10 Proyek DIY, Rapikan Ruang Keluarga
10 Proyek DIY, Rapikan Ruang Keluarga
banner large

10 Proyek DIY, Rapikan Ruang Keluarga

X
Share

Berkumpul bersama keluarga adalah saat-saat yang menyenangkan. Dan biasanya, Anda akan menikmati kebersamaan itu di satu ruang keluarga yang sangat nyaman. Karena semua anggota keluarga melakukan banyak kegiatan di sana, Anda memerlukan ruang penyimpanan tambahan yang dapat memaksimalkan ruangan tersebut, sehingga dapat membuat ruangan tetap rapi. Jika Anda masih belum memiliki trik yang tepat, pertimbangkan 10 ide proyek tempat penyimpanan DIY di ruang keluarga berikut, yang tentunya cocok untuk ruangan Anda.

10. Papan Tic-Tac-Toe Besar

banner 300x250
Papan Tic Tac Toe Besar
Papan Tic Tac Toe Besar

Dekorasi ini pasti akan mencuri perhatian semua orang ketika mereka menginjakkan kaki di ruang keluarga Anda. Papan tiga dimensi digunakan untuk menampilkan huruf O dan X seperti halnya permainan tic tac toe. Tapi Anda bisa mengubahnya menjadi rak terbuka yang interaktif dan penuh gaya di mana Anda bisa meletakkan buku secara bergantian antara huruf O dan X.
Untuk membuat dekorasi ini, Anda membutuhkan papan kayu, batang dowel, lem kayu, 4 kurung L logam, papan pinus, dan cat. Setelah bahan dan perlengkapan sudah siap, waktunya Anda berkreasi. Pertama, buatlah bingkai dari papan kayu. Kemudian, letakkan bingkai dengan papan yang lebih panjang papa posisi vertikal dan papan yang lebih kecil sebagai potongan horisontal. Kemudian, satukan dengan paku. Selanjutnya, pasang kurung logam L ke sisi-sisi bingkai untuk menopang bingkai tersebut di dinding. Mudah, bukan?

9. Bereskan Majalah Lama Anda

Bereskan Majalah Lama Anda
Bereskan Majalah Lama Anda

Apakah Anda sangat menyukai majalah dan menyimpannya di ruang keluarga dari beberapa tahun terakhir ini? Apa yang membuat Anda menyimpannya selama ini jika Anda tidak lagi membacanya? Memiliki tumpukan majalah dapat merusak sudut indah ruang keluarga Anda. Kini adalah saat yang tepat untuk melakukan kebaikan bagi orang lain. Caranya, kemasi majalah-majalah lama Anda dan berikan ke klinik kesehatan, rumah jompo, ataupun tempat lain yang sekiranya orang tersebut akan menikmati dan membaca majalah tersebut.

8. Rapikan Barang Kecil dengan Baki

Rapikan Barang Kecil Dengan Baki
Rapikan Barang Kecil Dengan Baki

Ruang keluarga tidak akan pernah aman dari benda-benda kecil yang tersebar di sekitarnya. Meja dan sofa adalah tempat yang biasa digunakan untuk meletakkan remote TV atau AC, pengontrol permainan video, CD dan banyak barang kecil lainnya, dengan sesuka hati.
Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan baki untuk melabuhkan semua barang kecil tersebut. Baki hiasan sangat bagus untuk menyimpan barang di ruang keluarga dengan lebih praktis. Untuk membuatnya terlihat lebih menarik, Anda dapat menghias baki dengan stiker atau mengecatnya dengan warna favorit Anda. Dengan begitu semuanya tetap terjaga di satu tempat dan Anda pun mudah menemukannya.

7. Simpan Kekacauan di Kotak Penyimpanan Hias

Simpan Kekacauan Di Kotak Penyimpanan Hias
Simpan Kekacauan Di Kotak Penyimpanan Hias

Sebuah kotak akan selalu menjadi tempat yang efektif untuk menyimpan barang-barang, terutama barang-barang kecil Anda. Daripada menggunakan keranjang, menyimpan benda dalam kotak tertutup jauh lebih baik. Mungkin memilih kotak polos akan terlihat membosankan. Untuk menghindari hal itu, Anda perlu sedikit kreativitas untuk menghiasinya agar terlihat lebih menarik. Caranya, coba dapatkan dua kotak putih, lalu catlah dengan motif interaktif seperti titik-titik hitam-putih dan garis-garis hitam-putih. Untuk membuat pola garis-garis pada kotak, buatlah pola dengan menggunakan selotip, lalu catlah kotak dengan warna hitam. Saat cat sudah kering, lepaskan selotip dengan hati-hati. Sedangkan untuk pola titik-titik polka, mulailah memotong lingkaran dari spons, lalu celupkan spon pada cat. Kemudian, tempelkan ke kotak. Teknik ini mirip seperti saat Anda menyetempel di atas kertas. Terakhir, cat perangkat keras perak yang sudah ada di kotak dengan warna cat emas.

6. Ruang Pojok Camilan

Ruang Pojok Camilan
Ruang Pojok Camilan

Semua anggota keluarga sering menonton film atau drama secara maraton di ruang keluarga. Tapi, akan tidak menyenangkan apabila Anda menghabiskan waktu di sana tanpa mengunyah makanan ringan, ditambah lagi dengan rasa lapar yang semakin sulit untuk dihindari. Nah, daripada bolak-balik ke dapur atau lemari es, ada baiknya Anda membuat rak camilan di ruang keluarga yang terbuat dari papan kayu. Dengan sudut camilan ini, kegiatan menonton pun akan lebih mengasyikkan.
Jika Anda tertarik untuk membuat sudut camilan ini, siapkan pegboard dan pasang bingkai untuk menutupi tepi kasar pegboard. Kemudian, pasang beberapa pengait besi secara horizontal sebanyak yang Anda butuhkan. Selanjutnya, pasang pegboard di salah satu sudut dinding ruang keluarga Anda. Terakhir, letakkan camilan di pengait besi yang telah Anda pasang di pegboard tersebut.

5. Rak Built-in

Rak Built In
Rak Built In

Ruang keluarga adalah ruang tempat bersantai, tertawa, dan mungkin tempat bermusyawarah Anda bersama keluarga. Tidak heran jika ruangan ini akan dipenuhi dengan berbagai hal seperti set game, set TV, buku, mainan, majalah, ornamen, makanan ringan dan banyak lainnya. Dan ini akan menjadi proyek DIY yang paling fungsional yaitu membuat rak built-in. Ini akan berguna untuk mengatur dan merapikan barang-barang Anda, seperti buku hingga mainan anak-anak Anda. Mungkin Anda akan memerlukan bantuan dari seorang profesional untuk membuat dan merakitnya.
Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat rak built-in adalah beberapa lembaran kayu lapis yang telah dipotong sesuai ukuran yang Anda inginkan. Kemudian atur penempatan rak dan rakitlah dengan hati-hati. Langkah selanjutnya adalah membangun kolom dan kotak yang masuk di antara rak. Pasang bagian belakang rak menggunakan sekrup. Setelah merakit semua bagian, kasing, kolom, dan rak belakang, saatnya untuk menyatukan semuanya dan menempelkannya ke dinding.

4. Meja Kopi Pedesaan dengan Ruang Penyimpanan

Meja Kopi Pedesaan Dengan Penyimpanan
Meja Kopi Pedesaan Dengan Ruang Penyimpanan

Meja kopi dapat dilihat sebagai sentral di ruang keluarga Anda. Jadi, buatlah meja itu agar terlihat unik dan menonjol di ruangan tersebut. Satu hal penting yang bisa Anda peroleh dari meja ini adalah dapat menjadi ruang penyimpanan lain di ruang keluarga Anda. Seperti yang Anda lihat, meja kopi yang luar biasa ini terbuat dari peti kayu dan sangat mudah dibuat.
Untuk membuat meja ini, Anda membutuhkan 4 peti kayu, 4 kastor, palet kayu, papan kayu, dan cat. Setelah itu langkah pertama yang Anda lakukan adalah sejajarkan dan kencangkan peti kayu menggunakan sekrup atau paku. Langkah berikutnya, potong papan untuk membuat bingkai meja. Selanjutnya, pasang peti yang sudah Anda gabungkan tadi ke bingkai meja. Setelah itu cat peti dengan warna yang Anda suka. Setelah peti benar-benar kering, balik dan pasang roda kastor. Terakhir, paku palet kayu ke atas meja kopi tersebut.

3. Pipeline dan Stand TV Kayu dengan Storage

Pipeline Dan Stand TV Kayu Dengan Storage
Pipeline Dan Stand TV Kayu Dengan Storage

Selain meja kopi, stand TV juga merupakan titik dekorasi di ruang keluarga. Biasanya, desain tradisional dudukan TV terbuat dari kayu. Nah untuk kali ini, desain dan materialnya lebih fleksibel. Selama Anda kreatif, apa pun sebetulnya dapat diubah menjadi dudukan TV yang terlihat unik. Seperti dudukan TV DIY khusus ini, yang bahan-bahannya dapat ditemukan di sekitar Anda atau dapat juga Anda beli dengan harga yang sangat terjangkau.
Ide ini berasal dari desain yang sederhana dan menarik. Selain itu, penggunaan pipa logam juga akan membuat stand TV Anda lebih awet dibanding bahan lainnya. Dan jika Anda ingin membuatnya, sediakan 4 papan palet kayu, 2 pasang pipa logam, dan pipa galvanis sebagai kaki rak. Setelah itu, biarkan ide Anda mengalir untuk merakit bahan-bahan tersebut menjadi rak yang istimewa untuk ruang keluarga Anda.

2. Jaga agar Kabel Tetap Rapi dengan Ikatan Fleksibel

Jaga Agar Tali Tetap Rapi Dengan Ikatan Fleksibel
Jaga Agar Kabel Tetap Rapi Dengan Ikatan Fleksibel

Ketika salah satu perangkat elektronik Anda tidak berfungsi dengan benar, Anda harus mencabut kabelnya dan menariknya dari dinding. Pasti akan mengerikan jika banyak kabel yang berantakan karena hal tersebut. Apalagi, jika Anda memiliki balita, kabel yang tidak rapi bisa sangat berbahaya baginya. Oleh karena itu, Anda harus melakukan sesuatu untuk mencegah anak-anak Anda tersandung atau tersengat listrik karena kabel yang tidak rapi. Caranya, beli beberapa ikatan fleksibel yang dapat ditemukan di toko peralatan elektronik terdekat. Lalu ikat kabel dengan tali tersebut dengan rapi. Tips ini memang terlihat sangat sederhana, namun sangat efektif untuk membuat ruang keluarga lebih aman.

1. Rapikan Selimut dengan Tangga

Rapikan Selimut Dengan Tangga
Rapikan Selimut Dengan Tangga

Ada selimut di ruang keluarga? Ya, hal itu tentu bukan pandangan yang mengejutkan. Beberapa orang atau bahkan Anda, memang lebih suka meringkuk di bawah selimut di sofa sambil menonton TV dan makan makanan ringan, apalagi jika cuacanya dingin. Berikut adalah tips DIY untuk menjaga selimut keluarga tetap terorganisisai dengan baik dan siap digunakan kapan pun, sekaligus menjadi hiasan yang menarik di ruang keluarga Anda.
Untuk membuat rak ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuat tangga dari 2 batang kayu sebagai pegangan dan beberapa potongan kayu sebagai anak tangga. Buatlah dengan ukuran yang sesuai dengan keingian Anda. Setelah itu, satukan potongan-potongan kayu tersebut hingga membentuk tangga dengan menggunakan sekrup atau paku. Untuk tampilan yang lebih menarik, ampelas tangga lalu catlah dengan warna yang selaras dengan ruang keluarga Anda. Setelah cat mengering, aturlah selimut pada tangga dengan rapi.

Itulah 10 proyek membuat tempat penyimpanan DIY yang mudah dan akan memberikan efek yang bagus di ruang keluarga Anda. Selain ruangan Anda akan terlihat bersih, ide ini akan membuat ruangan lebih aman, rapi, dan nyaman. Jadi, ide manakah yang akan Anda pilih untuk diaplikasikan di ruang keluarga Anda?

banner 728x90

DCA (Dollar-Cost Averaging) is one of the simplest trading strategies: According to the data, 90% of traders will get better returns if they use DCA instead of manually investing their funds. DCA is a strategy that allows the investor to buy the same dollar amount of investment at regular intervals. The purchases occur regularly at specified timeframes, regardless of the asset’s price at that moment.