Ragam Kacang-Kacangan dan Manfaatnya yang Belum Banyak Diketahui

0
248
Kacang Kacangan
Kacang Kacangan

SPESIAL.NET – Istilah kacang-kacangan merupakan sebutan untuk menunjuk bahan makanan berbentuk biji-bijian. Makanan ini kebanyakan berasal dari tanaman famili Fabaceae. Meskipun demikian ada beberapa jenis tanaman kacang–kacangan, buncis, kapri, dan edamame yang menurut FAO tidak disebut kacang-kacangan.

Makanan kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan dan sumber energi yang sangat dibutuhkan tubuh. Nutrisi yang banyak terdapat dalam bahan makanan ini antara lain protein, karbohidrat kompleks, folat, zat besi, vitamin, beragam jenis mineral, dan lemak sehat.

Makanan berbentuk biji ini juga kaya dengan kandungan seratnya yang sangat baik untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol darah sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Serat juga berguna bagi yang ingin melaksanakan diet untuk menurunkan berat badannya.

Kacang Kacangan
Kacang Kacangan

Sebuah laporan dari American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi atau ada unsur bahan kacang dalam menu harian mereka secara rutin mampu menurunkan berat badan dan ukuran lingkar pinggang mereka.

Kandungan asam folat dalam kacang ternyata juga baik untuk ibu hamil. Asam folat berfungsi untuk pertumbuhan janin selama dalam kandungan. Nutrisi ini juga baik untuk proses regenerasi sel-sel baru dan melindungi tubuh dari kanker.

Namun perlu diketahui bahwa dalam kacang merah dan beberapa jenis kacang mentah lainnya diketahui terdapat racun toksin lektin fitohaemagglutinin yang tidak baik untuk kesehatan. Namun racun ini mudah hancur dengan cara memasaknya hingga mendidih selama sekitar 10 menit.

BACA JUGA:  7 Olahraga yang Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Olahan makanan dari kacang-kacangan dengan cara difermentasi banyak dilakukan di berbagai negara miskin di Afrika untuk menjadi makanan sumber protein utama mereka. Cara fermentasi selain untuk membersihkan toksin, juga mampu meningkatkan nilai nutrisi dari tepung kacang tersebut.

Ragam Jenis Kacang-kacangan Sehat

Ada banyak sekali jenis kacang-kacangan yang sudah dikenal dunia pengetahuan. Namun untuk kepentingan konsumsi yang sehat, tidak semuanya perlu dikonsumsi. Berikut ini jenis kacang-kacangan yang dikethaui paling banyak mengandung nutrisi yang baik dan sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

1. Kacang Tanah

Kacang tanah termasuk jenis kacang yang paling familiar bagi masyarakat kita. Dalam makanan ini terkandung banyak kalori, protein, dan serat yang baik untuk kesehatan. Zat antioksidan dalam kacang tanah juga berperan dalam meningkatkan produksi oksida nitrat yang mampu melebarkan pembuluh darah sehingga bisa mencegah serangan stroke.

2. Kacang Kenari

Kandungan zat antioksidan dalam kacang kenari termasuk yang tertinggi dibandingkan jenis kacang lainnya. Kacang jenis ini juga kaya dengan kandungan asam lemak omega 3 yang berfungsii dalam melawan peradangan dan memperlambat penuaan dini.

3. Kacang Almond

Jenis kacang yang satu ini termasuk yang paling rendah kandungan kalorinya. Kacang almond juga kaya vitamin B2, vitamin E, biotin, dan serat. Selain bermanfaat dalam menurunkan kolesterol, kacang ini juga baik untuk menekan risiko penyakit jantung dan untuk diet.

BACA JUGA:  Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berenang

4. Kacang Kedelai

Kacang kedelai juga termasuk popular dan sudah lama dikenal dalam khasanah makanan di Indonesia. Berdasarkan temuan arkeologis, tanaman ini sudah dibudidayakan masyarakat Asia Timur sejak 3500 tahun lalu. Uniknya, baru setelah tahun 1910, kedelai baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia. Bahkan Amerika Serikat adalah penghasil kedelai utama dunia saat ini.

Dari kacang inilah diolah menjadi aneka makanan penuh gizi, seperti kecap, tempe, dan tahu. Kedelai juga merupakan sumber protein dan minyak nabati yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Selain kaya protein, kedelai juga mengandung lemak rendah, sumber vitamin K yang tinggi yang penting untuk penyerapan kalsium dalam tubuh.

5. Kacang Pecans

Kacang pecans diketahui kaya dengan sterol, senyawa alami yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan vitamin B3, asam oleat, maupun zat antioksidan dalam kacang ini juga cukup tinggi.

Itulah berbagai jenis kacang-kacangan yang sangat baik dikonsumsi dalam menu harian agar memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here