5 Menu Olahan Roti Tawar yang Unik untuk Sarapan

0
267
Bread Coffee Cup 161430
Bread Coffee Cup 161430

SPESIAL.NET – 5 Menu Olahan Roti Tawar yang Unik untuk Sarapan. Banyak orang yang melewatkan sarapan dengan alasan terburu-buru atau tidak terbiasa. Padahal, sarapan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Di antaranya adalah sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas. Anda membutuhkan sarapan untuk mengembalikan energi akibat tidur pada malam harinya.

Bagi yang kuliah atau bekerja pada pagi hari, menyiapkan sarapan yang praktis dan mudah dibuat adalah salah satu solusinya. Biasanya, pikiran pertama Anda jatuh pada roti tawar. Roti tawar memang makanan yang cukup mengenyangkan untuk sarapan.

Namun, makan roti tawar yang begitu-begitu saja tentu akan membuat Anda bosan dan tidak berselera. Salah satu cara agar Anda tidak bosan adalah dengan mengkreasikan roti tawar menjadi menu yang unik, lezat, dan juga bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan energi Anda. Berikut ini adalah beberapa kreasi menu roti tawar yang lezat dan mudah dibuat.

1. Boiled Egg Sandwich Rolls

Untuk membuat sandwich ini ada empat bahan yang Anda perlukan, yaitu roti tawar, mentimun, telur rebus, dan mayones.

Cara membuatnya sederhana. Cacah telur rebus dan masukkan ke dalam mangkok kecil, kemudian tambahkan mayones dan sedikit garam. Aduk hingga adonan tercampur rata. Setelah itu, timun dipotong memanjang. Untuk pelapisnya, roti tawar dipotong bagian pinggirannya kemudian buat rotinya menjadi pipih. Setelah itu, letakkan adonan telur dan mayones ke atas roti, kemudian tambahkan irisan mentimun di atasnya. Anda bisa memakai sayuran lain kalau tidak suka mentimun atau diganti dengan daging. Gulung rotinya kemudian potong rotinya jadi tiga bagian sama besar.

BACA JUGA:  5 Makanan Terbaik Untuk Sarapan yang Dapat Menurunkan Berat Badan

2. Cheese Stick

Anda hanya membutuhkan 4 bahan untuk membuat cheese stick ini, yaitu roti tawar, keju slice, telur, dan minyak goreng.

Cara membuatnya pun mudah. Pertama, potong pinggiran roti tawar, lalu pipihkan roti hingga agak tipis agar mudah untuk digulung. Letakkan keju slice di atasnya. Gulung roti dengan keju dan rekatkan dengan telur yang telah dikocok. Goreng hingga roti berubah warna menjadi kuning keemasan. Anda pun dapat menyantapnya selagi hangat.

3. French Toast

Bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat French Toast adalah roti tawar, telur, pisang, madu, susu segar murni (bisa pakai susu full cream) dan mentega.

Cara membuatnya sederhana. Mula-mula pisang dipotong tipis-tipis, lalu digoreng dengan mentega sampai matang kemudian ditiriskan. Roti tawar dipotong bentuk persegi. Telur dipecah dan dimasukkan ke dalam mangkok, tuangkan susu, dan ditambahkan sedikit garam. Anda bisa menambahkan gula supaya rotinya punya tambahan rasa. Setelah itu, telur diaduk hingga tercampur rata. Roti yang telah dipotong tadi dicelupkan ke dalam telur dan digoreng dalam mentega yang telah leleh hingga berwarna cokelat keemasan. Setelah matang, roti ditiriskan.

Selanjutnya siapkan mangkok dan masukkan pisang yang sudah digoreng tadi ke dalamnya. Letakkan potongan roti goreng di atasnya. Anda bisa menambahkan es krim sebagai topping-nya. Terakhir, tuangkan madu secukupnya. Anda bisa memakannya dengan buah masam seperti stroberi atau buah naga, terutama bila Anda tidak terlalu suka dengan makanan manis.

BACA JUGA:  10 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Mengikuti Pola Makan Vegetarian

4. Roti India

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan pisang, minyak goreng, telur, dan tentu saja roti tawar. Sedangkan jumlahnya disesuaikan dengan selera Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memipihkan roti dengan gelas kaca sampai benar-benar tipis. Selanjutnya, pisang dipotong tipis dan diletakkan di atas roti tawar. Lipat roti tawar menjadi persegi panjang dan rekatkan pinggiran roti supaya pisangnya tidak keluar. Setelah itu, celupkan roti ke dalam telur yang sudah dikocok terlebih dahulu dan kemudian goreng hingga cokelat keemasan. Sajikan selagi hangat dengan topping madu atau susu kental manis.

5. Pizza

Pizza adalah makanan yang biasanya disukai oleh anak-anak karena rasanya yang enak. Anda pun bisa mengkreasikan roti tawar menjadi pizza yang lezat dan tentu saja bergizi. Anda hanya perlu menyiapkan roti tawar, sosis, bawang bombay yang diiris memanjang, keju, saus barbekyu dan saus tomat.

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, tumis bawang bombay hingga harum dan sedikit layu. Oleskan saus barbekyu dan saus tomat ke atas roti tawar. Taburkan bawang bombay yang telah ditumis, sosis, dan juga parutan keju. Panggang hingga kejunya meleleh dan rotinya berwarna keemasan. Sajikan dengan saus tomat atau saus sambal.

Roti tawar yang biasanya dimakan dengan selai pun kini bertransformasi menjadi menu yang unik. Cara membuatnya pun mudah sehingga menu di atas cocok untuk sarapan dan dapat memberikan Anda energi yang cukup untuk beraktivitas di pagi hari.

BACA JUGA:  Resep Puding Lezat Makanan Ringan yang Mudah Dibuat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here