Popularitas Garuda Food Serenyah Produk Cemilannya

0
128
Garuda Food
Garuda Food

SPESIAL.NET – Mendengar nama Garuda Food kebanyakan kita langsung terarah pada setumpuk makanan ringan, cemilan, dan minuman ringan yang dihasillkan perusahaan ini. Ada kacang Garuda dengan beragam jenis cemilan yang dibuat dari kacang-kacngan, ada juga keripik kentang Leo, hingga Okky Jelly Drink minuman jelly yang sangat disukai anak-anak.

Garuda Food adalah brand yang memang lekat dengan berbagai produk cemilan dan makanan ringan. Begitu populernya nama brand ini membuatnya selalu meraih banyak penghargaan. Bahkan merek ini mmpu mengukuhkan dirinya sebagai Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) untuk kategori kacang bermerek selama 16 kali berturut-turut, yaitu dari tahun 2000 hingga 2015. Selain itu Garuda Food juga terpilih sebagai Superbrands pada tahun 2003 – 2004), Top Brand for Kids pada tahun 2004, Indonesian Best Brand Award (IBBA) dari tahun 2004 hingga 2015), dan sebagai Top Brand dari tahun 2007 hingga 2016.

Sejarah Garuda Food

Bicara tentang merek produk makanan ringan ini tak akan lengkap tanpa mengetahui sejarahnya. Perusahaan makanan dan minuman ringan ini didirikan di Pati, Jawa Tengah pada tanggal 31 Agustus 1990. Garuda Food berada di bawah bendera Tudung Group (PT Tudung Putra Jaya (TPJ)) sebagai perusahaan induk yang juga mempunyai usaha agribisnis pengolahan minyak sawit (crude oil palm) dan kacang.

Salah seorang pendiri perusahaan TPJ, yaitu Darmo Putro, adalah mantan pejuang yang memilih terjun dalam dunia bisnis setelah Indonesia Merdeka. Kacang Garing Garuda adalah produk yang pertama diproduksi TPJ pada tahun 1987. Cemilan dari kacang tanah ini kemudian popular dengan nama Kacang Garuda.

BACA JUGA:  Peluang Bisnis Makanan Ringan Rumahan Yang Menguntungkan

Garuda Food kemudian berdiri sendiri sebagai perusahaan dengan nama PT GarudaFood Jaya (GFJ) pada Desember 1997, saat dimana Indonesia tengah dilanda krisis ekonomi global. Produk yang diluncurkan waktu itu adalah beberapa jenis biskuit Gerry.

Bahkan salah satu produk biskuitnya yang bernama Gery Saluut mampu meraih penghargaan sebagai Indonesian Best Brand Award (IBBA) dari MARS dan Majalah SWA beberapa kali, yaitu untuk periode tahun 2005 hingga 2009, tahun 2011 hingga 2013, dan tahun 2015 untuk kategori wafer salut. Makanan ringan Chocolatos hasil produksi Garuda Food juga meraih penghargaan IBBA untuk kategori wafer stick pada tahun 2007 hingga 2016.

Perkembangan perusahaan GFJ makin meningkat dengan mengakuisisi PT Triteguh Manunggal Sejati (TRMS), produsen jeli pada tahun 1998. Setelah itu Garuda Food ddengan bendera TRMS memproduksi dan meluncurkan produk jeli dengan merek Okky dan Keffy yang disambut pasar dengan antusias. Bahkan Okky jelly berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Top Brand for Kids Award tahun 2004 untuk kategori jelly dan kembali meraih IBBA pada tahun 2005 hingga 2016. Minnuman Okky jelly Drink kembali meraih predikat sebagai Top Brand Award tahun 2007 hingga 2016 dari Majalah Marketing dan Frontier.

Selain itu Garuda Food juga memproduksi beragam jenis makanan ringan lainnya, seperti Mountea minuman teh rasa buah dan snack merek Leo yang terdiri dari jenis keripik kentang, keripik pisang, keripik singkong. Produknya inipun berhasil meraih banyak penghargaan. Karena pencapaiannya itulah Garuda Food dianggap sebagai perusahaan makanan dan minuman yang dikagumi.

BACA JUGA:  3 Cemilan Kekinian yang Lagi Hits dan Bikin Kenyang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here