Menikmati Malam Tahun Baru di Tiga Kota di Jepang

0
261
1 Japan Magazinejntogojp
japan-magazine.jnto.go.jp

Spesial.net – Malam tahun baru memang selalu menjadi salah satu momen spesial dimanapun anda berada tak terkecuali di Jepang. Sepanjang malam tahun baru hingga awal tahun baru tiba sering bermunculan event-event spesial dan juga dimanfaatkan untuk berdoa akan hal baik menimpa di sepanjang tahun mendatang. Dan berikut tiga festival perayaan tahun baru yang selalu digelar di Jepang.

 

Hatsumode, Mengunjungi Kuil Untuk Berdoa

1 Japan Magazinejntogojp
japan-magazine.jnto.go.jp

Sudah menjadi tradisi warga Jepang untuk mengunjungi kuil terdekat untuk berdoa untuk tahun yang lalu dan tahun yang akan datang. Ritual ini disebut hatsumode. Biasanya warga Jepang menulis harapan mereka di sebuah papan kecil, kemudian menarik stik omikuji yang berisikan ramalan dan mendapatkan jimat keberuntungan agar dijauhkan dari nasib buruk dan didekatkan dengan nasib baik.

Saat tiba di kuil, pertama-tama anda harus mencuci tangan dan berkumur dengan air suci dimaksudkan untuk membersihkan diri dari roh jahat. Kemudian menuju altar dan melemparkan koin ke kotak khusus dan membungkuk dua kali serta tepuk tangan dan diakhiri oleh membungkuk lagi. Meskipun tidak ada kewajiban memakai pakaian keagamaan, sebaiknya anda tetap menggunakan pakaian yang sopan saat berkunjung.

 

Mengunjungi Dewa di Kuil Asakusa, Tokyo Dan Berjalan-Jalan Mengelilingi Kota

Thetrummytraincom
thetrummytrain.com

Warga Jepang sangat mempercayai adanya tujuh dewa keberuntungan sebagaimana diajarkan oleh ajaran Shinto dan Budha. Setiap tujuh dewa keberuntungan tersebut mewakili beberapa aspek seperti kekayaan, panjang umur, keutuhan rumah tangga dan sebagainya.

BACA JUGA:  Annyeong Haseyo! Taman Korea Sekarang Ada di Surabaya

Kuil Asakusa memang menjadi rumah pertemuan dari tujuh dewa keberuntungan tersebut. Setiap dewa keberuntungan tersebut sebenarnya memiliki kuilnya masing-masing dan berikut list dewa keberuntungan beserta letak kuilnya.

  • Daikokuten (Dewa Kekayaan) – Kuil Senso-ji
  • Ebisu (Dewa Perdagangan) – Kuil Asakusa Jinja
  • Bishamonten (Dewa Perang) – Kuil Matsuchiyama Shoden
  • Fukurokuju (Dewa Pertanian) – Kuil Imado Jinja / Kuil Yasaki Inari Jinja
  • Hotei (Dewa Kemakmuran) – Kuil Hashiba Fudoson
  • Jurojin (Dewa Panjang Umur) – Kuil Ishihama Jinja / Kuil Otori Jinja
  • Benzaiten (Dewa Air dan Bumi) – Kuil Yoshiwara Jinja

 

Mengunjungi Kuil Ise Jingu

2 Japan Magazinejntogojp
japan-magazine.jnto.go.jp

Berlokasi di kota Ise, perfektur Mie, secara resmi bernama Jingu yang berarti Kuil. Nama diambil karena kota ini memiliki kuil yang menjadi lambang kuil-kuil yang ada di Jepang. Untuk mengunjungi kuil ini, anda harus mengikuti tata cara yang baku. Kuil pertama yang harus didatangi adalah kuil Geku kemudian kuil Naiku. Dan perlu diketahui, jarak antara dua kuil ini sekitar 5 kilometer, dan anda diperkenankan untuk mengendarai bis atau transportasi lainnya. Seperti halnya pada kuil lainnya, tata cara memasuki kuil ini adalah mencuci tangan dan berkumur terlebih dahulu. Dan setelah selesai berkunjung ke kuil, anda bisa mampir ke Oharai Machi untuk sekedar berjalan-jalan atau membeli oleh-oleh.

 

Menikmati Matahari Terbit di Okinawa

BACA JUGA:  Serba Serbi Fakta Tentang Tugu Pahlawan Surabaya
3 Japan Magazinejntogojp
japan-magazine.jnto.go.jp

Salah satu hal yang menyenangkan di tahun baru adalah berhasil melihat matahari terbit pertama di awal tahun. Untuk mendapatkan matahari terbit yang menakjubkan, Okinawa menyediakan spot tersebut. Posisi matahari terbit di sini berkisar pada pukul 7:15. Di tempat ini posisi anda melihat matahari terbit berkisar 250 derajat membuatnya menjadi spot terbaik untuk melihat matahari terbit. Melihat matahari perlahan menuju atas menjadi kenikmatan tersendiri.

Salah satu spot yang sering dikunjungi untuk melihat matahari terbit di Okinawa adalah jembatan Nira-Kanai. Di sini anda bisa melihat matahari muncul dari lautan sehingga memberikan kesan yang menakjubkan. Untuk mencapai tempat ini, anda bisa memesan taxi dari bandara kota Naha. Selanjutnya, jika anda berkenan anda bisa mengunjungi Shurijo Castle Park. Di sini anda bisa menikmati festival tahunan Shinsun no Utage yang selalu diadakan pada tanggal 1 hingga 3 Januari dan hanya diadakan di kastil ini.

 

 

PENULIS               : Feila Tan

EDITOR                : Nuri Ramadhan

SUMBER               : japan-magazine.jnto.go.jp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here