Kerupuk Bawang, Manfaat dan Tips Membuatnya yang Wajib Anda TahuKerupuk Bawang, Manfaat dan Tips Membuatnya yang Wajib Anda Tahu

0
320
Kerupuk Bawang
Kerupuk Bawang

SPESIAL.NET – Anda tentu tahu atau malah sering ngemil kerupuk bawang. Kerupuk yang kebanyakan berwarna putih ini amatlah popular, baik sebagai cemilan lepas ataupun sebagai teman makan nasi. Harganya yang amat murah dan ranya yang enak dan renyah membuat banyak orang yang menyukainya.

Untuk bisa makan kerupuk yang satu ini amatlah mudah karena banyak warung atau toko kelontong yang menjualnya dalam bentuk mentah. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri ternyata juga amat mudah loh. Anda juga bisa berkreasi dengan memberikan tambahan rasa sesuai selera agar lebih enak.

Keistimewaan yang membuat banyak orang menyukai kerupuk bawang adalah rasanya yang renyah dan gurih. Sekali mencicipi kerupuk ini biasanya tak akan pernah berhenti ngemil hingga isi toples benar-benar habis. Kerupuk ini memang kerap membuat ketagihan.

Kerupuk Bawang
Kerupuk Bawang

Banyaknya orang yang menyukai cemilan ini sebenarnya memberikan peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Tidak diperlukan peralatan mahal untuk membuatnya. Apalagi bahan bakunya juga banyak dijual di pasar dengan harga yang sangat murah.

Adakah Manfaat Kerupuk Bawang untuk Kesehatan?

Meskipun terkesan sebagai cemilan yang tidak bergizi, ternyata kerupuk bawang juga ada manfaatnya untuk kesehatan loh. Hal ini terutama dari bahan bumbunya yang menggunakan bawang putih dan bawang merah. Bawang adalah tanaman umbi yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.

Begitu juga dengan bahan tepung terigu dalam kerupuk ini juga mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan. Diantaranya vitamin B2, asam folat, thiamine mononitrate (vitamin B1), ascorbic acid, amylase, dan azodicarbonamide. Kandungan itu bermanfaat sebagai sumber energy dan protein, memelihara sel-sel tubuh, hingga menekan risiko anemia.

BACA JUGA:  Cara Membuat Cemilan Sederhana dari Umbi Talas yang Bergizi

Namun kerupuk bawang yang digoreng dengan minyak goreng tidak baik untuk anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Karena itu sebaiknya jangan berlebihan dalam ngemil cemilan ini.

Berikut ini manfaat kerupuk bawang untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu:

  1. Nutrisi dalam kerupuk bawang juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda.
  2. Kandungan karbohidrat dan lemak dalam kerupuk ini juga memberikan energi meski dalam kadar yang rendah.
  3. Senyawa sulfida alil dalam kerupuk bawang juga berguna sebagai anti kanker.
  4. Sejumlah mineral penting dalam kerupuk bawang juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan melncarkan peredaran darah sehingga baik juga untuk kesehatan jantung.
  5. Senyawa kromium dalam kerupuk ini juga bisa membantu menurunkan kandungan lemak tubuh sehingga baik untuk kesehatan.

Cara Membuat Kerupuk Bawang Mentah

Tertarik untuk membuat sendiri kerupuk bawang yang renyah dan gurih, berikut ini cara membuat kerupuk bawang mentah yang bisa untuk sajian keluarga maupun dijadikan lahan bisnis baru.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kerupuk bawang antara lain:

  • tepung terigu 500 gram
  • bawang putih 5 siung
  • bawang merah 5 siung
  • merica bubuk 1/2 sdt
  • ketumbar bubuk 1 sdt
  • soda kue 1 sdm
  • garam 2 sdt
  • minyak goreng
  • air matang

Cara membuat kerupuk bawang mentah silahkan lihat di bawah ini:

  1. Ulek bawang putih dan bawang merah hingga halus lalu tambahkan tepung, ketumbar, merica, soda kue, garam dan air dan aduk hingga rata dan menjadi adonan yang kalis.
  2. Lapisi adonan dengan menggunakan daun pisang atau plastic lalu kukus sekitar 3 hingga 4 jam atau sampai adonan matang.
  3. Setelah matang, iris tipis-tipis lalu letakkan di atas tampah atau tripleks dan jemur sampai benar-benar kering.
  4. Setelah itu angkat dan masukkan toples. Jika anda ingin menjual atau dijadikan bisnis, masukkan plastik dan timbang beratnya sesuai rencana bisnis anda.
BACA JUGA:  Manfaat Kacang Almond dan Resep Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Untuk cara menggoreng kerupuk bawang yangn renyah adalah sebagai berikut:

  1. Goreng kerupuk bawang mentah dengan api kecil hingga matang.
  2. Setelah matang lalu angkat dan tiriskan di atas kertas koran biar minyaknya terserap. Masukkan toples dan kerupuk bawang siap disajikan sebagai cemilan atau teman makan nasi.

Itulah informasi tentang manfaat dan cara membuat kerupuk bawang yang semoga bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here