10 Model Meja Tempel di Dinding Versi DIY

10 Model Meja Tempel di Dinding Versi DIY

Beberapa pemilik rumah merasa sedikit kurang nyaman dengan ruangan yang terbatas. Jika Anda adalah salah satunya, Anda pun harus pintar dalam memilih furnitur yang akan digunakan karena dampaknya akan lebih buruk jika Anda tidak mempertimbangkannya dengan benar. Dan salah satu trik untuk membuat rumah Anda menjadi lebih luas adalah dengan berinvestasi pada meja yang terpasang di dinding. Jika Anda masih belum memiliki padangan yang jelas, berikut 10 ide meja DIY yang terpasang di dinding sebagai solusi untuk memberikan ruang kerja ekstra serta solusi penyimpanan tambahan yang praktis untuk Anda.

10. Meja Sederhana Wall-Mounted

Meja Sederhana Wall Mounted
Meja Sederhana Wall Mounted

Meja-meja ini sangat sederhana. Keduanya adalah proyek yang sempurna untuk mengisi akhir pekan Anda. Meja yang lebih kecil dapat difungsikan sebagai rak untuk menampung buku-buku atau pernak-pernik cantik Anda, sementara yang lebih besar dapat digunakan sebagai ruang kerja untuk menyelesaikan pekerjaan Anda di rumah.
Anda dapat melihat bahwa rak yang terpasang ke dinding menggunakan kurung kayu yang membuatnya menempel dengan baik. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, potonglah papan 2x6x16 dengan panjang 48”. Pasang setrip furring ke papan menggunakan sekrup. Kemudian, gunakan kurung kayu dengan merakit tiga potong strip furring menggunakan lem kayu dan paku. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan satu braket. Setelah Anda mendapatkan dua tanda kurung, Anda dapat mulai memasang tanda kurung ke dinding, dan mengatur papan di atasnya. Jangan lupa untuk mengamankannya menggunakan sekrup agar papan tersebut tetap aman di tempatnya.

9. Meja Sudut

Meja Sudut
Meja Sudut

Hal terbaik tentang proyek DIY adalah Anda bisa mendapatkan furnitur yang dibutuhkan dengan harga murah. Dan yang lebih penting lagi, furnitur tersebut dapat masuk ke dalam ruangan Anda dengan pas, seperti halnya meja sudut ini. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memotong papan sesuai ukuran. Jika Anda ingin meletakkan meja di sudut, pastikan Anda membuat sudut di setiap papan. Lalu ampelaslah permukaanya agar Anda mudah mengaplikasikan cat di sana. Setelah Anda pastikan bahwa cat telah kering dengan sempurna, pasang kurung kayu ke dinding. Akan lebih baik jika Anda memasang tanda kurung ke stud yang cukup kokoh untuk menampung tumpukan file dan buku-buku Anda. Setelah braket berada di tempatnya, lengkapi dengan papan dan kencangkan dengan sekrup.

8. Meja Apung Pedesaan

Meja Apung Pedesaan
Meja Apung Pedesaan

Meja apung ini akan membawa suasana pedesaan ke dalam ruang dengan apik. Selain itu, di situ juga terdapat flip top yang akan menyediakan lebih banyak ruang penyimpanan untuk Anda. Untuk membuat meja ini, Anda harus memotong papan menjadi potongan 57″x13.5″. Lalu bor tiga lubang saku di kedua tepi papan. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan untuk membuat corbels. Setelah siap, pasang bilah besi ke papan, dan pastikan lubang kantung berada di sisi yang berlawanan. Kemudian, buat bagian depan meja dan tempelkan ke meja. Pasang potongan papan sebagai bagian atas meja, dan pastikan sisinya menjorok ¾”. Potong sebuah papan kecil dan pasang di tengah bagian depan meja untuk membuat kunci. Setelah itu, Anda perlu membuat cleat di mana meja Anda akan ditempelkan. Setelah cleat siap, pasang ke stud di dinding, lalu lengkapi dengan meja yang telah Anda buat sebelumnya. Terakhir, pasang bagian atas meja menggunakan tiga engsel sehingga Anda dapat membaliknya dengan mudah.

7. Meja Drop Down Terpasang di Dinding dengan Pegboard

Meja Drop Down Terpasang Di Dinding Dengan Pegboard
Meja Drop Down Terpasang Di Dinding Dengan Pegboard

Meja drop-down ini memang tampak luar biasa. Meja ini tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga menyediakan ruang penyimpanan yang bagus dan sekaligus meja untuk anak Anda belajar atau membuat kerajinan dengan menyenangkan. Selain itu, pegboard yang terpasang di meja memungkinkan Anda memiliki banyak penyimpanan dengan menambahkan beberapa pengait dan keranjang. Dan setelah Anda selesai menggunakannya, Anda dapat melipat meja dan menyembunyikan segala sesuatunya di sana dengan praktis.
Jika Anda tertarik untuk membuat meja ini, Anda akan memerlukan beberapa papan, engsel yang memungkinkannya dilipat kembali, dua tangkapan pintu magnetik, dua engsel penyangga tutup untuk sisi kiri dan kanan, 1 pasang permukaan 90 derajat mount engsel pegas tersembunyi, kenop yang akan Anda gunakan untuk menarik meja, panel pegboard, dan sedikit imajinasi saat mengecat meja.

6. Meja dengan Ruang Kerja Ekstra

Meja Dengan Ruang Kerja Ekstra
Meja Dengan Ruang Kerja Ekstra

Banyaknya buku, file, dan bahkan makanan ringan sering mengganggu meja kerja dan membuat Anda sulit menyelesaikan pekerjaan Anda dengan nyaman. Jika itu masalahnya, meja yang terpasang di dinding ini akan menjadi solusi terbaik untuk Anda. Meja ini memiliki tepi melengkung yang akan cocok dengan rumah modern Anda. Di meja ini juga terdapat dua slide yang dipasang di sisi kiri dan kanan meja. Jadi di bagian atasnya dapat ditarik dan menjadi meja tambahan, ketika Anda membutuhkan ruang ekstra untuk bekerja. Setelah Anda selesai, dorong kembali meja bagian atas, sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak ruang.

5. Meja dengan Laci

Meja Dengan Laci
Meja Dengan Laci

Jika Anda mencari ruang penyimpanan tambahan tanpa membuat rumah terlihat lebih sempit, meja putih ramping ini bisa menjadi solusi yang bagus untuk Anda. Anda dapat membuatnya dari awal dengan mengambil beberapa papan, memotongnya sesuai ukuran, dan merakitnya untuk membuat rak dengan laci. Gunakan tanda kurung L untuk membuatnya melayang dan kokoh. Tetapi jika menghabiskan berjam-jam – atau bahkan berhari-hari – untuk melakukan proyek DIY bukanlah pekerjaan Anda, Anda dapat melakukan sedikit perubahan dari furnitur IKEA. Jadi jika Anda memiliki meja komputer IKEA Alex dengan laci, potong saja kakinya dan pasang meja di dinding menggunakan kurung. Sederhana bukan?

4. Meja Murphy

Meja DIY Murphy
Meja Murphy

Meja murphy DIY ini akan cocok untuk dapur kecil atau ruang kerajinan anak Anda karena di sana terdapat beberapa rak untuk menyimpan barang-barang kecil dengan aman. Saat Anda membuka kunci kait putar dan menarik pintu kabinet, Anda akan mendapatkan meja multifungsi. Tetapi ketika dilipat, itu akan menjadi papan tulis di mana Anda dapat menulis memo dan catatan penting lainnya. Dan untuk membuat meja ini, Anda memerlukan papan pinus atau papan tulis, engsel piano, sekrup kayu, koper atau kait putar, dan magnet.

3. Meja Dinding Persembunyian

Meja Dinding Persembunyian
Meja Dinding Persembunyian

Ini adalah ide bagus untuk ditempatkan di ruangan yang kecil. Selain itu, anak Anda tentu akan menyukai meja barunya ini. Meja ini memiliki beberapa rak untuk menampung buku dan alat tulis, sedangkan panel pegboardnya dapat digunakan untuk menggantung gunting dan barang-barang lainnya. Hal yang paling cerdas dari meja ini adalah engsel piano yang memungkinkan Anda melipat meja untuk menghemat lebih banyak ruang, dan mendapatkan papan tulis fungsional untuk digunakan anak Anda.
Jika Anda tertarik untuk membuatnya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat rak. Anda dapat membuat rak sebanyak yang Anda butuhkan. Kemudian, Anda perlu membuat alur Dado di bagian belakang bingkai – sekitar satu inci tergantung di belakang – yang akan digunakan untuk memasang pegboard. Anda juga perlu memasang engsel untuk melipat kaki hias, sehingga flush dengan papan tulis saat meja dilipat.

2. Meja Lipat Sederhana

Meja Lipat Sederhana
Meja Lipat Sederhana

Apakah Anda mencari ide penghemat ruang nyata lainnya? Tentu meja lipat sederhana ini cocok untuk Anda. Ini sebenarnya adalah papan yang dipasang di dinding menggunakan sekrup dan dua rantai yang dipasang di kedua ujung papan untuk membuatnya lebih aman. Dua engsel yang terpasang di sana memungkinkan papan dapat dilipat. Sedangkan kunci kait putar yang dipasang di dinding dapat membuat papan tetap dekat dengan dinding saat Anda tidak menggunakannya.

1. Meja Kerajinan dengan Ruang Penyimpanan

Meja Kerajinan Dengan Ruang Penyimpanan
Meja Kerajinan Dengan Ruang Penyimpanan

Biarkan anak-anak Anda menjelajahi imajinasinya dengan meja kerajinan lipat dengan ruang penyimpanan ini. Cara membuat meja ini sama dengan meja drop-down sebelumnya. Jadi, Anda bisa memulainya dengan membuat bingkai, lalu pasang bingkai ke pegboard. Setelah itu, buat beberapa rak yang akan digunakan untuk tempat alat tulis. Jangan lupa memasang engsel dan rantai di kedua ujung meja untuk menahannya saat Anda menggunakannya.

Itu adalah 10 ide meja yang dipasang di dinding yang tidak hanya akan membuat hidup Anda menjadi lebih mudah, tetapi juga memasukkan ruang penyimpanan tambahan dengan praktis. Apakah Anda siap untuk membuat dan memberikan kejutan sederhana di dalam ruangan Anda? Ya, tunggu apa lagi. Segera lakukan yang Anda bisa!

Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
Rp603,242,229.44
1.23%
Ethereum (ETH)
Rp45,135,166.02
1.27%
Binance Coin (BNB)
Rp6,838,591.93
3.65%
Tether (USDT)
Rp14,352.32
0.15%
USD Coin (USDC)
Rp14,352.32
0.38%
Cardano (ADA)
Rp19,519.15
-1.42%
Solana (SOL)
Rp1,973,874.14
0.70%
XRP (XRP)
Rp10,738.23
1.44%
Terra (LUNA)
Rp1,179,186.35
7.39%
Polkadot (DOT)
Rp353,210.52
2.39%
spesial.net/stat