Oleh-Oleh Keripik Buah yang Makin Manis dan Renyah Saja

0
245
Oleh Oleh
Oleh Oleh

SPESIAL.NET – Memilih atau mencari oleh-oleh tak jarang membuat kita bingung. Ingin membelikan kaos atau kerajinan sudah dianggap biasa, membeli makanan juga terlalu sering, lantas apa yang akan anda pilih?

Buah-buahan tropis yang begitu melimpah di bumi Indonesia selama ini hanya bisa dinikmati saat musim buah tiba. Buah nangka, salak, apel, hingga berbagai jenis buah segar lainnya hanya bisa dinikmati rasanya saat musim panen. Apalagi daya tahan buah-buahan relatif pendek, tak lebih dari seminggu sudah akan mulai membusuk. Namun belakangan muncul pemikiran agar buah dapat dikonsumsi sepanjang tahun tanpa mengalami pembusukan, salah satunya dijadikan keripik buah.

Penanganan pasca panen semacam ini sangat penting bagi para petani dan maupun para pedagang buah. Selain untuk memperpanjang daya tahan dan keawetan buah, pengolahan pasca panen juga penting untuk meningkatkan citra buah dan memberikan nilai tambah dalam pemasarannya. Penanganan pasca panen dengan membuat dan mengolah buah menjadi keripik ternyata juga mampu meningkatkan meningkatkan pendapatan petani maupun produsen buah.

Oleh Oleh
Oleh Oleh

Untuk membuat buah-buahan menjadi keripik buah sebagai oleh-oleh yang menarik cukup mudah. Sebelumnya kita harus mengenal cara pengeringan dengan menggunakan oven. Namun oven yang digunakan ini bukanlah oven roti berbentuk kotak yang terbuat dari seng atau aluminium. Oven ini dirancang khusus dengan kemampuan untuk menguapkan kandungan air dalam buah tanpa membuat buah mengalami keriput atau perubahan fisik.

BACA JUGA:  Menu Berbuka Puasa dengan Resep Minuman Kekinian

Namun alat oven buatan luar negeri ini harganya sangat mahal, bahkan hingga mencapai ratusan juta rupiah. Sehingga akan terlalu diberat bagi para petani maupun pedagang buah yang umumnya beromset tidak banyak. Sedangkan bila digoreng dengan cara konvensional seperti menggoreng kripik tepung pasti akan gagal. Buah yang digoreng akan keriput, rusak, dan rasanya biasanya juga berubah menjadi kurang enak. Sehingga tidak bisa dilakukan dengan cara biasa.

Teknik Pengeringan dengan Vacuum Fryer

Belakangan, di masyarakat telah muncul sebuah alat pengering buah yang lebih sederhana dengan harga yang juga relatif murah. Alat yang bekerja dengan cara penggorengan ini bernama vacuum fryer ini merupakan temuan dan hasil inovasi yang dilakukan Anang Lastryanto, dosen Universitas Negeri Malang. Pada alat ini, fungsi penggorengan dihubungkan dengan beberapa tabung dan alat lain yang bertugas mengatur proses agar memberikan hasil penggorengan seperti yang diinginkan.

Dengan alat ini, keripik buah hasil pengggorengan dengan vacuum fryer ternyata benar-benar memuaskan. Keripik nangka hasil penggorengan dengan alat ini bentuknya tak berbeda dengan buah aslinya. Namun ketika disentuh atau dipegang memang keras karena telah berubah menjadi keripik. Begitu pula ketebalan buah maupun rasanua saat dimakan benar-benar seperti merasakan buah aslinya.

Begitu juga minyak gorong yang digunakan ternyata bisa dipakai berulang kali tanpa merubah warna minyak.
Harga alat vacuum fryer tidak murah namun kemampuan dan kapasitas produksi yang cukup tinggi bisa dimanfaatkan sejumlah pedagang dengan membeli secara berkelompok. Namun harga ini jauh lebih murah dibandingkan oven maupun teknik vacuum buatan luar yang negeri yang sangat mahal.

BACA JUGA:  Cara Membuat Menu Buka Puasa Minuman Takjil yang Menyegarkan

Apalagi margin keuntungan membuat keripik dari buah-buahan lumayan besar. Bayangkan saja, harga sekilo keripik buah apel dapat mencapai Rp 110.000. Padahal untuk membuatnya hanya dibutuhkan apel sekitar Rp 20 hingga Rp 25 ribu. Lumayan kan !

Cara Membuat Keripik Buah yang Renyah

Bahan yang diperlukan untuk membuat keripik buah meliputi:

  • Buah naga, nangka, salak, atau lainnya 10 kg
  • Minyak goreng 3 kg
  • gula pasir 350 gram
  • garam halus 100 gram
  • kapur sirih 200 gram

Untuk cara pembuatan keripik buah adalah sebagai berikut:

  1. Potong daging buah dengan ukuran disesuaikan kebutuhan.
  2. Yang penting jangan terlalu tipis agar tidak hancur saat diolah.
  3. Tuangkan kapur sirih ke wadah dan tambahkan air lalu aduk sampai rata.
  4. Masukkan potongan buah ke dalam air kapur sirih dan diamkan sekitar 3 jam.
  5. Selanjutnya angkat dan potongan buah dicuci dengan air bersih lalu tiriskan hingga buah dalam kondisi yang benar-benar kering.
  6. Siapkan mesin vacuum frying dan isi minyak. Setelah itu masukkan potongan buah yang sudah ke kering ke dalam vacuum frying. Tunggu beberapa saat sampai minyak di dalam vacuum frying tidak berbuih sebagai tanda keripik buah sudah matang.
  7. Angkat keripik yang sudah matang lalu tiriskan.
  8. Selanjutnya rebus air hingga mendidih dan masukkan gula pasir dan garam lalu aduk sampai tercampur dan larut.
  9. Masukkan keripik buah ke dalam rebusan gula tersebut lalu aduk sampai rata. Setelah itu diamkan sampai keripik buah menjadi dingin dan siap dibungkus untuk dijual atau disajikan.
BACA JUGA:  Menu Buka Puasa Untuk Orang Diet yang Simpel dan Murah

Itulah sedikit info tentang oleh-oleh keripik buah yang makin manis dan renyah saja, baik untuk cemilan maupun sebagai peluang bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here