Kuliner Jepang yang Paling Dicari Backpacker: Ramen, Udon dan Soba

0
572
Justonecookbookcom
justonecookbook.com

Spesial.net – Kuliner khas Jepang memang salah satu yang paling membuat penasaran para wisatawan. Semua itu karena banyak sekali acara televisi, drama atau animasi menggambarkan kelezatan kuliner negeri Sakura satu ini. Di antara jenis kuliner yang paling membuat penasaran antara lain mie khas Jepang yaitu ramen dengan resep asli. Tidak hanya enak, bahkan setiap restoran di Jepang mempunya resepnya masing-masing.

1801 Special Fukushihoken02 01
udon – ramen – soba / japan-magazine.jnto.go.jp
Klik Saja Sepuasnya!

Mie khas Jepang seperti ramen, udon dan soba merupakan kuliner paling populer dicari di Jepang dan hampir ada di setiap restoran di negara luar Jepang. Hal ini yang menyebabkan kuliner tersebut yang dicari pertama kali saat tiba di Jepang.

Ramen biasanya dihidangkan dengan berbagai jenis kuah, seperti kuah kaldu tulang babi, kecap asin, pasta miso, dan kuah asin. Dan juga ketebalan mie pun disesuaikan dengan selera konsumen. Sedangkan udon dan soba memiliki jenis kuah yang berbeda di setiap daerah, hanya saja biasanya rasa kuah udon dan soba di daerah barat Jepang lebih ringan dibandingkan rasa kuah di daerah bagian timur Jepang. Dan kota Tokyo diakui memiliki mie dengan struktur terbaik dibandingkan daerah lainnya di penjuru Jepang.

Seiring dengan terkenalnya ramen, popularitas udon dan soba pun ikut meningkat. Bahkan perlu diketahui, soba merupakan mie asli dari Jepang dibandingkan ramen yang merupakan hasil adaptasi mie asal Tiongkok. Berbeda dengan ramen yang terbuat dari tepung terigu, soba terbuat dari tepung gandum. Penyajian soba di Jepang biasanya menambahkan cabai di atas kuah kaldu panas dan juga ditambah beberapa topping seperti tempura (udang tepung) dan sansai (sayuran rebus).

BACA JUGA:  Menikmati Kerlap-Kerlip Malam di Suroboyo Night Carnival Park

Salah satu alasan soba cukup populer adalah penyajiannya yang cepat dan mudah. Bahkan beberapa restoran merancang kedainya makan sambil berdiri dan pulang. Tetapi, dalam beberapa kasus ada beberapa orang yang mempunyai alergi terhadap soba, lebih tepatnya alergi kandungan protein pada bahan bakunya. Maka dari itu, anda perlu hati-hati jika sekiranya memiliki alergi tersebut. Dan jika anda tidak mengerti bahasa Jepang, anda dapat menggunakan lembar keterangan memiliki alergi yang diterbitkan oleh Pemerintahan Tokyo. Dan untuk berhati-hati, anda lebih baik menikmati soba yang disajikan di restoran di kota Tokyo.

Sedikit berbeda dengan soba, udon memiliki karakteristik tersendiri meskipun menggunakan bahan yang sama, yaitu bentuk mie yang lebih tebal. Secara penyajian kurang lebih sama, tetapi ada satu ciri khas kuah udon dinamakan kakejiru, yang dibuat dari kecap asin, dashi, dan mirin. Tempura, aburaage, kakiage adalah beberapa topping yang biasa disajikan di atas hidangan udon.

Pada umumnya mie disajikan dalam keadaan masih panas, berbeda dengan udon yang memiliki jenis menu udon dingin yang pastinya akan aneh untuk orang yang tidak terbiasa, khususnya orang luar Jepang. Di antara semua daerah di Jepang, perfektur Kagawa merupakan daerah yang terkenal dengan sanuki udon-nya. Jenis udon satu ini sudah menjadi ciri khas dan bahkan menjadi simbol serta oleh-oleh utama daerah tersebut.

BACA JUGA:  Tips & Trick Melepas Penat Setelah Seharian Kerja di Taman Pelangi

Bukan Jepang kalau tidak serius menangani masalah seperti ini. Bahkan sebagai bukti keseriusan, Jepang melakukan inspeksi ketat tentang kontrol kebersihan makanan. Inspeksi ini meliputi pasar, restoran, hotel, and pabrik pembuatan soba. Seperti halnya pelabelan BPOM di produk Indonesia, Jepang selalu memberikan label makanan yang telah lulus uji kebersihan. Makanan yang lolos uji coba akan mendapatkan label TOKYO HYGIENE MEISTER dan pastikan anda membeli produk atau memilih tempat makan yang memiliki label ini sebagai tindakan refresif.

1 Japan Magazine.jnto.go.jp
japan-magazine.jnto.go.jp

 

 

PENULIS               : Feila Tan

EDITOR                : Nuri Ramadhan

SUMBER               : wikipedia.org, japan-magazine.jnto.go.jp/ramen-udon-soba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here