
Tirai Model Ombre

Desain tirai model ombre seperti ini sangat cocok untuk diterapkan pada tirai ruangan apa pun, termasuk di kamar mandi Anda. Untuk membuatnya, Anda harus menyiapkan 9 potongan kain padat dalam warna monokromatik; terang ke gelap, dan satu potong kain tirai shower sebagai alasnya yang ukurannya sudah Anda sesuaikan dengan kebutuhan di kamar mandi Anda. Selanjutnya, ikuti tahap berikut. Pertama-tama, potong setiap kain dengan lebar 14” dan dua kali lebih panjang dari ukuran gorden. Selanjutnya, jahit bagian bawahnya dengan model zigzag. Setelah itu, buat kerutan dengan menjahit potongan kain dengan warna yang paling gelap pada bagian tirai paling bawah. Lakukan hal yang sama hingga membentuk degradasi warna seperti pada gambar, sampai pada bagian atas tirai dengan baik. Setelah semuanya telah terpasang dengan sempurna, waktunya Anda menggantungkan tirai pada batang gorden yang sudah Anda siapkan.

7. Tirai Kamar Mandi Stensil

Tirai Kamar Mandi Stensil
Tirai Kamar Mandi Stensil

Jika Anda tidak ingin menjahit tetapi masih ingin mengubah selembar kain menjadi tirai yang bagus untuk kamar mandi, ide ini tentu sangat cocok untuk Anda. Caranya, Anda hanya perlu menyiapkan kain kanvas, cat, stensil, roller busa, dan pita pelukis. Lalu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah letakkan kain pelapis kanvas di atas permukaan yang rata. Pastikan permukaan bersih dan rata untuk mendapatkan hasil lukisan yang bagus. Dengan selotip pelukis, kencangkan stensil di tepi kanvas, kemudian mulailah mengaplikasikan cat dengan hati-hati. Berilah tekanan yang cukup sehingga cat dapat melekat dengan baik pada kain. Tunggu sampai cat agak kering sebelum mengulangi langkah-langkah ini ke area yang lain.

6. Tirai Kamar Mandi Hitam dan Putih

Tirai Kamar Mandi Hitam Dan Putih
Tirai Kamar Mandi Hitam Dan Putih

Tirai dengan motif bunga adalah favorit semua orang. Tapi bagi sebagian orang, harganya masih terbilang mahal. Oleh karenya, jika Anda memiliki potongan kain motif bunga yang masih Anda simpan di rumah, Anda pun bisa membuat tirai model tersebut dengan mudah. Carannya, selain kain bermotif bunga, Anda perlu kain lap 6” x 9”, beberapa pom pom, dan renda. Setelah bahan dan perlengkapan sudah tersedia, pertama letakkan kain sebagai bahan tirai utama di permukaan yang rata lalu setrikalah kain tersebut dengan hati-hati. Lalu lipat bagian atas kain kira-kira dengan ukuran 2”. Kemudian jahitlah lipatan tersebut. Setelah itu dengan bantuan dari pensil, tandai setiap lubang untuk pengait dan jahit kembali.
Langkah berikutnya, jahitlah pom-pom pada benang dan jahit ke kain tirai utama. Setelah itu, potonglah kain bermotif bunga, setrika, lalu rapikan tepi potongan dengan dijahit. Kemudian, jahitlah potongan tersebut di bagian bawah kain tirai utama. Untuk memperindah tirai ini, Anda dapat menambahkan renda di bagian paling bawah tirai dan beberapa inci dari pom-pom yang sudah Anda jahit sebelumnya.

5. Tirai Chevron

Tirai Chevron
Tirai Chevron

Desain chevron seperti ini sangat cocok untuk kamar mandi dengan langit-langit rendah. Jadi, pola dari desain ini akan menciptakan ilusi langit-langit yang lebih tinggi dan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuat tirai ini, Anda akan memerlukan beberapa bahan seperti tirai mandi, cat kain, kuas cat busa.
Untuk mulai berkreasi, pertama, tutupi lantai Anda dengan kain lap. Ini untuk menghindari cat merembes yang mungkin menempel di lantai saat Anda mengecat tirai. Selanjutnya, letakkan tirai dengan baik di permukaan tersebut. Menggunakan pelukis tape, buat pola zigzag secara teratu. Setelah Anda menerapkan pola zig-zag yang sempurna, mulailah melukis di dalam pola dari sisi paling atas ke paling bawah secara bergantian. Pastikan Anda mengecatnya dengan hati-hati. Setelah kering, lepas tape dan lihatlah hasil lukisan cantik Anda.

4. Kerajinan Waktu Pada Tirai Kamar Mandi

Kerajinan Waktu Pada Tirai Kamar Mandi
Kerajinan Waktu Pada Tirai Kamar Mandi

Terkadang Anda belum mendapatkan ide dan pola apa yang Anda sukai untuk membuat tirai unik dengan anggaran terbatas. Padalah dengan sedikit kreativitas dan keterampilan, Anda dapat membuat tirai shower hasil kerajinan Anda sendiri. Pertama, siapkan tirai polos dengan warna yang berbeda dari benang ukuran sedang dan jarum benang besar. Setelah menyiapkan semuanya, mulailah merancang pola pada gorden, lalu sulamlah pada gorden berdasarkan grafik yang telah Anda desain menggunakan benang tersebut.

3. Tirai Kamar Mandi Manik-manik

Tirai Kamar Mandi Manik Manik
Tirai Kamar Mandi Manik Manik

Siapa bilang tirai kamar mandi tidak bisa menarik perhatian orang? Anda dapat melihat bahwa tirai shower manik-manik ini akan memukau tamu Anda, begitu mereka masuk ke kamar mandi. Tanpa berkeringat, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Caranya, Anda hanya perlu menyiapkan shower liner putih polos dan tirai bermanik-manik. Selanjutnya, sejajarkan lubang pembagi dengan tirai. Pasang cincin melalui tirai bermanik-manik dan shower liner polos untuk menahan keduanya. Jika Anda memiliki waktu luang yang lebih banyak, Anda dapat membuat tirai tersebut dari manik-manik yang dapat Anda rangkai sendiri, dengan hanya menyiapkan manik-manik, benang, dan jarum.

2. Tirai Kamar Mandi Eklektik dan Murah

Tirai Kamar Mandi Eklektik Dan Murah
Tirai Kamar Mandi Eklektik Dan Murah

Apakah Anda memiliki banyak tumpukan kain bekas di rumah? Sebelum Anda memutuskan untuk membuangnya, pertimbangkan untuk menggunakannya menjadi tirai shower ini. Jadi, kumpulkan kain tersebut dan mari berkreasi.
Anda mungkin membutuhkan 6 atau lebih kain yang berbeda dan tirai shower yang terbuat dari kain lap sebagai dasar tirai utama. Setelah itu, mulailah memotong semua kain dengan motif yang berbeda-beda tadi dengan lebar 12″ untuk masing-masing strip. Kemudian, setrikalah bagian tepinya. Lalu lipat satu sisi setiap bagian atas strip sekitar 1/4″. Selanjutnya, lipat ke kiri atau ke kanan untuk membuat ruffles pada setiap kain. Kemudian, sematkan setiap potongan kain tersebut, lalu jahit pada kain dasar tirai. Lanjutkan menjahit sampai potongan kain terakhir terpasang dengan rapi pada kain utama tirai.

1. Celupkan Shower Curtain

Celupkan Shower Curtain
Celupkan Shower Curtain

Ini adalah ide tirai ombre lain yang dapat Anda buat dengan mudah. Pertama-tama rendam tirai dalam air, kemudian putar untuk mengurangi kelebihan air pada bak. Lalu tuangkan pewarna ke dalam wadah plastik besar, lalu campur dengan air matang dan tambahkan garam.
Selanjutnya, ambil gorden yang sudah Anda rendam tadi dan lipat dari atas ke bawah. Kemudian, bukalah lipatannya sedikit demi sedikit dan masukkan bagian itu ke dalam pewarna dengan perlahan-lahan. Tunggulah selama beberapa detik untuk mencapai warna paling gelap di bagian bawah gorden, sebelum menariknya. Gantung dan biarkan selama beberapa menit sebelum menenggelamkannya kembali. Lakukan ini dengan sabar agar efek warna pada kain menjadi terang ke gelap, seperti yang Anda lihat pada gambar. Jika warna sudah terlihat sempurna, bilas dan cuci tirai. Setelah tirai tersebut kering, lihatlah hasil dari karya Anda yang luar biasa ini.

Tirai di kamar mandi memang tidak begitu menarik perhatian seperti halnya tirai jendela yang terpasang di ruang tamu. Tapi tetap saja, itu adalah bagian dari rumah yang membutuhkan sentuhan keindahan dari tangan Anda. Jadi, setelah mempelajari 10 Ide tirai kamar mandi DIY yang murah dan sederhana di atas, desain mana yang akan Anda buat untuk mempercantik kamar mandi Anda?

Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
Rp615,954,859.12
2.82%
Ethereum (ETH)
Rp46,255,833.98
3.36%
Tether (USDT)
Rp14,303.36
0.10%
Binance Coin (BNB)
Rp6,672,259.51
-0.83%
USD Coin (USDC)
Rp14,321.53
0.20%
Cardano (ADA)
Rp19,906.93
0.09%
Solana (SOL)
Rp2,016,472.00
2.99%
XRP (XRP)
Rp10,820.51
2.34%
Terra (LUNA)
Rp1,191,694.85
4.01%
Polkadot (DOT)
Rp359,184.07
3.28%
spesial.net/stat