Variasi Camilan Sehat dengan Rumput Laut

0
255
camilan sehat
Rumput Laut

SPESIAL.NET – Kreativitas dalam menciptakan menu makanan terus berkembang termasuk dalam membuat camilan sehat. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan produk hasil laut non-ikan. Apalagi Indonesia merupakan negara kelautan yang tentunya potensi lautnya sangat besar. Salah satu makanan yang cukup digemari adalah menu yang dibuat dengan bahan rumput laut.

Rumput laut merupakan salah satu jenis ganggang yang hidupnya di kedalaman laut yang masih terjangkau sinar matahari. Jenis yang umumnya dikonsumsi adalah ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae), ganggang biru (cyanophyceae), dan ganggang coklat (phaeophyceae). Di Barat, tanaman ini dikenal dengan nama seaweed.

Manfaat Rumput Laut

Tanaman ini memiliki banyak kandungan gizi. Selain mengandung vitamin A, B, C, D, E, K, tanaman ini juga juga kaya nutrisi esensial, seperti asam amino, enzim, asam nukleat, dan mineral. Hasil laut ini juga mengandung klorofil dan serat tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Rumput Laut
Rumput Laut

Tumbuhan yang tidak memiliki akar, batang dan daun ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Diantaranya untuk meningkatkan fungsi kerja jantung, system pencernaan, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan untuk pengobatan, tumbuhan ini juga banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti demam, asma, bronkhitis, dan antioksidan. Tumbuhan jenis gamat ini juga berguna dalam menyembuhkan penyakit rematik, maupun pengeroposan dan pengapuran tulang. Bahkan kabarnya, mengkonsumsi tanaman ini secara rutin dapat meningkatkan gairah seksual dan mencegah penuaan dini.

BACA JUGA:  Resep Keripik Sayuran yang Simpel dan Bergizi, Bisa Dibisniskan Loh

Masyarakat di Jepang dan Cina telah lama memanfaatkan tanaman ini untuk berbagai jenis pengobatan, khususnya penyakit kanker. Mereka menjadikan rumput laut sebagai menu makanan harian maupun camilan sehat. Buktinya, kasus kanker payudara yang terjadi di negara itu jumlahnya sangat sedikit dibandingkan yang dialami wanita di negara barat.

Kelebihan Camilan Sehat Rumput Laut

Rasanya yang kenyal dan renyah menjadikan rumput laut sangat fleksibel dibuat berbagai macam menu makanan dan camilan sehat. Diantaranya sebagai campuran dalam pembuatan es buah atau es campur, dibuat es krim, minuman penyegar, desert, cemilan gorengan, maupun menu santapan lainnya.

Masyarakat di pesisir laut, umumnya juga telah mengembangkan tumbuhan laut ini untuk dijadikan berbagai jenis menu harian. Diantaranya dijadikan sebagai sayuran teman makan nasi, ataupun sebagai makanan cemilan.

Di Jepang maupun Cina, rumput laut dimanfaatkan dalam berbagai bentuk. Baik dijadikan bubuk untuk pembuatan lapisan udang atau sushi, dijadikan kuah atau sebagai penyedap masakan, serta dijadikan agar-agar dan digunakan sebagai campuran dalam berbagai olahan minuman.

Indonesia sebagai negara kelautan yang cukup luas dan kaya dengan hasil lautnya, sudah saatnya mengembangkan tumbuhan ini sebagai menu harian yang menyehatkan. Sehingga lautpun tidak hanya diambil ikannya saja, namun juga bisa dikembangkan dengan budidaya rumput laut sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa Resep Camilan Sehat dengan Rumput Laut

Ote-Ote Udang Rumput Laut

Bahan yang diperlukan terdiri dari :

  • udang yang sudah dikupas 1 ons
  • rumput laut kering 1 genggam yang direndam 5 menit
  • tepung terigu atau keto 3 sdm
  • telur 2 butir
  • himsalt
  • merica
  • penyedap rasa non msg
BACA JUGA:  Menu Buka Puasa Berkuah yang Lezat dan Menyegarkan

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan tepung, telur, himsalt, merica, penyedap, dan sedikit air lalu aduk hingga rata dan menjadi adonan.
  2. Setelah adonan tercampur rata baru tambahkan udang dan rumput laut
  3. Goreng adonan sampai matang dan siap disajikan. Lebih sedap makan dengan sambal keto atau rawit.

Bakwan Rumput Laut

Bahan yang diperlukan terdiri dari :

  • rumput laut secukupnya yag direndam dan tiriskan
  • daging giling 1 ons
  • ebi 5 sdm yang direndam hingga mekar
  • tepung terigu secukupnya
  • telur 1 butir
  • bawang daun
  • bahan bumbu : minyak wijen, kecap asin, lada, totole

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Campur semua bahan dan bumbu
  2. Goreng semua bahan sedikit demi sedikit hingga habis.
  3. Bakwan rumput laut siap disajikan.

Itulah ide variasi resep camilan sehat dengan bahan rumput laut yang semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here