Bernostalgia khas zaman Edo di Kota Nagiso, Perfektur Nagano

0
260
Zekkeijapanjp
Zekkeijapanjp

Spesial.net – Salah satu kota yang menjadi kota terindah di Jepang dinobatkan kepada kota Nagiso, Perfektur Nagano. Kota yang memiliki jumlah populasi 4.248 orang, merupakan salah satu kota di Jepang masih memelihara nuansa heritage khas zaman Edo. Sedikit informasi, zaman Edo adalah zaman dimana pemerintahan dikuasai oleh ke-shogun-an Tokugawa pada tahun 1.603 hingga 1.868 setelah masehi. Pada saat itu ibukota Jepang terletak di kota Tokyo. Zaman dimana kebudayaan Jepang asli mulai bermunculan kembali karena pada saat itu pemerintahan cenderung menutup kedatangan budaya baru, terutama budaya barat. Ini juga berdampak pada bentuk bangunan.

Seperti dilansir di muka halaman situ town.nagiso.jp, ketika anda memasuki kota ini langsung terasa nuansa sejarah zaman Edo. Rumah-rumah tua terbuat dari kayu yang merupakan saksi bisu sejarah pemerintahan Ieyasu Tokugawa ini memberikan kesan hangat dan nostalgia, seolah-olah anda juga menjadi bagian dari zaman tersebut. Di kota Nagiso ini anda juga dapat menemukan salah satu air terjun dari ratusan air terjun di Jepang, yaitu air terjun Tadachi no Taki.

Kota Nagiso memiliki banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah, seperti Tsumago-juku (pada zaman Edo dinobatkan sebagai Situs Kekayaan Budaya Nasional), jembatan Momosukebashi (dirancang sebagai Properti Kebudayaan Nasional), dan Nakasendo (jalur bersejarah penghubung Kyoto dan Tokyo) yang didaftarkan sebagai Situs Bersejarah Nasional. Kota Nagiso juga rumah dari banyak Properti Kebudayaan Non-Material, seperti halnya penampilan kabuki yang dikenal sebagai Tadachi Kabuki, dimana sudah diwariskan dari generasi ke generasi oleh penduduk setempat.

BACA JUGA:  Melihat Jutaan Bunga Sakura Bermekaran di Kota Yoshino, Nara

Kota Nagiso juga memiliki beberapa kolam air panas alam (onsen), seperti Fukibata Kogen, Onsenkyo, Nagiso Onsenkyo, dan Kakizore Onsen. Dengan begitu banyaknya tempat dan budaya yang dimiliki oleh kota, pantas saja kota ini menjadi salah satu rekomendasi wisata di Jepang.

 

Tsumago-juku

Tsumago Japanophiliaxyz
tsumago juku – japanophilia.xyz

Daerah atau distrik inilah yang disebut sebagai situs kekayaan budaya nasional. Dimana kondisi rumah, pencahayaan masih dalam keadaan sama seperti saat zaman Edo dahulu. Destinasi wisata yang terkenal disini adalah lembah Kiso.

 

Midono-juku

Midono Townnagisonaganojp
Midono juku – town.nagiso.nagano.jp

Seperti halnya Tsumago-juku, distrik ini merupakan kawasan dengan ciri khas zaman Edo hanya saja mengalami kebakaran besar pada tahun 1881. Meskipun begitu, masih terdapat beberapa bangunan yang masih utuh disini.

 

Jembatan Momosukebashi

Wikidataorg
wikidata.org

Nama jembatan ini diambil dari seseorang bernama Momosuke Fukuzawa, seorang yang membangun suspensi jembatan ini. Panjang jembatan ini sekitar 247 meter dengan material kayu dengan suspensi jembatan yang sangat kuat dan diakui sebagai jembatan terpanjang di Jepang.

 

Air Terjun Tadachi no Taki

Tadachi Townnagisonaganojp
Air Terjun Tadachi – town.nagiso.nagano.jp

Salah satu air terjun terkenal di Jepang ini memiliki aura spiritual yang baik dan memberikan energi positif bagi yang mengunjunginya.

 

Lembah Kakizore Keikoku

Go Nanagonet
Lembah Kakizore – go-nagano.net

Lembah ini diakui menjadi lembah tercantik di kawasan Kisoji. Lembah sepanjang 8 kilometer ini memiliki berbagai macam air terjun kecil dan dialiri air yang begitu jernih sehingga menenangkan orang yang berdiam dan berjalan menyusuri lembah ini.

BACA JUGA:  Makan Rajanya Seafood alias Kepiting Super Lezat di Surabaya

 

Makanan Khas Kota Nagiso

Miso Townnagisonaganojp
Pasta Miso -town.nagiso.nagano.jp

Di antara beberapa makanan khas lainnya, terdapat satu yang menjadi ciri khas, yaitu pasta Miso Kakizore. Berbeda dengan pasta miso lainnya yang ditambah penyedap dan pengawet, Miso Kakizore ini tidak menggunakannya sama sekali. Selain itu, terdapat juga Akatatsuzuke, berupa asinan tounoimo idan asinan kentang ditambahi garam. Kiso juga terkenal dengan kue beras Goheimochi dan juga bir Kisoji. Bir lokal yang dibuat menggunakan sumber air dekat gunung Nagisodake.

 

Kerajinan Tangan

Kerajinan Townnagisonaganojp
Araragi Hinoki Kasa – town.nagiso.nagano.jp

Produk kerajinan tangan disini rata-rata terbuat dari kayu, salah satunya Araragi Hinoki Kasa, sejenis topi khas Asia. Dan juga hanten berupa jas untuk musim dingin tanpa lengan.

 

 

PENULIS               : Feila Tan

EDITOR                 : Nuri Ramadhan

SUMBER               : wikipedia.com, town.nagiso.nagano.jp, j-cul.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here