Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Tanah yang Wajib Anda Tahu

0
376
Manfaat Kacang Tanah
Manfaat Kacang Tanah

SPESIAL.NET – Tahukah anda jika manfaat kacang tanah untuk kesehatan ternyata tak bisa dianggap remeh. Cemilan yang kerap dihindari para remaja karena dianggap bisa menimbulkan jerawat ini ternyata cukup ampuh untuk menangkal berbagai penyakit kronis loh.

Kacang tanah merupakan bahan makanan yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat kita. Selain diolah langsung dengan direbus atau digoreng, rasanya yang enak membuatnya disukai banyak orang. Bahkan kacang tanah juga bisa diolah menjadi aneka makanan yang lezat, seperti peyek kacang, bahan pelengkap sayuran, dibuat pecel, dan aneka olahan menu lainnya.

Manfaat Kacang Tanah
Manfaat Kacang Tanah

Untuk kandungan gizinya, kacang tanah termasuk sumber nutrisi yang sangat baik khususnya dibandingkan jenis kacang-kacangan lainnya. Seperti dikutp dari beberapa publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam 100 gram kacang tanah mengandung energi sebanyak 525 kkal, karbohidrat sebesar 17,4 gram, protein 27,9 gram, dan lemak 42,7 gram.

Selain itu dalam jenis kacang ini juga terkandung sejumlah mineral dan vitamin penting, seperti fosfor 456 mg, kalsium 315 mg, zat besi 5,7 mg, vitamin B1 sebanyak 0,44 miligram, 10 gram lemak jenuh, 12 gram serat, dan kaya akan antioksidan.

Khasiat dan Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan

Kacang tanah merupakan sumber gizi terbaik dibandingkan bahan pangan jenis polong-polongan lainnya. Ada beragam khasiat dan manfaat kacang tanah untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

BACA JUGA:  Tips Mengonsumsi Daging Untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Sebuah kajian menemukan bahwa makan kacang tanah setidaknya selama seminggu mampu menurunkan resiko kanker usus besar hingga mencapai 58 persen untuk wanita dan untuk pria hingga 27 persen. Konsumsi yang disarankan adalah dengan merebus kacang tanah dan bukan digoreng agar nutrisinya terjaga.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan asam oleat dalam kacang tanah berfungsi untuk menurunkan resiko kardiovaskuler sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kacang tanah juga berguna untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kandungan kolesterol jahat, maupun membantu melebarkan pembuluh darah dan mencegah pengerasan arteri.

Menangkal Penyakit Batu Empedu

Mengkonsumsi kacang tanah dalam jumlah yang cukup diketahui dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit batu empedu.

Mencegah Penyakit TBC

Kandungan arginin dalam kacang tanah berfungsi merangsang produksi nitrogen monoksida yang berguna untuk melawan bakteri TBC (Tuberkulosis).

Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Kacang tanah juga mempunyai sifat anti racun yang berguna untuk menangkal racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Meningkatkan Sel-Sel Otak dan Mengurangi Depresi

Kandungan asam lemak dalam kacang tanah sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi sel-sel syaraf otak. Asam amino esensial dan tryptophan dalam kacang ini juga berfungsi merangsang sorotonin dalam mengendalikan mood dan memberikan efek anti depresi atau stress.

Melindungi Janin dan Ibu Hamil

Kandungan asam folat dalam kacang tanah sangat baik untuk mendukung pertumbuhan janin selama dalam kandungan dan mencegah janin dari kecacatan. Karena itu ibu yang sedang hamil sangat disarankan juga mengkonsumsi kacang tanah.

BACA JUGA:  5 Camilan Tinggi Serat Untuk Anda yang Sedang Diet

Khasiat Kacang Tanah untuk Diet

Selain manfaatnya untuk kesehatan, kacang tanah ternyata juga berkhasiat untuk mendukung program diet dan meningkatkan kecantikan wanita. Sejumlah penelitian menemukan bahwa orang yang sering ngemil kacang tanah malah lebih berhasil dalam menurunkan berat badannya. Hal ini karena kandungan serat dalam cemilan ini bisa membuat kenyang lebih lama.

Kandungan kalori dalam kacang tanah merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal sehingga tidak mengganggu berat badan. Namun konsumsi kacang tanah untuk diet yang disarankan adalah sebanyak segenggam tangan saja setiap harinya. Tidak lebih dari itu.

Itulah informasi tentang kandungan nutrisi beserta manfaat kacang tanah untuk kesehatan mmaupun untuk mendukung program diet yang sebaiknya anda tahu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here