Kripik Usus, Cemilan Berbahaya atau Bermanfaat?

0
759
Keripik Usus
Keripik Usus

SPESIAL.NET – Kripik usus merupakan salah satu jenis cemilan yang sangat popular. Makanan jeroan hewani sudah umum dikonsumsi dan sangat disukai masyarakat Indonesia. Selain usus, ada juga ati, gajih, dan ampela yang kerap diolah jadi olahan sayuran atau digoreng. Ada juga kaki dan ekor sapi yang sering dijadikan sop.

Selain enak rasanya, jeroan juga fleksibel untuk diolah menjadi aneka menu makanan. Apalagi makan makanan jeroan juga dapat menghemat biaya harian. Yang menarik, selain jeroan, masyarakat juga sangat pandai dalam memanfaatkan setiap bagian hewan untuk diolah menjadi beragam menu. Dari cakar (kaki) ayam hingga bagian kepala tetap bisa diolah dan dimakan dengan rasa yang enak.

Keripik Usus
Keripik Usus

Meskipun sudah umum jadi bahan makanan bagi masyarakat, namun tak sedikit juga yang ragu terhadap makanan jeroan tersebut, termasuk keripik atau kripik usus ayam. Apakah makanan jeroan itu tidak mengandung kolesterol tinggi yang berbahaya untuk kesehatan? Adakah manfaat cemilan semacam itu?

Bahaya dan Manfaat Kripik Usus

Kripik usus dibuat dari usus ayam yang diolah dengan cara digoreng. Seperti halnya makanan jeroan lainnya, keripik usus ayam juga mengandung tinggi kolesterol yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Sejumlah kasus yang muncul terkait makanan jeroan adalah ditemukannya bakteri yang menempel pada usus yang telah mengalami pembusukan.

Karena itulah jika ingin mengolah jeroan ataupun usus ayam menjadi makanan atau cemilan sebaiknya pilih bahan jeroan yang baru dan bersih. Begitu dalam proses pengolahannya juga harus memperhatikan cara higienitas agar hasilnya berkualitas dan memberikan manfaat.

BACA JUGA:  Menu Buka Puasa Sehat dari Tempe yang Unik dan Lezat

Selain potensi baahaya di atas, kripik usus ayam ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Dikutip dari sejumlah sumber, dalam setiap 100 gram usus ayam goreng mengandung energi sebanyak 473 kkalori, karbohidrat 13,9 gram, protein 45,2 gram, dan kandungan lemaknya sebanyak 26,3 gram.

Selain itu kripik usus juga mengandung mineral penting lainnya, seperti kalsium sebanyak 1407 mg, fosfor 458 mg, zat besi 8,4 mg, vitamin A 20 IU, dan vitamin B1 0,57 mg.

Selain itu cemilan kripik usus ternnyata sangat bermanfaat untuk kesehatan loh. Diantaranya untuk mengatasi penyakit beser dan wasir atau ambeien. Jeroan ini juga baik untuk membantu asupan gizi anak-anak yang kurang gizi. Sedangkan untuk anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dan asam urat sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi cemilan ini.

Resep Kripik Usus Super Kriuk

Buat anda yang ingin membuaat sendiri kripik usus yang berkualitas, sebaiknya pilih bahan usus ayam yang masih segar. Begitu juga dalam proses pengolahannya, bersihkan usus hingga benar-benar bersih sebelum diolah.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kripik usus terddiri dari:

  • usus ayam 250 gram
  • garam 1 sdt
  • kapur sirih 1 sdt
  • air perasan jeruk nipis 1 sdt

Untuk bahan bumbu halus terdiri dari:

  • bawang putih 3 siung
  • kunyit 1 ruas
  • kemiri 1 butir
  • ketumbar 1/4 sdt
  • merica secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
BACA JUGA:  Resep Makanan Ringan Kekinian dengan Bahan Tempe yang Unik

Bahan untuk membuat tepung krispi terdiri dari :

  • tepung terigu 15 sdm
  • tepung maizena 3 sdm
  • daun jeruk secukupnya

Sedangkan untuk cara membuat kripik usus ikuti langkah berikut:

  1. Terlebih dahulu cuci bersih usus dengan air mengalir hingga bersih dan kesat. Setelahitu potong-potong sesuai selera.
  2. Larutkan kapur sirih dalam baskom lalu tambahkan garam dan air jeruk nipis lalu aduk rata.
  3. Tuangkan usus ke dalam baskom dantambahkan air hingga usus terendam. Diamkan ssekitar 30 menit lalu cuci usus hingga bersih dan tiriskan.
  4. Tumbuk halus semua bahan bumbu lalu lumurkan pada usus sambil diremas-remas dan diamkan sekitar 30 menit.
  5. Campurkan bahan tepung terigu, tepung maizena, dan irisan daun jeruk lalu aduk hingga tercampur rata.
  6. Gulingkan usus ke dalam bahan tepung sambil ditekan-tekan.
  7. Setelah itu goreng usus sampai benar-benar garing.
  8. Angkat dan tiriskan lalu simpan dalam wadah atau toples tertutup.

Itulah informasi tentang kripik usus yang enak dan juga bermanfaat untuk kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here