100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

Daftar Isi

61. Diet Kentang Selama 15 Hari Untuk Menurunkan Berat Badan

Kentang seringkali dijadikan alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi bagi yang sedang menjalankan program diet. Selain memiliki rasa yang enak, kentang juga mudah diolah dengan berbagai jenis makanan lainnya. Kentang memang bukan bahan makanan baru di Indonesia. Konsumsi umbi ini kerap kali ditemui, mulai dari cemilan sampai makanan berat. Namun, beberapa akhir ini diet kentang menjadi fenomena menarik di media sosial setelah seorang pria asal Australia, Andrew Taylor, mengklaim telah berhasil menurunkan 30 kilogram berat badannya setelah melakukan diet kentang. Untuk mencapai hasil ini, Andrew hanya makan kentang selama tiga bulan. Selain untuk menurunkan berat badan, kentang juga kaya nutrisi yang penting bagi kesehatan. Vitamin C kentang bekerja sebagai antioksidan yang mampu mencegah atau memperlambat proses kerusakan sel tubuh. Kalsium pada kentang baik untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan sel darah putih. Sedangkan serat yang dikandung kentang merupakan substansi untuk mencegah tekanan darah dan menjaga pencernaan serta kesehatan jantung. Jadi tidak perlu ragu untuk menjalankan diet kentang karena kentang kaya akan manfaat.

62. Diet Madu Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Madu adalah produk ajaib yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Madu memiliki rasa yang manis dan lezat, sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti gula dalam banyak makanan. Sebagian besar dari kita tahu tentang manfaat madu untuk kesehatan, tetapi tahukah Anda bahwa madu adalah bahan yang efektif untuk menurunkan berat badan? Menurut penelitian, Anda bisa menurunkan berat badan dalam waktu sekitar tiga minggu, hanya dengan mengonsumsi satu sendok madu sebelum tidur.

63. Hummus, Saus Cocol Khas Timur Tengah yang Cocok Menjadi Teman Diet Anda

Menjalankan pola hidup sehat, seperti clean eating atau vegan, sedang menjadi tren belakangan ini. Tidak sedikit orang yang beralih mengonsumsi makanan utuh dan menghindari konsumsi makanan cepat saji. Pun demikian dengan camilan. Orang-orang mulai meninggalkan camilan yang tinggi gula atau zat adiktif dan menggantinya dengan camilan sehat. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengganti camilan tinggi kalori menjadi camilan yang sehat. Anda akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes atau kanker. Selain itu, mengonsumsi camilan sehat juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Salah satu camilan sehat yang juga sedang menjadi tren belakangan ini adalah hummus.

64. Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Berhenti Mengonsumsi Gula

Bukan rahasia lagi bahwa kelebihan gula tidak baik untuk tubuh juga pikiran Anda. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis membuat Anda berisiko untuk mengalami penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, kerusakan gigi, dan obesitas. Mengurangi jumlah gula yang dikonsumsi mungkin terdengar mengerikan karena hal itu akan berpengaruh ke rasa makanan yang Anda makan. Namun, ternyata jika Anda berhenti makan gula, Anda akan mendapatkan hasil positif yang sepadan, salah satunya adalah penurunan berat badan. Untuk mengetahui manfaat lainnya, Anda dapat membaca dalam artikel Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Berhenti Mengonsumsi Gula.

65. Kayu Manis dan Stevia: Alternatif Pengganti Gula yang Baik Untuk Diet

Bagi beberapa orang, menurunkan berat badan bisa jadi sulit untuk dilakukan. Salah satu masalah yang membuat berat badan Anda sulit turun adalah konsumsi gula. Bagi Anda yang menyukai makanan atau minuman manis, sama sekali tidak mengonsumsinya bisa jadi adalah hal yang sulit dilakukan. Sebagai solusinya, ketika Anda sedang menjalankan diet menurunkan berat badan, Anda bisa mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula secara bertahap atau Anda bisa mengganti gula dengan alternatif bahan lain, seperti kayu manis dan stevia. Selain bisa membantu Anda menurunkan berat badan, mengganti gula menjadi kayu manis atau stevia juga bisa memberikan manfaat lain untuk kesehatan secara keseluruhan.

66. Kopi Bisa Mempercepat Penurunan Berat Badan? Ini Faktanya!

Beberapa mengatakan alasan bahwa kopi dapat membantu menurunkan berat badan adalah karena efeknya yang bisa meningkatkan suhu tubuh. Suhu tubuh yang tinggi dapat membuat metabolisme meningkat, yang berarti dapat mempercepat proses pembakaran lemak dan kalori. Selain itu, kopi juga bisa menekan nafsu makan Anda. Hal ini sesuai dengan suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 yang mengungkapkan bahwa, orang yang minum kopi pada hari itu, makan lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Teori-teori tersebut akan benar-benar terbukti bila Anda tidak menambahkan gula pada kopi Anda. Penambahan gula tentu malah akan meningkatkan kalori yang Anda konsumsi.

67. Kurma, Si Manis yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Kurma dianggap sebagai makanan yang ideal karena kaya akan nutrisi dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Karena kaya akan serat dan asam lemak, kurma dapat membantu penurunan berat badan dengan membuang toksin, mengatur kadar gula darah, dan mengurangi peradangan. Buah-buahan ini dapat memuaskan rasa ngidam akan makanan manis tanpa membuat Anda menimbun kalori ekstra. Tetapi, Anda tetap harus mengontrol ukuran porsi saat mengonsumsinya, karena apapun yang berlebihan tentu tidak akan baik bagi tubuh. Kurma kaya akan karbohidrat (44-88%), serat (6,4-11,5%), protein (2,3-5,6%), lemak (0,2-0,5%), mineral (besi, magnesium, tembaga, kalsium, natrium, dan lain-lain), dan juga vitamin (A, B1, B2, C, niasin). Jadi, jelas dari profil gizi tersebut bahwa kurma tidak hanya super lezat tetapi juga sangat bergizi.

68. Jagung, Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Baik Untuk Diet

Jagung merupakan tanaman penghasil karbohidrat, selain gandum dan padi. Jagung adalah makanan pokok penduduk Amerika Tengah dan Selatan, sebagian penduduk Afrika, juga beberapa penduduk di Indonesia. Jagung dapat dinikmati dengan berbagai cara, seperti direbus, dikukus, dibakar atau bahkan diolah menjadi makanan lain yang lezat. Jagung yang harganya relatif murah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan bisa memenuhi asupan harian karbohidrat menggantikan nasi. Kebanyakan orang Indonesia memang tidak bisa lepas dari nasi. Namun, mengonsumsi nasi terlalu banyak ternyata bisa membuat berat badan Anda bertambah.
Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, mengganti konsumsi nasi dengan jagung bisa menjadi pilihan yang baik. Jagung mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Vitamin yang terdapat pada jagung manis antara lain folat, vitamin A, vitamin, C, dan vitamin B. Sedangkan mineral yang banyak terdapat pada popcorn antara lain mangan, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, dan tembaga. Jagung juga mengandung lemak dalam jumlah sedikit, namun jenis lemak ini adalah lemak baik. Dibanding asupan biji-bijian lainnya, jagung mengandung lebih banyak antioksidan, seperti asam ferulat, phytic acid, zat antosianin yang memengaruhi warna jagung menjadi merah, biru, dan ungu, serta zat zeaxanthin dan lutein yakni karotenoid yang baik untuk kesehatan mata. Karena kandungan nutrisinya yang seimbang, jagung sangat cocok dijadikan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi dalam menu diet Anda.

69. Jamur, Makanan Pengganti Daging Untuk Diet Sehat Anda

Percaya atau tidak, jamur adalah makanan yang sangat bergizi. Biasanya, orang yang tidak mengonsumsi daging sering menggunakan jamur sebagai alternatif untuk memperkaya hidangan mereka karena teksturnya yang mirip dengan ayam. Jamur yang kaya akan nutrisi ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya adalah membantu menurunkan berat badan.

70. Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat

Kacang merah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan serat, folat, magnesium, fosfor, zinc, dan kalium. Menurut penelitian North Dakot State University Extension, mengonsumsi kcang, termasuk kacang merah, dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Kacang merah juga diketahui dapat membantu mengurangi berat badan karena kandungan serat dan proteinnya yang tinggi.

71. Konsumsi Yogurt Setiap Hari untuk Penurunan Berat Badan yang Konsisten

Makan makanan kaya kalsium dan protein adalah kombinasi yang baik untuk menurunkan berat badan. Ketika dikombinasikan, kedua kelompok nutrisi ini telah terbukti secara klinis untuk meningkatkan tingkat metabolisme, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan usus. Salah satu makanan yang memiliki kedua nutrisi tersebut adalah yogurt. Yogurt adalah makanan rendah lemak yang dikemas dengan kalsium serta protein. Yogurt memberikan semua manfaat susu, namun tanpa tambahan lemak atau kalori. Bahkan, satu porsi yogurt sebenarnya mengandung lebih banyak kalsium dan protein daripada produk susu lainnya.

72. Manfaat Air Kelapa, Melancarkan Pencernaan Hingga Melawan Tanda Penuaan

Berkat air kelapa, Anda dapat menurunkan berat badan lebih cepat dan mudah. Jika Anda ingin mengurangi beberapa kilogram atau menjaga berat badan Anda tetap stabil, cobalah mengganti minuman soda dan minuman manis dengan air kelapa. Ini adalah minuman alami yang rendah kalori dan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Cobalah minum segelas air kelapa sebelum makan karena untuk membantu Anda makan lebih sedikit.

73. Makan Pizza Ketika Sedang Diet? Kenapa Tidak?

Pizza adalah makanan favorit sebagian besar orang. Kombinasi yang lezat antara rotinya yang renyah, saus tomat, dan juga keju mozzarella pasti akan membuat Anda ketagihan untuk terus mengonsumsinya. Sayangnya, pizza seringkali diberi label tidak sehat karena tinggi kalori, garam, dan lemak. Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, pizza mungkin akan menjadi salah satu makanan yang dijauhi. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa tetap makan pizza tanpa merasa bersalah. Anda bisa membuat pizza yang sehat dan tentu tidak kalah enak dibandingkan pizza yang banyak dijual di restoran cepat saji.

74. Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan

Lobak adalah sayuran yang bisa ditambahkan ke semua jenis hidangan dan salad. Selain dibudidayakan untuk konsumsi sebagai makanan, lobak juga kerap digunakan sebagai obat-obatan tradisonal, seperti sakit tenggorokan, demam, dan peradangan. Lobak, biasanya berwarna putih dan merah, mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan Anda. Menambahkan lobak ke dalam menu diet Anda bisa membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

75. Manfaat Rumput Laut: Menurunkan Berat Badan Hingga Mencegah Penyakit Jantung

Rumput laut adalah alga yang bisa dimakan dan sering diolah menjadi beragam makanan. Rumput laut biasa dikonsumsi oleh penduduk Jepang, Korea, dan Cina dan diolah menjadi beragam makanan, seperti sushi, sup, salad, dan sebagainya. Selain enak, rumput laut juga ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat rumput laut adalah untuk menurunkan berat badan.
Kandungan yodium dalam rumput laut dapat membantu tiroid untuk bekerja dengan maksimal. Tiroid memiliki fungsi untuk mengendalikan pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak di tubuh Anda. Tiroid yang bekerja dengan baik dapat membantu proses pembakaran kalori. Selain itu, rumput laut juga kaya akan serat, rendah kalori, dan tinggi nutrisi lain yang dapat menjadi menu makan saat sedang menjalankan diet.

76. Minyak Zaitun, Superfood yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Minyak zaitun adalah makanan super yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya lezat untuk dijadikan saus salad atau campuran dalam pasta, minyak zaitun juga memiliki khasiat untuk menurunkan berat jika dikonsumsi sebanyak tiga sendok makan atau sekitar 50 ml sehari. Ini adalah pendapat ahli gizi Amerika Serikat dan profesor kedokteran klinis, Dr Mary Flynn, yang telah mempelajari efek dan manfaat kesehatan dari minyak zaitun sejak tahun 1990-an. Flynn mengatakan kunci keberhasilan diet minyak zaitun adalah memasak sayuran Anda dalam minyak zaitun. Ada dua alasan utama untuk ini. Yang pertama adalah bahwa karotenoid, antioksidan kuat yang memberi warna oranye, kuning, merah, dan juga ditemukan berlimpah di sayuran hijau, membutuhkan lemak untuk diserap. Dia juga percaya nutrisi dalam sayuran seperti brokoli dan kol lebih baik diserap dengan minyak, tetapi itu masih belum terbukti secara meyakinkan. Alasan kedua bisa dibilang lebih penting. Sayuran terasa lebih enak dengan minyak zaitun, sehingga orang cenderung makan lebih banyak.

77. Pilih Produk Susu yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

Produk susu termasuk bagian penting dari diet sehat, dan pedoman USDA ChooseMyPlate merekomendasikan agar pria dan wanita mengonsumsi 3 cangkir susu setiap hari. Susu, termasuk yang berasal dari tumbuhan seperti susu kedelai atau susu almond, harus masuk dalam asupan harian Anda. Susu tanpa lemak dan tanpa pemanis dapat bekerja dalam diet penurunan berat badan, dan berbagai jenis susu memiliki kelebihan penurunan berat badan yang berbeda. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat membacanya dalam artikel Pilih Produk Susu yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan.

78. Popcorn, Camilan Enak dengan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Mengemil sebenarnya bukanlah hal yang dilarang saat sedang menjalani proses penurunan berat badan karena justru bisa membuat Anda tetap kenyang hingga waktu makan berikutnya. Namun, saat sedang menjalankan proses penurunan berat badan, Anda harus bijak dalam memilih camilan yang dikonsumsi. Beberapa camilan, seperti popcorn, adalah pilihan yang tepat dibandingkan makanan lainnya karena rendah kalori, tinggi nutrisi, dan dapat membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.
Anda mungkin bertanya-tanya apakah popcorn adalah camilan yang sehat untuk menurunkan berat badan. Di satu sisi, popcorn kaya serat dan rendah kalori jika dibandingkan dengan kebanyakan camilan lain. Namun, jika Anda menambahkan mentega, seperti popcorn yang dijual di bioskop, Anda mungkin malah akan mendapatkan kalori yang lebih banyak. Terlepas dari itu, popcorn tanpa tambahan mentega, gula, dan garam adalah makanan yang sehat dan cocok untuk dijadikan camilan saat Anda sedang menjalankan program diet.

79. Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan

Putih telur (telur tanpa kuning telur) cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang menjalankan proses penurunan berat badan. Dikenal sebagai superfood, telur diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Tetapi karena kandungan lemak dan kalorinya, kuning telur seringkali dibuang dari menu diet. Hal ini mungkin karena keyakinan bahwa kuning telur dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan dapat berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol tinggi juga bisa berbahaya bagi penderita penyakit jantung. Putih telur, di sisi lain, rendah kolesterol dan kaya nutrisi dan vitamin esensial. Putih telur juga aman dikonsumsi untuk penderita jantung. Selain rendah lemak dan kalori, putih telur juga tinggi protein, yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

80. Quinoa, Biji-Bijian Populer yang Kaya Nutrisi

Quinoa adalah makanan yang memiliki banyak penggemar karena padat nutrisi. Quinoa adalah benih yang menyerupai biji-bijian, yang dapat dimasak seperti nasi. Quinoa dapat ditambahkan ke dalam smoothie, salad, yogurt, dan juga makanan lainnya. Pada quinoa mentah, terkandung protein tinggi dan sembilan asam amino esensial. Quinoa juga bebas gluten atau gluten free, serta mengandung serat, magnesium, vitamin B, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin E, dan antioksidan.
Makanan yang bebas gluten sangat ideal untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan. Quinoa juga dapat membantu menjaga kadar gula darah dan membantu penurunan berat badan yang berkelanjutan. Para ahli dan praktisi kesehatan sering merekomendasikan untuk memasukkan quinoa dalam menu diet untuk penurunan berat badan sebagai pengganti biji-bijian tinggi karbohidrat.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Langkah Mudah Sekaligus Tips Main Kripto untuk Pemula di Tahun Ini

Sebelum kita memulai investasi, investasi apa pun itu, sangat diwajibkan bagi kita untuk memahami terlebih dahulu bidang investasi apa yang akan kita tekuni termasuk investasi pada mata…

5 Pengalaman sukes investor Kripto

Aset kripto mulai membuming bersamaan dengan meningkatnya popularitas bitcoin. Kerennya, Elon Musk mulai menyediakan opsi pembelian Tesla menggunakan mata uang kripto tersebut. Lalu, apa sih sebetulnya yang…

7 Investasi Kripto Terbaik

Dengan ribuan kripto di pasar, mungkin sulit untuk membedakan antara proyek yang menjanjikan dengan potensi pertumbuhan jangka panjang serta pengambilan uang cepat. Dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasar kripto,…

Biar Gak Bangkrut Investasi Kripto, Ikutin ini!

Saat ini perkembangan investasi sudah sangat luas, bahkan telah digandrungi para usia muda. Salah satu investasi yang berhasil menarik minat para usia muda untuk mencobanya adalah investasi…

Ternyata investasi Kripto menguntungkan, ini 5 faktanya

Kripto diincar banyak investor karena profit yang menggiurkan. Lantas, apa sih sebenarnya Kripto? Semua orang di seluruh dunia sudah familiar dengan apa itu kripto. Ada yang menggunakan…

Cara Memulai investasi Kripto Untuk Pemula

Ada banyak jenis Kripto di pasar yang memiliki nilai fundamental yang berbeda. Investor harus menyadari bahwa mata uang kripto bisa sangat menarik dan menguntungkan hari ini tapi…