Kreasi Keripik Singkong Aneka Rasa yang Renyah

0
295
Keripik Singkong
Keripik Singkong 2

SPESIAL.NET – Siapa sih yang tak suka dengan keripik singkong? Rasanya yang renyah dan asin membuatnya enak buat cemilan di saat santai. Apalagi kreasi cemilan ini makin variatif saja dengan aneka rasa yang banyak disukai, seperti rasa pedas manis, rasa keju, rasa coklat, dan sebagainya..

Keripik singkong dengan aneka rasa saat ini menjadi salah satu makanan oleh-oleh yagn sangat popular di berbagai daerah di Indonesia. Rasanya yang enak dan harganya yang murah membuat banyak orang yang menyukai cemilan ini. Bahkan Makanan ringan yang satu ini telah menjadi produk bisnis yang sangat popular dan diproduksi dari skala rumahan hingga pabrikan besar.

Keripik Singkong
Keripik Singkong

Selain bahannya yang mudah diperoleh, berlimpah, murah dan sangat dikenal masyarakat, ternyata faktor kandungan nutrisi dalam singkong juga menjadi pendorongnya. Karena itu makan cemilan keripik singkong sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Manfaat Keripik Singkong Untuk Kesehatan

Untuk diketahui saja, singkong mengandung energi sebanyak 160 kkal, protein 1,36 gr, karbohidrat sebesar 38.06 gr, total lemak 0.28 gr, dan serat 1,8 g. Yang menarik, singkong tidak mengandung kolesterol. Singkong juga kaya dengan folat (vitamin B9), vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin E, niacin , pyridoxine, riboflavin, thiamin, dan berbagai mineral penting lainnya.

Singkong juga merupakan sumber energi yang penting untuk tubuh, baik dua kali lebih besar ketimbang kentang. Karena itu singkong bis amenjadi pengganti nasi namun tanpa kandungan kolesterol. Bahkan kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat untuk diet menurunakan berat badan dan mencegah obesitas. Bahkan singkong juga bebas gluten sehingga baik untuk pasien penyakit celiac dan pengidap autism.

BACA JUGA:  Resep Camilan dari Tahu yang Murah Meriah Tapi Bergizi

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Aneka Rasa

Resep Keripik Singkong Original

Bahan yang diperlukan terdiri dari :

  • Singkong 1 Kg
  • Kapur Sirih 1 sdm
  • Garam 5 sdm
  • Gula Pasir 2 sdm
  • Bawang Putih 5 siung
  • Bawang Merah 8 siung
  • Minyak Sayur

Untuk cara membuat keripik singkong adalah sebagai berikut:

  1. Kupas singkong lalu cuci hingga bersih. Setelah itu potong singkong tipis-tipis, bisa gunakan pisau atau alat pemotong.
  2. Siapkan wadah besar dengan air putih lalu tambahkan kapur sirih dan aduk. Masukkan juga bahan bumbu seperti garam, minyak sayur, bawang yang sudah dihaluskan ke wadah kapur sirih dan aduk rata.
  3. Masukkan potongan singkong ke dalam wadah kapur sirih dan bumbu lalu rendam sekitar 1 jam. Setelah itu tiriskan hingga kering sebelum digoreng.
  4. Goreng singkong hingga matang. Untuk hasil sempurna, sebaiknya gunakan dua penggorengan yang sudah berisi minyak sayur. Penggorengan pertama dengan api sedang dan singkong digoreng hingga setengah matang. Sedangkan penggorengan kedua dengan api besar untuk hingga benar-benar matang.
  5. Setelah matang lalu angkat dan tiriskan di atas kertas Koran bekas agar minyaknya cepat hilang dan keripik singkong renyah pun siap disajikan.

Keripik Singkong Balado Pedas Manis

Bahan yang diperlukan terdiri dari :

  • singkong 1 kg
  • minyak goreng

Bahan bumbu terdiri dari:

  • cabe besar 100 gr
  • bawang putih 5 siung
  • bawang merah 2 siung
  • penyedap rasa atau kaldu 1/2 sdt
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
BACA JUGA:  Resep Makanan Buka Puasa Manis yang Simpel Bikinnya

Cara untuk membuat keripik singkong rasa pedas manis adalah sebagai berikut:

  1. Singkong dikupas kulitnya dan cuci hingga bersih.
  2. Potong dan iris singkong tipis-tipis. Agar hasil irisan sempurna bisa gunakan alat pemotong singkong. Setelah itu cuci dengan air bersih dan tiriskan.
  3. Semua bumbu dihaluskan dan ditumis. Tambahkan air dan tunggu hingga agak garing bumbunya dan tambaahkan kaldu jika perlu.
  4. Goreng singkong hingga agak keemasan.
  5. Campurkan singkong yang sudah digoreng dalam campuran bumbu dan aduk hingga rata. Keripik singkong rasa pedas manis pun siap disajikan.

Itulah kreasi keripik singkong aneka rasa yang bisa dibuat dirumah untuk cemilan renyah dan juga menyehatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here