Inilah Lukisan David Hockney Yg Terjual 90 Juta Dolar atau 1,3 Triliun Rupiah

0
484
David Hockney Painting Pool With Two Figures Via Spesial.net

Spesial.net Inilah Lukisan David Hockney Yg Terjual 90 Juta Dolar atau 1,3 Triliun Rupiah. Jika Anda penggemar karya seni, nama David Hockney mungkin sudah tidak asing lagi di telinga.
Ya! Anda benar. David Hockney adalah seorang seniman brilian dan bertalenta asal Inggris yang sangat berpengaruh dalam perkembangan seni pop pada era 1960-an dan bahkan pada abad 20. Kini beliau telah berusia 81 tahun dan tetap dapat membuat para penikmat seni berdecak kagum melalui karya-karyanya.
Salah satunya adalah lukisan dengan latar kolam renang yang baru-baru ini telah menggemparkan jagat seni karena berhasil terjual dengan nominal 90 juta dolar atau setara dengan 1,3 triliun rupiah. Sungguh jumlah yang fantastis, bukan?

David Hockney Painting Pool With Two Figures Via Spesial.netLukisan yang bernilai spektakuler ini bercerita tentang suasana di sebuah kolam renang dimana ada seseorang yang sedang berenang di siang hari dan seorang pria berjaket merah jambu yang sedang memperhatikan sosok tersebut dengan seksama.
Lukisan yang sederhana namun detail tersebut berhasil terjual dalam sebuah lelang yang diadakan di balai lelang Christie’s, New York, pada bulan November 2018 lalu. Angka yang fantastis tersebut berhasil membawa nama David Hockney sebagai pemegang rekor terbaru seorang seniman yang masih hidup dengan lukisan termahal. Sungguh pencapaian yang luar biasa.
Rekor sebelumnya dipegang oleh Jeff Koons, seniman asal Amerika, dengan karyanya yang bertajuk Balloon Dog (Orange). Karya seni yg di usahakan berhasil terjual dengan harga 58,4 juta dolar Amerika di balai lelang Christie’s pada tahun 2013 silam.

BACA JUGA:  5 Fakta Menarik Mengenai Film Animasi Battle of Surabaya

Jeff Koons Balloon Dog Orange Sculpture Via SpesialPencapaian yang telah didapat Hockney tersebut tidak datang dengan sendirinya. Lukisan Hockney yang bertajuk Potrait of an Artist (Pool with Two Figures) sebenarnya telah rampung pada bulan Mei 1972.
Semua bermula ketika beliau tanpa sengaja melihat dua foto yang berbeda di studio seni pada tahun 1971. Foto yang pertama menunjukkan gambar seseorang yang sedang berenang yang mana figurnya tidak terlalu terlihat jelas karena dia berada di bawah air. Sedangkan foto yang kedua menunjukkan seorang anak laki-laki yang menatap ke arah dataran yang dia pijak.
Hockney berpikir untuk menyatukan dua foto yang berbeda tersebut dan membuat cerita yang baru dalam lukisannya. Untuk mendapatkan gambar yang sempurna, Hockney rela untuk berpetualang hingga di sebuah vila di luar Saint Tropez.
Hingga pada akhirnya beliau memutuskan untuk membuat latar sebuah kolam renang yang ditemui di Los Angeles dengan segala detailnya. Hal yang paling menantang adalah ketika Hockney berusaha melukis air pada kolam renang dengan seautentik mungkin.
Untuk mendapatkan hasil terbaik yang beliau inginkan, berbagai eksperimen melalui berbagai media seperti cat acrylic, cat air, dan krayon pun beliau lakukan.
Sedangkan untuk tokoh pria berjaket merah jambu, beliau mengaku mendapatkan inspirasi dari seseorang yang beliau cintai dan kagumi dulunya yaitu Peter Schlesinger. Beliau ingin mengabadikan sosok Schlesinger pada salah satu karyanya.
Potrait of an Artist (Pool with Two Figures) sebenarnya pernah terjual pada tahun 1972 dengan nominal sebesar 20 ribu dolar Amerika oleh pihak ketiga. Pada saat itu, nominal tersebut sudah termasuk jumlah yang fantastis.
Lukisan itu pernah di jual kembali setelahnya dengan harga 50 ribu dolar Amerika. Dan saat ini, lukisan yang sederhana namun artistik tersebut dapat menembus angka yang bisa membuat siapa saja terbelalak. Ini membuktikan bahwa David Hockney masih berpengaruh di jagat seni meskipun usianya kini sudah tidak muda lagi.

BACA JUGA:  Hidangan Pecel Lele ala Gourmet Kreasi Chef Ben Ungermann

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here