Keripik Bayam, Renyah Rasanya Renyah juga Gizinya

0
160
Keripik Bayam
Keripik Bayam

SPESIAL.NET – Keripik bayam merupakan cemilan yang sudah cukup popular di masyarakat. Rasanya yang gurih renyah sangat disukaiorang dari berbagai kalangan dan usia. Dari anak-anak hingga orang tua, dari tukang becak hingga artis banyak yang menyukai makanan ringan ini.

Keripik yang dibuat dari daun bayam ini merupakan kreasi olahan pangan yang cukup cerdas. Seperti kita maklum, anak-anak yang seharusnya membutuhkan banyak sayuran yang kaya gizi untuk tumbuh kembangnya justru kurang menyukai sayur, termasuk sayur bayam. Karena itulah bayam yang dibuat keripik ini menjadi olahan alternatif bagi anak-anak agar nutrisi bayamnya bisa masuk.

Namun apakah olahan keripik ini akan mengubah kandungan nutrisi dan gizi dalam bayam? Ternyata, sejumlah kajian tentang nutrisi keripik ini masih memperlihatkan fakta yang menggembirakan. Seperti pada sayuran bayam, dalam 100 gram keripik ini juga masih menjadi sumber energi yang cukup tinggi, yaitu mencapai 586 kkalori.

Keripik Bayam
Keripik Bayam

Begitu juga untuk kandungan gizi lainnya, seperti karbohidrat sebesar 50,2 gram, protein 4,9 gram, lemak 40,6 gram, fosfor 117 mg, kalsium 236 mg, dan zat besi sebanyak 3,6 mg. Kripik Bayam juga mengandung sejumlah vitamin penting, seperti vitamin A sebanyak 0 IU dan vitamin B1 0,16 mg.

Manfaat Keripik Bayam untuk Kesehatan

Seperti bayam yang digunakan dalam keripik ini, manfaatnya untuk kesehatan tentu saja sangat besar. Diantaranya kandungan senyawa flavonoid dalam cemilan ini merupakan antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas penyebab kanker.

BACA JUGA:  Cara Membuat Keripik Nangka Cemilan Manis yang Kaya Gizi

Cemilan ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko tekanan darah tinggi, maupun mencegah peradangan (seperti peradangan tenggorokan, radang kulit, radang lambung, dan lainnya).

Selain itu, kandungan kalium dan folat cukup tinggi dalam keripik bayam juga baik untuk melawan sodium dalam tubuh yang bisa menyebabkan hipertensi. Keripik ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes, melumasi bagian persendian sehingga bisa menjaga kekuatan tulang dan sendi, mencegah osteoporosis pada lansia, dan membantu pertumbuhan tulang pada anak.

Cara Membuat Keripik Bayam yang Renyah dan Enak

Cara membuat keripik bayam yang renyah dan enak ternyata cukup mudah. Dengan bahan baku sayuran bayam yang murah dan mudah dipeorleh, cemilan sehat ini juga cukup prospektif untuk dijadikan laahan bisnis. Bahkan sejumlah pabrikan sudah ada yang mulai memproduksi dan memasarkan cemilan keripik bayam ini.

Resep Keripik Bayam

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik bayam terdiri dari :

  • bayam ukuran besar 3 ikat
  • tepung beras 125 gram
  • tepung maizena 3 sdm
  • minyak goreng

Bahan untuk membuat bumbu halus :

  • bawang putih 5 siung
  • kunyit 2 cm
  • ketumbar ½ sdt
  • kemiri 2 butir disangrai
  • garam secukupnya

Cara dalam membuat keripik bayam adalah sebagai berikut:

  1. Sebelummnya buat bumbu halus dengan mencampurkan semua bahan dan ditumbuk hingga halus.
  2. Petik dan pisahkan daun bayam dari batangnya lalu cuci bersih dan tiriskan.
  3. Siapkan wadah dan masukkan tepung beras, tepung maizena, dan bumbu halus yang telah dibuat lalu aduk sampai rata.
  4. Tuangkan air bersih perlahan dan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai tercampur rata dan menjadi adonan.
  5. Celupkan daun bayam ke dalam adonan hingga tertutup.
  6. Selanjutnya goreng keripik bayam sampai matang atau hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.
  7. Setelah matang lalu angkat dan tiriskan. Masukkan toplet dan siap disajikan.
BACA JUGA:  Kreasi Keripik Pisang Aneka Rasa yang Nikmat untuk Cemilan di Rumah

Demikianlah cara membuat keripik bayam yang bisa Anda coba di rumah untuk camilan sehat yang gurih dan renyah bersama anak-anak dan keluarga, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here