Beli Yamaha FreeGo, Ini Biaya Pajak Dan Servisnya

0
450
Oajs271EVIIkCRFxGO1m
Oajs271EVIIkCRFxGO1m

Tren motor matic kian hari kianmmeningkat. Untuk mengisi keinginan masyarakat tentang motor matic. Yamaha Indonesia meluncurkan motor matic terbaru mereka yaitu FreeGo di IMOS 2018. Harga yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan varian nya. Mulai dari Rp 18,5 juta untuk varian standar. Rp 19,7 juta FreeGo S dan Rp 22,5 juta FreeGo ABS. Dengan harga yang cukup menggoda seperti ini, berapakah pajak dan biaya perawatannya?.

Biasanya standar pajak kendaraan bermotor (PKB) sekitar 1,5% dari harga jual motor untuk motor pertama. Untuk pajak motor FreeGo ini berada dikisaran Rp 270 ribuan untuk tipe paling standar. Namun yang pasti, pajak ini akan terus menyusut dari tahun ke tahun, mengikuti dari nilai jual kendaraan itu sendiri. Itupun apabila besaran standar PKB nya tidak berubah.

Lalu selanjutanya, tentang perawatan yamaha FreeGo itu sendiri. Ketika akan melakukan servis ringan, misalnya seperti membersihkan bagian mesian dan pengecekan motor di bengkel resmi, biaya yang harus dibayar sekitar 50 ribuan. Lalu untuk penggantian oli Yamalube Matic Rp 37 ribu. Filter udara Rp 43 ribu dan Yamalube oil gear Rp 17 ribu. Maka total estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk servis ringan di 2000 km awal adalah sekitar Rp 147 ribu.

Hitungan ini mengacu pada Yamaha FreeGo yang baru dipakai, dimana kondisi motor belum banyak part yang harus diganti. Semakin sering  dan semakin lama motor matic ini dipakai, biasanya akan semakin banyak spare part yang mesti diganti atau diremajakan. Dan berikut ini ada beberapa tampilan daftar harga fast moving part (suku cadang) untuk FreeGo. Perlu diingat harga yang dicantumkan berbeda, tergantung dari lokasi penjualan atau bengkel resmi masing-masing

BACA JUGA:  Produksi Ekspor Astra Honda Motor Meningkat, Honda Vario Menjadi Andalan
No Item Harga
1 Strainer oli Rp 5,000
2 Busi NGK CR6HSA Rp 13,500
3 Oli gera Oli Yamalube Rp17,000
4 Oli Yamalube Matic Rp 37,000
5 Oli Yamalube Power Matic Rp 41,500
6 Filter udara Rp 43,000
7 Kampas rem depan Rp 57,000
8 Kampas rem belakang Rp 42,000
9 Sokbreaker belakang Rp 232,000
10 V-belt Rp 81,000
11 Aki GS GZ4V Rp 230,000

 

Terlepas dari itu semua, motor matic yang memiliki tagline “The Amazing Matic” ini, memposisikan diri sebagai motor matic tertinggi harian kelas 125cc. Kehadirannya menemani line-up motor matic Yamaha saat ini, seperti Mio S dan Mio M3.

Itulah harga, pajak kendaraan dan biaya perawatan yang harus dikeluarkan untuk motor Yamaha FreeGo ini. Besarannya masih relatif wajar.

Beberapa kelebihan dari Yamaha FreeGo

Yamaha FreeGo menjadi varian motor matic terbaru yang diluncurkan oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing pada tahun 2018. Menurut Deputi pemasaran GM PT. YIMM Yordan Satriadi, Yamaha FreeGo memiliki tag line “The Amazin Matic”, motor ini memiliki beberapa fitur yang menggiurkan bagi para konsumen. Berikut beberapa fitur yang ada di motor matic Yamaha FreeGo, kita simak ulasannya.

  1. Pengisian bahan bakar di depan

Untuk pengisian bahan bakar motor ini memiliki lubang tangki bensin didepan, sehingga pengemudi tidak perlu untuk turun membuka jok.

Tangki bensin FreeGo ini memiliki kapasitas 4,2 liter. Tangki dilindungi oleh pelat baja dan memiliki jarak terendah hingga 135mm dari tanah seperti Nmax.

  1. Bagasi luas
BACA JUGA:  Harga Terbaru Honda Vario 125 Facelift Dan Spesifikasi nya

Ukuran bagasi motor matic FreeGo ini diklaim mencapai 25 liter, bahkan lebih besar dari Nmax. Dengan bagasi luas, maka konsumen dapat membawa barang dan menyimpannya di dalam bagasi.

  1. Jok yang panjang dan alas kaki datar yang luas

Tidak hanya bagasi, tetapi juga jok memiliki ukuran yang panjang, yaitu mencapai 895 mm. Sedangkan untuk ruang kaki juga cukup lebar, sehingga menambah kenyamanan ketika berkendara.

  1. Ban tubeless lebar 12 inci

Menggunakan velg 12 inci, ban sepeda motor ini telah menggunakan ban jenis tubeless tapak lebar sehingga membuat motor lebih stabil saat bermanuver.

  1. Lampu depan LED dan ada lampu hazard

Dengan tampilan motor zaman now, motor matic ini menggunakan lampu LED yang lebih terang untuk dikendarai. Dalam keadaan darurat, pengemudi bisa menyalakan lampu hazard yang sudah tersedia.

  1. Smart Key System

Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari motor ini adalah Smart Key System (SKS) yang merupakan kunci keyless/tanpa kunci. Fitur ini membuat pengemudi lebih praktis dan aman, karena adanya immobilizer dan sistem jawab aku kembali (Answer Back System).

  1. Soket untuk charge smartphone

Pengendara tidak perlu takut apabila smartphone nya habis baterai karena Yamaha FreeGo ini memiliki soket listrik yang menjadi bagian dari fitur motor ini.

  1. Sistem pengereman ABS

Yamaha FreeGo ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS) yang canggih. Dengan adanya ABS daya pengereman akan menjadi maksimal, sehingga mengurangi resiko slip ketika berhenti mendadak.

  1. Generator motor pintar
BACA JUGA:  Honda CB150R Exmotion Naked Bike Rasa Eropa

FreeGo menggunakan mesin Blue Core 125cc dengan sistem asupan baru dan Smart Motor Generator (SMG), sehingga menghasilkan percepatan dan starter yang lebih halus. Skuter ini juga menggunakan teknologi DiASil silinder dan forged piston.

  1. Speedometer digital

Tampilan speedometer FreeGo lebih keren dan modern dengan full digital speedometer yang lebih bergaya, informatif dan modern. Speedometer ini dilengkapi dengan Multi Infomation Display (MID) yang berisi informasi mengenai sepeda motor.

  1. Teknologi Stop & Start System (SSS)

Fitur ini dapat membantu bahan bakar motor menjadi lebih ekonomis, karena mesin secara otomatis mati ketika berhenti lebih dari lima detik. Bahan bakar yang tidak perlu akan berkurang dan akan menyala secara otomatis ketika tuas gas ditarik.

Dengan begini pengendara bisa lebih menghemat biaya bahan bakar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here