100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

Daftar Isi

21. Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Mudah? Inilah Beberapa Trik yang Perlu Anda Ketahui

Untuk bisa sukses menurunkan berat badan, menjalankan pola makan sehat dan berolahraga secara rutin adalah kuncinya. Namun, ada beberapa trik tertentu yang perlu Anda ketahui untuk mempermudah proses penurunan berat badan. Baca selengkapnya dalam artikel Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Mudah? Inilah Beberapa Trik yang Perlu Anda Ketahui.

22. Diet Mediterania Untuk Pemula: Hal-Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulainya

Diet mediterania adalah pola makan yang mengikuti kebiasaan tradisional masyarakat di negara sekitar Laut Mediterania. Diet mediterania tidak memiliki aturan yang ketat. Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, gandum utuh, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Ikan adalah sumber protein utama dibandingkan daging-dagingan. Produk susu boleh dikonsumsi dalam batas yang wajar. Telur boleh dikonsumsi sesekali, namun hindari mengonsumsi daging merah dan makanan olahan. Jika Anda baru ingin mencoba metode diet tertentu untuk menurunkan berat badan atau untuk sekadar menjaga kesehatan, maka diet ini sangat cocok untuk Anda.

23. Diet Paleo, Rahasia Sehat Manusia Purba, yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Diet paleo adalah rencana diet dengan mengadaptasi makanan yang mungkin dimakan saat masa Paleolitik, yaitu sekitar 2,5 juta hingga 10.000 tahun yang lalu. Orang-orang pada masa Paleolitik kemungkinan mengonsumsi makanan utuh yang didapatkan dari hasil berburu. Hal itulah yang mendasari dicetuskannya ide diet paleo. Daftar makanan yang direkomendasikan saat menjalankan diet paleo di antaranya daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dengan memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet ini dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Diet paleo sering disebut juga diet zaman batu, diet paleolitik, dan diet manusia purba.

24. Diet Dopamin, Menjanjikan Penurunan Berat Badan dan Pikiran yang Bahagia

Metode diet untuk menurunkan berat badan sangat banyak dan mungkin memusingkan bagi sebagian orang. Menjalankan metode diet yang benar sangat penting untuk menurunkan berat badan, selain dengan melakukan olahraga. Banyak selebritis dan influencer yang mempromosikan metode diet atau makanan tertentu untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Sayangnya, metode diet atau makanan tersebut mungkin tidak akan bekerja dengan baik untuk Anda. Bahkan, menjalankan beberapa metode diet tertentu mungkin akan membuat Anda stres karena peraturannya yang rumit. Namun, ada diet dopamin yang menjanjikan tidak hanya bentuk tubuh yang langsing, tetapi juga pikiran yang lebih bahagia.
Ini mungkin terdengar aneh, namun diet dopamin berprinsip pada konsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi dopamin dalam otak. Diet ini juga dikenal dengan istilah diet bahagia. Sebagian diet sulit untuk diikuti dalam jangka panjang karena mengharuskan Anda membatasi konsumsi jenis makanan tertentu. Berbeda dengan diet dopamin yang tidak melarang Anda untuk menghilangkan karbohidrat, protein, atau lemak, tetapi hanya melarang konsumsi alkohol dan karbohidrat bertepung, seperti pasta, roti, nasi.

25. Diet Atkins: Konsumsi Daging Sebanyak-banyaknya Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Atkins adalah diet rendah karbohidrat, biasanya direkomendasikan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Diet Atkins memiliki prinsip yang mirip dengan diet ketogenic, dimana Anda dapat mengonsumsi lemak dan protein sebanyak-banyaknya, asalkan mengurangi konsumsi karbohidrat. Lemak jenuh dan lemak trans memang berdampak buruk pada kesehatan. Namun, tidak semua jenis lemak itu buruk. Lemak tak jenuh HDL, alias lemak baik, tetap diperlukan oleh tubuh untuk membantu menjalankan fungsi normalnya. Lemak tak jenuh dalam tubuh berfungsi melindungi kesehatan jantung, mengontrol gula darah, dan membantu mengurangi berat badan.

26. Tips Menurunkan Berat Badan dengan Mengikuti Pola Makan Vegetarian

Ada banyak jenis diet yang bisa Anda lakukan, seperti diet karbohidrat, protein, dan sebagainya. Jika Anda pernah melakukan berbagai macam diet, namun tidak kunjung berhasil, mungkin Anda bisa mencoba pola makan vegetarian. Pola makan vegetarian bisa menjadi pilihan yang sehat. Kuncinya adalah mengonsumsi berbagai makanan dan jumlah makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kalori dan gizi Anda.

27. Tips dalam Menjalankan Pola Makan Clean Eating

Anda mungkin pernah mendengar tentang pola makan clean eating, tetapi mungkin belum terlalu paham bagaimana cara menjalankannya. Clean eating adalah gaya hidup yang meminimalisir atau sama sekali menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet, perasa buatan dan diproses pabrik. Pola makan ini menekankan pada penggunaan bahan-bahan segar, alami, dan masih dalam bentuk aslinya (whole food) untuk diolah sendiri menjadi masakan di rumah. Pada dasarnya clean eating bukanlah suatu diet, namun lebih ke cara hidup dan pemilihan makanan untuk dikonsumsi. Clean eating disebut-sebut mampu menurunkan berat badan, meningkatkan penggunaan dan metabolisme energi, meningkatkan kualitas tidur, membuat kulit dan rambut lebih sehat, serta meningkatkan kesehatan mental.
Clean eating juga mengacu pada gaya hidup secara keseluruhan dalam sehari-hari. Pola makan ini menyarankan untuk makan enam kali sehari dalam porsi kecil, olahraga 5-7 kali seminggu, minum air cukup air putih dan tahu benar bahan-bahan yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Minuman bersoda, alkohol, gorengan, gula pasir, margarin/mentega sudah jelas tidak masuk dalam kategori ini.

28. Serba Serbi Diet Ketogenic yang Perlu Anda Ketahui

Diet ketogenic atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan diet keto adalah diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Diet keto disebut dapat menurunkan badan dengan cepat dan efektif. Diet keto dapat dibilang cukup kontroversial, karena bila tidak dilakukan secara tepat, bisa saja membahayakan kesehatan Anda. Bagi Anda yang ingin mencoba menerapkan diet keto untuk menurunkan berat badan, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu secara mendetail.

29. Slow-Carb Diet, Metode Diet yang Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Cepat

Slow-carb diet dicetuskan pada tahun 2010 oleh Timothy Ferriss, penulis buku The 4 Hour Body. Ferriss mengklaim bahwa diet ini efektif untuk menurunkan berat badan secara cepat. Seperti diet ketogenic, slow-carb diet ini juga menitikberatkan pada konsumsi karbohidrat yang rendah. Ada lima aturan untuk menjalankan diet ini. Secara umum, Anda harus membatasi mengonsumsi jenis makanan tertentu selama enam hari berturut-turut.

30. Menurunkan Berat Badan dengan Diet Pegan, Gabungan Paleo Dan Vegan

Diet pegan adalah gabungan dari dua metode diet populer, yaitu diet paleo dan diet vegetarian (vegan). Ide mengenai diet pegan ini dicetuskan oleh Dr. Mark Hyman, Direktur Medis di Cleveland Clinic Center for Functional Medicine, pada tahun 2015. Menurut Hyman, diet pegan dapat meningkatkan kesehatan dengan mengurangi peradangan dan menyeimbangkan kadar gula darah.

31. Alasan Berat Badan Anda Tidak Turun Ketika Menjalankan Diet Rendah Karbohidrat

Fakta ilmiah mengemukakan bahwa diet rendah karbohidrat terbilang efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, ada beberapa orang yang berhenti melanjutkan program dietnya karena merasa tidak ada perubahan yang terjadi pada berat badannya. Anda bisa membaca lebih lengkap dalam artikel 6 Alasan Berat Badan Anda Tidak Turun Ketika Menjalankan Diet Rendah Karbohidrat.

32. Morning Banana Diet, Cara yang Menyenangkan Untuk Menurunkan Berat Badan

Morning Banana Diet, atau yang juga dikenal Asa Banana Diet (Asa berarti pagi dalam Bahasa Jepang), merupakan buah pikiran dari sepasang suami istri di Jepang. Sumiko Watanabe adalah seorang apoteker. Sementara itu, suaminya, Hamachi, telah mempelajari pengobatan tradisional Tiongkok dan konseling.
Morning Banana Diet ini sebenarnya cukup sederhana. Ketika sarapan, Anda hanya diperbolehkan makan pisang dan air mineral dengan suhu kamar. Kemudian, Anda dapat mengonsumsi apa pun yang diinginkan ketika waktu makan siang datang. Yang harus dihindari dalam diet ini adalah, es krim, produk susu, atau makanan penutup setelah makan malam. Sedangkan untuk air yang diminum, haruslah dengan suhu yang sama persis seperti di kamar.

33. Makanan Terbaik Untuk Sarapan yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Memulai hari dengan sarapan sehat dapat membantu Anda mendapatkan energi, mengurangi rasa lapar, dan bahkan dapat menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan pagi secara teratur cenderung lebih ramping dan lebih berhasil saat menjalankan program penurunan berat badan. Terlebih lagi, orang yang sarapan biasanya mendapatkan lebih banyak nutrisi penting untuk tubuh, seperti serat dan vitamin. Pakar nutrisi Jansen Ongko mengungkapkan, peran serta sarapan dalam menurunkan berat badan cukup signifikan. Jansen mengingatkan, diet yang fokus dengan mengurangi makan, termasuk sarapan, justru berisiko kekurangan asupan nutrisi. Kondisi itu pun dianggap berbahaya bagi kesehatan.
Sarapan yang sehat harus seimbang dan mengandung protein, karbohidrat kompleks, serat dan lemak sehat untuk membuat Anda kenyang dan bersemangat menjalani hari. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat membacanya dalam artikel 5 Makanan Terbaik Untuk Sarapan yang Dapat Menurunkan Berat Badan.

34. Kombinasi Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

Menurunkan berat badan selalu menjadi tantangan karena Anda harus merubah beberapa kebiasaan sehari-hari. Tantangan pertama adalah mengatur makanan, karena Anda perlu memilih antara makanan yang sehat dan yang Anda sukai. Bagi beberapa orang yang baru mau memulai pola hidup sehat, memilih antara makanan sehat dan makanan favorit adalah hal yang sulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ternyata Anda tetap bisa mengonsumsi makanan yang enak dengan cara yang sehat. Lebih lengkapnya, Anda dapat melihat artikel 4 Kombinasi Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Mudah.

35. Cara Menggabungkan Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Setiap makanan memiliki nutrisi dan manfaat yang berbeda bagi tubuh. Tidak ada makanan yang buruk jika Anda mengetahui cara yang benar untuk mengonsumsinya. Jika Anda mengonsumsi karbohidrat ganda, otomatis Anda akan mendapatkan lebih banyak lemak di perut. Anda perlu mempelajari cara yang tepat dalam mengombinasikan makanan agar tubuh Anda bisa mendapatkan manfaat yang dibutuhkan. Selain itu, mengombinasikan makanan dengan benar juga bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap stabil. Lihat lebih lengkap dalam artikel Cara Menggabungkan Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat.

36. Inilah Beberapa Makanan yang Bisa Menekan Nafsu Makan dan Membantu Mengurangi Berat Badan

Ketika Anda sedang menjalankan diet penurunan berat badan, wajar untuk merasakan keinginan makan makanan tertentu, seperti makanan yang manis, berlemak, dan tinggi kalori. Untuk menghindari situasi yang bisa membuat diet Anda gagal, Anda harus bijak dalam memilih makanan.
Ada suatu waktu ketika Anda merasa lapar padahal baru saja mengonsumsi makanan berat. Hal tersebut bisa saja terjadi karena Anda sedang merasa bosan, gelisah, atau stres. Akibatnya, Anda bisa menghabiskan camilan tanpa menyadarinya.
Jika ingin diet Anda berhasil, Anda harus bisa mengontrol jenis dan porsi makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu memuaskan nafsu makan Anda. Perlu diingat, makanan ini bukanlah makanan ajaib yang bisa langsung menurunkan berat badan secara instan. Namun, mengonsumsi makanan ini bisa membantu Anda dari makan secara berlebihan. Pelajari lebih lanjut dalam artikel Inilah Beberapa Makanan yang Bisa Menekan Nafsu Makan dan Membantu Mengurangi Berat Badan.

37. Sumber Karbohidrat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Karbohidrat telah dianggap sebagai musuh besar bagi yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan. Namun, kini banyak yang membuktikan bahwa anggapan di atas kurang tepat. Pada kenyataannya, tidak semua karbohidrat buruk, justru beberapa makanan sumber karbohidrat dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan.
Sumber karbohidrat, seperti tepung putih, mungkin dapat menghalangi Anda untuk mencapai berat badan ideal. Namun, makanan seperti biji-bijian, yang juga kaya akan kandungan karbohidrat, justru sangat baik bagi tubuh Anda. Maka dari itu, jika Anda sedang menjalankan diet, memilih dengan bijak sumber karbohidrat terbaik yang harus dimasukkan ke dalam menu makan sehari-hari sangatlah penting.

38. Biji-Bijian yang Harus Dimasukkan dalam Menu Diet Anda

Ada berbagai macam biji-bijian yang dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Meskipun biji-bijian bukanlah makanan ajaib yang dapat membuat berat badan Anda turun dengan drastis, namun mengonsumsi biji-bijian dapat mengoptimalkan diet yang sedang Anda jalankan.
Biji-bijian memiliki sifat pembakaran lemak, karena dapat merangsang fungsi metabolisme untuk membantu mengurangi berat badan. Biji-bijian juga kaya akan serat dan nutrisi penting yang dapat memaksimalkan proses penurunan berat badan. Selain itu, biji-bijian juga memiliki rasa yang enak dan dapat dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Anda bisa membaca lebih lanjut dalam artikel 5 Biji-Bijian yang Harus Dimasukkan dalam Menu Diet Anda.

39. Buah-Buahan yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet

Buah adalah camilan siap saji alami yang dikemas dengan vitamin, serat, dan nutrisi lain yang mendukung diet sehat. Buah juga umumnya rendah kalori dan tinggi serat, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ternyata, buah-buahan tertentu sangat baik dikonsumsi saat diet. Baca selengkapnya dalam artikel 5 Buah-Buahan yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet.

40. Camilan Tinggi Serat Untuk Anda yang Sedang Diet

Menghilangkan lemak di perut memang membutuhkan perjuangan ekstra. Jika Anda sudah mencoba berbagai metode diet namun belum mendapatkan hasil yang diinginkan, hal itu mungkin dikarenakan ada yang salah dalam pola diet Anda. Kunci dari menurunkan berat badan adalah tentang apa dan berapa banyak makanan yang Anda makan. Selain protein, para ahli selalu merekomendasikan untuk menambah asupan serat bagi Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan diet kaya serat dapat membantu mengatur berat badan dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan mengidam. Mengonsumsi makanan kaya serat juga dapat melancarkan pencernaan, membantu pergerakan usus halus, dan juga menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali. Makanan berserat tinggi juga sangat baik untuk jantung serta bisa mengurangi risiko penyakit stroke dan hipertensi. Ini berarti bahwa mengganti makanan manis dengan makanan yang tinggi serat sebenarnya dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan yang lebih cepat. Anda dapat melakukannya dengan kebiasaan mengemil juga. Ganti cokelat, keripik, puding, atau kue kering dengan pilihan camilan berserat tinggi. Camilan berserat tinggi tidak hanya enak tetapi juga dapat membuat Anda lebih kenyang di antara waktu makan dan mengekang keinginan untuk makan berlebihan.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Langkah Mudah Sekaligus Tips Main Kripto untuk Pemula di Tahun Ini

Sebelum kita memulai investasi, investasi apa pun itu, sangat diwajibkan bagi kita untuk memahami terlebih dahulu bidang investasi apa yang akan kita tekuni termasuk investasi pada mata…

5 Pengalaman sukes investor Kripto

Aset kripto mulai membuming bersamaan dengan meningkatnya popularitas bitcoin. Kerennya, Elon Musk mulai menyediakan opsi pembelian Tesla menggunakan mata uang kripto tersebut. Lalu, apa sih sebetulnya yang…

7 Investasi Kripto Terbaik

Dengan ribuan kripto di pasar, mungkin sulit untuk membedakan antara proyek yang menjanjikan dengan potensi pertumbuhan jangka panjang serta pengambilan uang cepat. Dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasar kripto,…

Biar Gak Bangkrut Investasi Kripto, Ikutin ini!

Saat ini perkembangan investasi sudah sangat luas, bahkan telah digandrungi para usia muda. Salah satu investasi yang berhasil menarik minat para usia muda untuk mencobanya adalah investasi…

Ternyata investasi Kripto menguntungkan, ini 5 faktanya

Kripto diincar banyak investor karena profit yang menggiurkan. Lantas, apa sih sebenarnya Kripto? Semua orang di seluruh dunia sudah familiar dengan apa itu kripto. Ada yang menggunakan…

Cara Memulai investasi Kripto Untuk Pemula

Ada banyak jenis Kripto di pasar yang memiliki nilai fundamental yang berbeda. Investor harus menyadari bahwa mata uang kripto bisa sangat menarik dan menguntungkan hari ini tapi…