Tahu Gejrot, Cemilan Sederhana Murah Tapi Penuh Gizi

0
193
Tahu Gejrot
Tahu Gejrot

SPESIAL.NET – Sudah pernah mencoba mencicipi tahu gejrot, cemilan sederhana khas Bandung yang banyak disukai penggemar kuliner. Meskipun harga yang cukup murah, namun makanan ringan ini selalu bikin kangen. Apalagi kalau sudah mulai makan satu buah, maka tidak akan berhenti hingga semua tahu yang ada dalam piring habis…hehehe.

Rasa lezat cemilan ini terutama dari rasanya yang campur-campur hasil kolaborasi antara cita rasa tahu dengan bumbu kuah pedas asam manis yang bakal membuat lidah bergoyang. Apalagi kalau disantap saat sore hari sehabis pulang kerja dan ditemani teh atau kopi panas dan istri tercinta…ehm dunia serasa milik berdua.

Nutrisi Dan Manfaat Cemilan Sederhana dari Tahu Gejrot

Bahan baku yang sangat murah dan cara membuatnya yang cukup mudah banyak ibu-ibu yang selalu menyempatkan waktu untuk membuatnya sebagai cemilan di rumah. Yang menarik, jajanan ini kaya dengan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Tahu Gejrot
Tahu Gejrot

Resep tahu gejrot dibuat dari bahan tahu yang mengandung banyak gizi, seperti protein, karbohidrat, lemak, fosfor, kalium, kalsium, dan berbagai vitamin B-kompleks (seperti thiamin dan riboflavin), vitamin B12, vitamin E, dan berbagai mineral penting lainnya.

Tahu juga dikenal sangat baik untuk perbaikan gizi bagi anak-anak yang kekurangan gizi. Hal ini karena tahu memiliki kandungan protein nabati terbaik dengan komposisi asam amino yang terbilang paling lengkap. Bahkan daya cerna nutrisi makanan ini cukup tinggi, yaitu mencapai 85 % hingga 98 %.

BACA JUGA:  Popularitas Garuda Food Serenyah Produk Cemilannya

Kandungan kolesterol dalam tahu juga sangat rendah namun kaya serat. Kandungan hidrat arang dan kalori dalam tahu juga rendah yang menjadikan tahu sangat baik untuk menu diet rendah kalori. Dengan kandungan sekitar 80 % asam lemak tak jenuh dan kemaampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat membuat tahu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kandungan kalium dan kalsium dalam tahu juga bermanfaat dalam mendukung terbentuknya kerangka tulang. Yang lebih menarik, rahasia khasiat tahu justru terletak pada kandungan isoflavon yang mengandung hormone estrogen yang berguna untuk menangkal kanker payudara dan memperlambat penuaan dini.

Resep Tahu Gejrot sebagai Cemilan Sederhana dan Murah

Sudah penasaran ingin tahu bagaimana sih cara membuat cemilan sederhana dan murah ini di rumah? Yuk langsungg saja simak resep tahu gejrot yang mudah dibuat berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tahu gejrot antara lain:

  • tahu sumedang 10 buah
  • kecap manis 1 sdm
  • gula merah disisir halus 100 gram
  • asam jawa 2 sdt

Bahan untuk membuat bumbu halus:

  • cabai merah 3 buah
  • bawang putih 1 siung
  • bawang merah 2 siung
  • garam secukupnya

Bahan untuk membuat bumbu tumbuk:

  • cabai rawit hijau 10 buah
  • bawang putih 1 siung
  • bawang merah 3 siung

Cara membuat tahu gejrot silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Siapkan semua bahan dan bumbu lalu tumbuk dalam bentuk kasar ataupun halus sesuai selera.
  2. Masukkan bumbu yang sudah ditumbuh ke dalaam panci dan tambahkan air, gula merah, dan garam lalu masak sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih lalu angkat dan tuang di wadah lain.
  4. Potong tahu sumedang di atas piring dalam beberapa bagian lalu siramkan dengan bumbu yang sudah dimasak.
  5. Tahu gejrot pun siap dihidangkan dan disantap.
BACA JUGA:  Kerupuk Bawang, Manfaat dan Tips Membuatnya yang Wajib Anda TahuKerupuk Bawang, Manfaat dan Tips Membuatnya yang Wajib Anda Tahu

Cukup mudah kan cara membuatnya? Untuk bahan tahu, selain dengan tahu sumedang anda juga bisa menggunakan tahu goreng atau tahu kopong coklat yang banyak dijual di pasar. Namunn saat membeli bahan tahu ini pilih yang bersih dan segar. Semoga resep tahu gejrot dan cara membuat cemilan sederhana dari tahu yang murah dan penuh gizi ini bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here