100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

Daftar Isi

SPESIAL.NET – Siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal? Mungkin Anda pun termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan berbagai jenis diet untuk dapat mengecilkan pinggul, lengan, betis, serta membuat perut rata. Namun, kenyataan yang didapat biasanya tidak sesuai dengan harapan. Kenyataannya berat badan Anda terus mengalami peningkatan. Berikut ini adalah 100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Strategi Mental yang Harus Dimiliki Agar Rencana Diet Sukses

Bukan rahasia bahwa diet dan olahraga adalah kunci utama untuk menurunkan berat badan. Ada berbagai pola makan yang dapat Anda jalankan, seperti pola makan clean eating, pola makan vegetarian, diet ketogenic, dan sebagainya. Selain mengatur pola makan, hal lain yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah berolahraga, seperti berlari, bersepeda, senam aerobik, dan sebagainya. Jika Anda tidak suka berolahraga, Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan namun tetap bisa membakar kalori, seperti berenang dan yoga. Namun, terkadang, diet yang Anda alami bisa saja mengalami kegagalan. Gagalnya diet yang terjadi pada sebagian orang bisa saja dikarenakan pola pikirnya. Jangan mengabaikan kekuatan mental Anda. Agar rencana diet Anda sukses, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki strategi mental.

2. Kebiasaan Buruk yang Membuat Diet Anda Gagal dan Cara Mengatasinya

Diet akan terasa sulit bagi beberapa orang. Seringkali gagalnya menurunkan berat badan membuat Anda menjadi kurang bersemangat untuk melanjutkan program diet. Jika Anda sudah menerapkan menu makanan diet yang sehat, mungkin kebiasaan buruk yang membuat diet Anda gagal.

3. Kesalahan yang Membuat Berat Badan Bertambah Saat Sedang Menjalankan Diet

Cara terbaik untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal adalah dengan menerapkan pola makan yang seimbang. Meskipun Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang cepat, seperti saat Anda melakukan diet rendah kalori, namun menerapkan pola makan seimbang lebih aman bagi tubuh dan bisa membuat berat badan lebih stabil. Kebanyakan orang tidak mengetahui diet apa yang sesuai bagi dirinya dan mengikuti diet yang sedang populer tanpa konsultasi terlebih dahulu. Alih-alih menurunkan berat badan, yang terjadi justru berat badan Anda semakin bertambah. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi artikel 6 Kesalahan yang Membuat Berat Badan Bertambah Saat Sedang Menjalankan Diet.

4. Alasan Diet yang Anda Jalani Gagal

Menjalani diet yang tidak tepat bisa menimbulkan efek yoyo, yaitu efek yang ditandai dengan lonjakan berat badan akibat menerapkan diet yang tidak benar. Alasan diet yang Anda jalani gagal di antaranya terjadi karena Anda tidak konsisten dengan metode diet yang dilakukan.

5. Tips Menemukan Metode Diet yang Tepat Bagi Anda

Ada banyak metode diet yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Apalagi dengan semakin mudahnya akses ke internet, Anda pun bisa dengan cepat menemukan informasi mengenai metode-metode diet yang ada. Namun, dengan semakin banyaknya metode diet yang bermunculan, justru kadangkala membuat kita bingung dalam menentukan mana yang cocok bagi tubuh kita. Jika Anda telah merumuskan strategi mental dan mengetahui alasan-alasan yang bisa membuat diet gagal, kini saatnya mencari metode diet yang tepat bagi tubuh Anda.

6. Tips Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cara yang Sehat

Banyak orang yang memiliki masalah dengan berat badannya. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, penting bagi Anda untuk mencoba menurunkan berat badan. Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan mungkin adalah hal yang sulit. Hal itu dikarenakan gen atau lingkungan di sekitar mereka. Tetapi, dengan rencana yang matang dan dukungan yang tepat, Anda akan bisa mencpai berat badan yang ideal.
Untuk menurunkan berat badan, Anda tidak memerlukan diet khusus, seperti diet rendah karbohidrat atau protein tinggi. Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan menemukan nutrisi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh Anda. Baca selengkapnya dalam artikel 9 Tips Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cara yang Sehat.

7. Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjalankan Diet Detoksifikasi

Diet detoksifikasi (detoks) menjadi kian populer belakangan ini. Diet detoks dapat membersihkan darah dan menghilangkan racun berbahaya dari tubuh Anda. Diet detoks biasanya dilakukan dalam jangka pendek dengan cara mengonsumsi makanan jenis tertentu. Tertarik untuk mencobanya? Sebelum mencobanya, pastikan Anda sudah paham mengenai mekanisme kerja diet detoks ini.

8. Cara Mudah Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh ditentukan oleh beberapa faktor yang sebagian besar di luar kendali Anda, di antaranya faktor genetika. Meski begitu, Anda bisa meningkatkan proses metabolisme dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Seperti yang Anda ketahui, metabolisme adalah kunci dan cara yang efisien untuk membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Untuk mengetahui cara mudah meningkatkan metabolisme, baca selengkapnya dalam artikel 4 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh.

9. Tips Diet Sehat yang Cocok untuk Remaja

Masa remaja merupakan salah satu masa yang paling sulit. Jika Anda memiliki anak yang beranjak dewasa, apalagi anak perempuan, mungkin Anda akan melihat perubahan sikap mereka. Di masa remaja, anak perempuan biasanya akan berada di bawah banyak tekanan, seperti ujian masuk sekolah atau universitas atau rencana karir. Selain itu, ternyata obesitas juga menjadi salah satu hal yang sering terjadi pada remaja, apalagi remaja perempuan. Obesitas pada remaja dapat menyebabkan tingkat percaya diri menurun, bulimia, diabetes, dan lain-lain.
Jadi, apa yang harus Anda lakukan jika anak remaja Anda mengalami obesitas? Tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu mendukung agar anak remaja Anda menjalani diet yang sehat. Dukungan dari orang tua sangat diperlukan dalam membangun tingkat percaya diri anak. Pelajari tipsnya dalam artikel 5 Tips Diet Sehat yang Cocok untuk Remaja.

10. Tips Makan Sehat untuk Mahasiswa yang Super Sibuk

Dengan padatnya aktivitas kuliah, mahasiswa terkadang sering merasa kekurangan waktu dan sering merasa stres. Tugas dan penelitian dari kampus membutuhkan mobilitas yang tinggi. Anda mungkin kesulitan menghindari kebiasaan buruk, seperti melewatkan makan atau sering mengunjungi restoran cepat saji. Padahal, makan makanan yang sehat dapat membantu Anda merasa lebih baik, mengatasi stres, dan menjadi lebih fokus di kelas. Tidak sulit sebenarnya untuk memulai pola hidup sehat bagi mahasiswa yang sibuk. Pelajari beberapa tips agar tetap berenergi walaupun banyak melakukan aktivitas seharian dalam artikel 8 Tips Makan Sehat untuk Mahasiswa yang Super Sibuk.

11. Diet Ideal Untuk Menurunkan Berat Badan Ketika Memasuki Fase Menopause

Setiap wanita pasti ingin terlihat memiliki bentuk tubuh yang ideal, tidak peduli berapa usianya. Saat memasuki fase menopause, dimana terjadi transisi dari tahap reproduksi ke tahap non-reproduksi, serangkaian perubahan terjadi pada tubuh Anda, salah satunya adalah kenaikan berat badan. Itulah alasannya mengapa Anda perlu menemukan diet ideal untuk menurunkan berat badan. Mendapatkan berat badan ideal ketika memasuki masa menopause dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.
Kunci penting ketika Anda ingin menurunkan berat badan adalah menerapkan kebiasaan baru, yaitu pola hidup sehat, seperti tetap terhidrasi, rutin berolahraga, dan tentu saja mengonsumsi makanan bergizi agar tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Hal ini adalah dasar untuk metode diet apa pun. Tubuh Anda bekerja berdasarkan kebiasaan Anda. Jadi, jika Anda memiliki banyak kebiasaan buruk, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan hasil terbaik. Seperti kata pepatah, Anda adalah apa yang Anda makan.
Anda tidak harus menjalankan diet ketat atau menghilangkan makanan tertentu untuk menurunkan berat badan. Kunci diet sehat adalah membantu tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang berkualitas. Pelajari lebih rinci dalam artikel Diet Ideal Untuk Menurunkan Berat Badan Ketika Memasuki Fase Menopause.

12. Tips Diet Untuk Mengurangi Risiko Kanker Serviks

Makan berbagai buah dan sayuran ternyata dapat membantu melindungi Anda dari kanker serviks. Sebagian besar kasus kanker serviks disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Para ahli percaya bahwa diet tinggi antioksidan, karotenoid, flavonoid, dan folat yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran dapat membantu tubuh melawan infeksi HPV dan mencegah infeksi HPV dari mengubah sel-sel serviks menjadi kanker.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Research menemukan bahwa wanita yang tes darahnya menunjukkan tingkat tingginya senyawa kimia tertentu – menunjukkan diet yang kaya buah-buahan dan sayuran – mampu membersihkan infeksi HPV mereka lebih cepat daripada rekan-rekan mereka yang tidak mengonsumsi buah dan sayuran. Pelajari lebih lanjut dalam artikel Tips Diet Untuk Mengurangi Risiko Kanker Serviks.

13. Ingin Menurunkan Berat Badan? Hindari Diet Rendah Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat umumnya dipandang sebagai cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan oleh YouGov menemukan bahwa 34 persen dari 2.103 orang yang disurvei telah mencoba mengikuti diet rendah karbohidrat dan 66 persen responden mengatakan mereka pernah mendengar bahwa menghilangkan karbohidrat merupakan cara yang baik untuk menurunkan berat badan.
Faktanya justru malah sebaliknya. Menurut Dr. Jacquie Lavin, kepala bidang nutrisi dan penelitian di organisasi penurunan berat badan yang berbasis di Inggris, Slimming World, diet penurunan berat badan harus sehat dan juga seimbang.
“Diet penurunan berat badan harus memberi orang kebebasan dan fleksibilitas untuk menikmati keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang sehat, dan yang penting, diet harus dilakukan secara berkelanjutan untuk efek jangka panjang, tanpa kekurangan atau mengurangi kelompok makanan utuh,” Kata Lavin seperti dikutip dari Express.

14. Tips Menjalankan Diet Sehat di Tahun yang Baru

Apa pun resolusi tahun baru Anda, menjalani pola makan yang sehat dan seimbang akan memberikan banyak manfaat mulai dari 2019 hingga seterusnya. Apa yang kita makan dan minum dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, serta seberapa besar kemungkinan kita akan mengalami masalah kesehatan di kemudian hari, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Baca selengkapnya dalam artikel Tips Menjalankan Diet Sehat di Tahun yang Baru.

15. Tips Menjaga Berat Badan Ketika Sedang Berlibur

Liburan perlu Anda lakukan untuk rehat sejenak dari aktivitas yang melelahkan. Beberapa orang merencanakan untuk berlibur di dalam kota dengan keluarga tercinta dan beberapa orang lainnya berlibur ke luar kota untuk menikmati keindahan yang belum pernah dilihat sebelumnya. Ada banyak hal yang bisa dijelajahi saat sedang berlibur, seperti keindahan alamnya, pusat kotanya yang cantik, dan juga keunikan kulinernya. Tidak lengkap rasanya pergi ke daerah baru tanpa mencicipi kuliner lokalnya yang khas. Mencoba makanan baru adalah hal yang menyenangkan dan wajib dilakukan ketika sedang bepergian. Tetapi sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology & Behavior menemukan bahwa sebagian besar wisatawan pulang dengan cendera mata yang tidak diinginkan, yaitu beberapa pon lemak dalam tubuh yang meningkat. Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, hal tersebut tentu saja menjadi beban tersendiri. Kabar baiknya, hal tersebut ternyata bisa dihindari. Pelajari beberapa strategi agar Anda bisa berlibur dengan nyaman tanpa dihantui beban kenaikan berat badan dalam artikel 5 Tips Menjaga Berat Badan Ketika Sedang Berlibur.

16. Tips Menurunkan 1 Kilogram Berat Badan dalam Waktu Seminggu

Apakah Anda merasa kesulitan dalam menurunkan berat badan? Mungkin ada beberapa hal yang terlewat atau keliru dilakukan sehingga menghambat proses penurunan berat badan Anda. Anda dapat menurunkan 0,5-1 kilogram dalam satu minggu jika mempunya motivasi kuat dan rencana makan yang sehat dan benar. Makanan yang kaya akan serat dan protein adalah kunci utama agar Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Konsumsi makanan utuh sambil mengurangi makanan olahan dan gula juga penting untuk dilakukan. Pelajari lebih lanjut dalam artikel Tips Menurunkan 1 Kilogram Berat Badan dalam Waktu Seminggu.

17. Tips Menurunkan Berat Badan Saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Biasanya Anda akan merasa malas dan lapar sepanjang waktu! Ketika suhu udara turun, melangkah keluar untuk berjalan kaki atau bahkan melakukan olahraga dalam ruangan membutuhkan motivasi yang lebih dari sebelumnya. Ketika musim hujan tiba, Anda cenderung akan menghindari kegiatan di luar ruangan, lebih sedikit berkeringat, dan juga makan lebih banyak. Tiga hal tersebut dapat berefek pada kenaikan berat badan Anda. Selain itu, asupan air yang masuk ke dalam tubuh Anda pun biasanya berkurang ketika cuaca sedang dingin. Hal itu dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi dan akhirnya menumpuk lebih banyak kalori dalam tubuh. Ketahui tipsnya dalam artikel 5 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Musim Hujan.

18. Hati-Hati! Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Membuat Anda Gemuk

Untuk menghindari obesitas, kuncinya adalah menjalankan pola makan sehat, olahraga teratur, dan menghilangkan kebiasan buruk yang bisa memicu bertambahnya berat badan. Namun, terkadang meskipun mempertahankan kebiasaan baik tersebut, Anda tidak melihat hasil yang signifikan. Bahkan mungkin berat badan Anda malah bertambah beberapa kilogram. Situasi tersebut bisa membuat Anda frustasi dan akhirnya menyerah untuk melanjutkan pola hidup sehat.
Hal tersebut bisa saja terjadi karena Anda melakukan kebiasaan yang dianggap baik, padahal justru bisa menyebabkan bertambahnya berat badan. Meskipun Anda tidak selalu menyadarinya, namun hal itu bisa menjadi hambatan besar untuk mencapai berat badan yang ideal. Pelajari beberapa kebiasaan di pagi hari yang mungkin sering Anda lakukan yang berdampaknya pada kenaikan berat badan dalam artikel Hati-Hati! 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Membuat Anda Gemuk.

19. Tips Makan di Malam Hari Untuk Menurunkan Berat Badan

Pernah bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk menurunkan berat badan? Ada beberapa pendapat mengenai hal ini. Ada yang mengatakan pagi hari adalah waktu terbaik untuk meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa sore hari mungkin merupakan waktu yang ideal untuk menurunkan berat badan Anda.
Namun, satu hal yang pasti diyakini oleh semua adalah kenyataan bahwa makan di malam hari bukanlah ide yang baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kebiasaan makan di malam hari membuat Anda cenderung makan berlebihan. Selain itu, proses metabolisme tubuh kita pun bekerja lambat di malam hari. Akan butuh waktu lama untuk mencerna apapun yang kita makan. Proses pencernaan yang lambat ini terkait dengan penambahan berat badan. Kalori ekstra yang tidak dimetabolisme tubuh juga akan disimpan sebagai lemak. Makan camilan di malam hari juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda dan dapat menyebabkan gangguan tidur. Ketika mengalami susah tidur, makanan sering menjadi pelarian untuk menghabiskan waktu malamnya, sehingga porsi makan Anda menjadi tidak terkendali dan akhirnya kalori yang masuk terlalu banyak. Baca selengkapnya dalam artikel Tips Makan di Malam Hari Untuk Menurunkan Berat Badan.

20. Inilah Beberapa Alasan Mengapa Tidur Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi setiap orang. Dengan tidur, Anda bisa beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas dan membuat energi Anda kembali terisi. Kurang tidur bisa menyebabkan kinerja yang buruk, sulit mengontrol emosi, timbulnya jerawat, bahkan hingga kenaikan berat badan. Menurut Matthew Walker, seorang dosen psikolog sekaligus pakar ilmu saraf dari University of California di Amerika Serikat, tidur malam yang nyenyak adalah salah satu faktor penting yang ikut menentukan berat badan. Jika Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan, memiliki kualitas tidur yang baik merupakan salah satu faktor keberhasilan program yang sedang Anda jalankan. Baca selengkapnya dalam artikel Inilah Beberapa Alasan Mengapa Tidur Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Dasar Hukum Aset Kripto di Indonesia & Mekanisme Perdagannya

Aset Kripto merupakan mata uang digital yang digunakan sebagai alat transaksi virtual dalam jaringan internet. Semua transaksi ini dilindungi sandi yang cukup rumit dengan tujuan bisa melindungi…

Langkah Mudah Sekaligus Tips Main Kripto untuk Pemula di Tahun Ini

Sebelum kita memulai investasi, investasi apa pun itu, sangat diwajibkan bagi kita untuk memahami terlebih dahulu bidang investasi apa yang akan kita tekuni termasuk investasi pada mata…

5 Pengalaman sukes investor Kripto

Aset kripto mulai membuming bersamaan dengan meningkatnya popularitas bitcoin. Kerennya, Elon Musk mulai menyediakan opsi pembelian Tesla menggunakan mata uang kripto tersebut. Lalu, apa sih sebetulnya yang…

7 Investasi Kripto Terbaik

Dengan ribuan kripto di pasar, mungkin sulit untuk membedakan antara proyek yang menjanjikan dengan potensi pertumbuhan jangka panjang serta pengambilan uang cepat. Dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasar kripto,…

Biar Gak Bangkrut Investasi Kripto, Ikutin ini!

Saat ini perkembangan investasi sudah sangat luas, bahkan telah digandrungi para usia muda. Salah satu investasi yang berhasil menarik minat para usia muda untuk mencobanya adalah investasi…

Ternyata investasi Kripto menguntungkan, ini 5 faktanya

Kripto diincar banyak investor karena profit yang menggiurkan. Lantas, apa sih sebenarnya Kripto? Semua orang di seluruh dunia sudah familiar dengan apa itu kripto. Ada yang menggunakan…