Wisata Air Panas di Desa Totsukawa Perfektur Nara Jepang

0
253
NP Sansui008
NP Sansui008

Spesial.net – Berwisata menyusuri alam yang asri dapat menjadi salah satu cara refreshing bagi anda. Belum lagi ditambah menikmati alam sambil berendam di kolam air panas alami. Salah satu lokasi di Jepang yang memiliki banyak sumber air panas alami sehingga dijuluki “Kota Hotspring” yaitu desa Totsukawa. Kata Totsukawa (十津川) tersusun dari tiga kanji, yaitu (十 = to berarti sepuluh, 津 = tsu berarti port atau pelabuhan dan 川 = kawa berarti sungai), jadi dapat diartikan bahwa desa Totsukawa berarti desa yang dialiri sungai panjang dan memiliki banyak “pelabuhan” untuk perahu kecil. Desa yang berlokasi di perfektur Nara ini memiliki luas daerah 672,35 km2 dan dihuni oleh 3.488 orang per Januari 2017. Iklim desa ini adalah subtropis lembab, menyebabkan ketika musim panas cuaca menjadi panas lembab (di atas 30oC) dan ketika memasuki musim dingin mencapai 0oC.

Kondisi desa Totsukawa ini masih asri dikarenakan masih dikelilingi oleh pegunungan hijau. Dan di desa inilah dikenal sebagai kampung halaman beberapa samurai tangguh di zamannya. Rumah-rumah di desa ini masih mencerminkan rumah pada zaman Meiji, dan jika anda tinggal di Omorinosato, anda akan merasakan suasana kehidupan zaman Meiji dan melihat-lihat bagaimana warga setempat memancing ikan dan membuat sushi.

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa desa ini terkenal dengan “Kota Hotspring”, terdapat tiga kolam air panas yang terkenal, pemandian air panas Totsukawa, pemandian air panas Kamiyu, dan pemandian air panas Tosenji. Desa ini memang dirancang sebagai pusat wisata kolam air panas oleh Menteri Lingkungan Hidup Jepang. Semenjak tahun 2004, seluruh penduduk desa sudah berhenti menggunakan klorin atau penjernih air dan mulai membuat pemandian air panas dengan air yang mengalir sehingga air panas selalu baru. Di desa ini sudah terdapat empat rumah pemandian air panas yang dapat dinikmati anda.

BACA JUGA:  7 Kompilasi Cerita Horor di Berbagai Tempat di Kota Surabaya

Pertama, kolam air panas Totsukawa yang berlokasi yang berada di pesisir waduk Futatsuno tersedia penginapan dan pertokoan. Kolam air panas ini ditemukan pada akhir abad ke 17 yang berasal dari sungai Kamiyu dan dipercayai baik untuk pengobatan kulit dan melancarkan penyakit pencernaan serta diabetes.

Kedua, pemandian air panas Kamiyu yang air panasnya berada di kedalaman gunung dan air panasnya di dapat dari aliran hulu sungai. Ada beberapa cara menikmati kolam air panas di sini, salah satunya menikmati saat malam hari di bawah bintang-bintang. Pemandian kolam air panas luar Rotenburo membuat anda menyatu dengan alam.

Ketiga, pemandian air panas Tosenji, berlokasi di “jurang” di tengah desa Totsukawa. Memiliki nuansa kehijauan dikarenakan berlokasi di dalam lembah sehingga memberikan nuansa damai dan pemandangan indah. Selain menikmati air panas, anda juga dapat mengunjungi jembatan Tanize sepanjang 297 meter dan melewati air terjun setinggi 32 meter. Disini juga biasanya terdapat festival Yuredaiko pada tanggal 4 Agustus.

Dikarenakan desa ini sudah sangat terkenal, maka akses menuju desa ini cenderung mudah. Anda dapat mengendarai kendaraan pribadi atau juga kereta serta bis antar daerah. (Catatan: jadwal bis hanya ada pada pukul 09:15, 11:45 dan 13:45).

Beberapa destinasi wisata lainnya yang dapat anda kunjungi selain pemandian air panas, antara lain kuil Tamakijinja, berada di pedalaman hutan, cocok untuk anda yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota.

BACA JUGA:  Rekomendasi Hotel di Semarang dengan Budget Khusus Untuk Backpacker

 

 

PENULIS               : Feila Tan

EDITOR                : Nuri Ramadhan

SUMBER               : wikipedia.com, nippon.com, visitnara.jp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here