Kuaci Rebo, Cemilan Aneka Rasa dan Bergizi

0
339
Kuaci Rebo
Kuaci Rebo

SPESIAL.NET – Nama kuaci rebo belakangan sedang popular dan banyak dicari. Olahan cemilan kuaci yang sangat disukai masyaraat ini dilakukan lebih kekinian. Rasanya pun tak hanya original namun juga tersedia dalam beberapa varian rasa yang membuatnya tampil beda.

Kuaci atau kwaci adalah jenis cemilan yang sangat digemari, bukan hanya anak-anak saja namun juga banyak orang dewasa yang menyukai makanan imut ini. Rasanya yang asin dan cara makannya yang unik membuatnya jadi cemilan paling mengasyikkan.

Kuaci Rebo
Kuaci Rebo

Tapi tahukah anda jika kuaci ternyata bukan cemilaan asli Indonesia. Yaps, seperti dikutip dari berbagai sumber, kuaci berasal dari Peru dan Meksiko. Cemilan ini kemudian menyebar ke berbagai negara dan mulai popular pada tahun 1700. Di sejumlah negara, seperti Hungaria, Rumania, Jerman, Rusia, dan Amerika Serikat budidaya dan pembuatan kuaci dilakukan secara besar-besaran.

Kandungan Gizi dan Manfaat Kuaci

Cemilan berbentuk kecil imut ini ternyata memiliki manfaat yang tidak kecil untuk kesehatan tubuh. Dalam setiap ons kuaci, ada banyak kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya, seperti karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B-6 dan B-12, vitamin C, dan beragam mineral.

Selain itu juga terdapat kandungan vitamin E yang mencapai 30 persen dan sangat berguna sebagai antioksidan, mencegah gangguan syaraf, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Kuaci juga bermanfaat memperkuat email gigi dan kesehatan tulang.

BACA JUGA:  100 Rekomendasi Destinasi Wisata dan Kuliner Instagramable di Surabaya

Yang menarik, kuaci juga mengandung asam likoleat yang berfungsi untuk mengurangi endapan kolesterol pada dinding pembuluh darah sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu kuaaci jugaa bermanfaat untuk mencegah kanker, mencegah anemia, meringankan sakit arthritis, mencegah kerusakan sel tubuh, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu kuaci juga bisa mengurangi nafsu makan. Namun kandungan Omega 6 dalam kuaci ternyata mampu memasok energi yang cukup besar untuk tubuh sehingga cemilan ini cocok untuk anda yang ingin melakukan diet menurunkan berat badan.

Resep Cara Membuat Kuaci Rebo Aneka Rasa

Resep Kuaci Rebo Original

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuaci rebo antara lain:

  • biji bunga matahari (bisa juga menggunakan biji semangka)
  • kayu manis
  • serai
  • pandan wangi
  • air kapur
  • garam

Cara membuat kuaci rebo adalah sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu biji-biji bunga matahari direndam dalam air kapur beberapa saat lalu dikeringkan hingga benar-benar kering.
  2. Setelah itu masak air ramuan dengan tambahan kayu manis, serai, pandan wangi, dan garam sampai mendidih lalu dinginkan.
  3. Setelah itu masukkan semua biji tersebut ke dalam air ramuan dan aduk sekitar setengah jam agar biji-biji tersebut mudah dipecahkan. Setelah itu tiriskan, keringkan, dan kuaci pun siap disajikan.

Resep Kuaci Rebo Aneka Rasa

Selain rasa original yang popular dengan rasa asinnya, ternyata kuaci kekinian juga sudah banyak dijual dengan beragam rasa yang unik dan memberikan sensasi tersendiri. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah sebagai cemilan sehat untuk keluarga loh.

BACA JUGA:  Menu Buka Puasa Irit dengan Masakan Simpel Tapi Bergizi

Salah satu tips pentingnya adalah dengan menambahkan sejumlah bumbu pada resep kuaci original di atas. Beberapa jenis bumbu tambahan untuk menghasilkan aneka rasa kuaci antara lain rasa pedas, rasa manis, rasa jeruk, dan lainnya.

Kuaci Rasa Pedas Manis

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuaci rasa manis dan pedas adalah:

  • gula jawa coklat 3 sdm
  • bubuk cabai 1 sdm
  • bubuk jinten 1 sdt
  • kayu manis 1/2 sdt
  • cengkeh bubuk sejumput
  • cabai rawit 1/2 sdt
  • garam 3/4 sdt
  • cabai giling kasar kering (chili flake) 3/4 sdt

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu biji-biji bunga matahari dikupas kulitnya.
  2. Setelah itu masukkan biji kuaci yang telah dikupas dalam putih telur kocok yang berguna agar bumbu menempel pada biji dengan sempurna.
  3. Setelah itu uleg dan haluskan semua bumbu lalu masukkan biji kuaci ke dalamnya. Aduk hingga kuaci terlapisi bumbu.
  4. Setelah itu panggang biji kuaci hingga masak. Angkat dan sajikan.

Itulah informasi tentang manfaat dan cara membuat kuaci rebo sebagai cemilan murah meriah dan bergizi untuk keluarga anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here