Wisata Hiking di Gunung Takao Kota Tokyo

0
250
2
japan-magazine.jnto.go.jp

Spesial.net – Jika berbicara gunung di Jepang, tentunya gunung Fuji adalah yang paling terkenal. Tetapi, tentunya ada gunung lain yang dapat anda temui di kota Tokyo khususnya, yaitu gunung Takao. Menurut sensus, gunung Takao ini berhasil menarik wisatawan yang bertujuan hiking sebanyak 2,6 juta orang dan termasuk jumlah terbanyak. Pendakian di gunung Takao ini cenderung mudah karena hanya setinggi 599 meter, sehingga bisa dibilang pendakian ceria.

Siapa sangka jika gunung ini mendapat rating 3 bintang (rating tertinggi) Michelin Green Guide dalam kategori lokasi wisata. Penilaian diambil dari kecantikan alam di antara kondisi perkotaan metropolitan dan juga kemudahan akses menuju lokasi. Dan musim terbaik menikmati hiking di gunung ini adalah saat musim gugur. Warna dedaunan yang mulai menguning akan memberikan nuansa nostalgia yang indah. Untuk mencapai gunung ini, anda bisa mengambil jalur kereta Keio di stasiun Shinjuku menuju stasiun Takaosanguchi, pintu awal gunung Takao.

 

Rute Menuju Gunung Takao

Sepanjang perjalanan menuju gunung Takao dari stasiun Shinjuku, anda bisa melihat nuansa musim gugur akan membuat anda tergugah. Saat anda tiba di stasiun Takaosanguchi akan terlihat kemegahan gedung stasiun hasil rancangan arsitek terkemuka Kengu Kuma. Terdapat beberapa rute yang bisa anda pilh, salah satunya menggunakaan kereta kabel hingga kaki gunung dan sepanjang rute menuju puncak, anda bisa singgah di kuil Takao-san Yakuoin. Rute ini kurang lebih menghabiskan waktu satu jam saja.

BACA JUGA:  Hangout Bareng Temen di Tiga Tuan Kitchen & Bar Surabaya

Setelah tiba di kaki gunung Takao, sempatkanlah untuk melihat-lihat sekitar. Jarak antara stasiun Takaosanguchi dan stasiun kereta kabel Kiyotaki berkisar menit berjalan kaki. Di tengah perjalanan menuju stasiun Kiyotaki, anda akan melihat pohon cedar berbentuk gurita sehingga diberi nama Takosugi atau Octopus Cedar. Kabarnya pohon ini sudah berumur ratusan tahun.

Di rute satu ini terdapat satu kuil sekte Budha Shingon, yaitu kuil Takao-san Yakuoin. Legenda mengatakan kuil ini merupakan rumah dari Tengu. Sepanjang jalan kecil di kuil ini berjejer lampion-lampion unik khas Jepang.

Dikarenakan gunung Takao berlokasi di antara area bercuaca panas dan area bercuaca dingin maka dari itu tetumbuhan disini memiliki karakteristik yang unik. Dan seketika anda tiba di puncak gunung Takao akan terlihat penampakan gunung Fuji yang luar biasa. Sekitar pukul 4:00 sore, akan terlihat matahari terbenam di belakang gunung Fuji akan sangat cocok jika di-upload ke sosial media.

3
japan-magazine.jnto.go.jp

 

Kuliner Khas Gunung Takao

4
japan-magazine.jnto.go.jp
5
japan-magazine.jnto.go.jp

Jika berbicara soal destinasi wisata akan kurang rasanya jika tidak berbicara kuliner khas gunung Takao. Di kaki gunung Takao, sekitaran stasiun kereta kabel, anda bisa menemukan berbagai macam restoran dan toko manisan. Anda bisa makan sambil menikmati pemandangan yang indah. Di antara beberapa makanan yang disajikan, Tororo Soba adalah yang terkenal adalah terbuat dari parutan ubi. Selain itu, terdapat juga three fortune dumpling dan tengu yaki yang perlu anda coba di sini. Jika anda berangkat pada pertengahan bulan Juni hingga pertengahan bulan Oktober, anda dapat juga singgah di restoran all you can eat (selama dua jam), Takaosan Beer Mount. Dan juga jika anda ingin mencicipi makanan asli Jepang, restoran Ukai Toriyama salah satu yang direkomendasikan. Sangat disarankan untuk pergi ke restoran ini saat makan malam.

BACA JUGA:  Melihat Jutaan Bunga Sakura Bermekaran di Kota Yoshino, Nara

Selain rute yang diceritakan di atas, masih terdapat enam rute lainnya yang bisa anda pilih sebagai alternatif. Selengkapnya bisa anda cek di link di bawah.

 

 

PENULIS               : Feila Tan

EDITOR                : Nuri Ramadhan

SUMBER               : japan-magazine.jnto.go.jp/gunung-takao

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here