Cara merawat motor terbaru All New Honda Beat eSP

0
325
Ahm New Honda Beat Esp 4
Ahm New Honda Beat Esp 4

Spesial.net – Cara merawat motor terbaru All New Honda Beat eSP. Merawat kendaraan menjadi salah satu hal yang sangat perlu dilakukan agar motor tetap memiliki performa yang apik dan tahan lama, hal ini demi mendukung kebutuhan transportasi untuk kegiatan sehari – hari. Kondisi motor yang tidak terawat akan sering kali menimbulkan berbagai masalah teknis yang terjadi pada motor yang kita digunakan. Apabila dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada motor serta akan membutuhkan dana yang cukup besar untuk memperbaiki nya.

Cara merawat kendaraan antara jenis motor yang satu dengan jenis motor yang lainnya bisa dilihat dari perbedaan karakteristik motor. Kali ini kita akan membahas cara merawat motor matic All New Honda Beat eSP karena motor matic merupakan satu diantara jenis motor yang banyak digunakan oleh orang – orang terutama di Indonesia salah satu nya.

Untuk merawat motor matic All New Honda Beat eSP, kita harus terlebih dahulu mengetahui beberapa hal dasar tentang motor tersebut. Honda Beat ini memiliki mesin FI dengan kata lain motor ini memiliki mesin dengan teknologi fuel injection. Berikut cara – cara yang harus dilakukan untuk merawat motor matic Honda Beat yang dapat anda lakukan untuk menjaga kondisi mesin ataupun bodi motor tetap terawat.

 

  • Panasi mesin motor saat pagi hari
BACA JUGA:  Harga Motor Matic Honda Terbaru 2019 (part 2)

 

           Memanasi motor pada pagi hari sebelum digunakan merupakan langkah awal sebagai salah satu upaya untuk merawat motor matic Honda Beat ini, walaupun terkadang mudah biasanya orang – orang masih suka lupa untuk dilakukan karena berbagai hal. Memanasi mesin motor ini diperlukan agar oli pada mesin dan komponen lainnya melakukan persiapan sebelum digunakan. Cara ini merupakan salah satu dari merawat mesin agar motor tetap awet.

 

  • Selalu cek kondisi AKI

 

           Melihat kondisi AKI adalah salah satu cara untuk menjaga motor tetap awet. Terutama untuk aki dengan jenis basah yang masih menggunakan air aki tetapi untuk motor Honda Beat ini tidak perlu khawatir karena Honda Beat ini sendiri menggunakan aki kering. Tetapi walaupun begitu pengecekan harus tetap dilakukan untuk memastikan fungsi aki tetap berfungsi dengan baik karena apabila tidak mesin motor akan sedikit terganggu.

 

  • Lakukan pengecekan mesin secara rutin

 

           Hal yang harus dilanjutkan selanjutnya untuk merawat motor Honda Beat ini adalah melakukan pengecekan mesin secara rutin. Ada beberapa cara untuk mengecek mesin motor matic yang benar adalah dengan mengukur jumlah serta kualitas oli mesin maupun transmisi oli. Lalu mengecek suara dan putaran mesin dengan mencoba menarik tuas gas secara penuh lalu kemudian melepasnya mendadak untuk mengetahui apakah mesin akan menjadi mati atau tidak. Apabila jika pada saat pengecekan putaran dan suara mesin ada beberapa suara kasar yang terdengar serta putaran mesin mati, maka dapat dipastikan motor mengalami beberapa masalah teknis.

 

  • Lakukan service berkala
BACA JUGA:  7 Fakta Kelebihan Hingga Kekurangan dari Honda PCX 150 Hybrid

 

           Cara yang yang paling efektif untuk merawat motor Honda Beat yang termasuk ke dalam 10 motor paling irit di Indonesia adalah dengan melakukan service berkala. Dengan melakukan service berkala di bengkel resmi Honda, maka proses perawatan akan dilakukan dengan baik dan maksimal karena akan lebih mengetahui mesin dengan baik. Dan untuk motor Honda sendiri tidak sulit untuk menemukan bengkel resmi di berbagai kota di Indonesia.

 

  • Ganti oli secara teratur

 

           Mengganti oli secara teratur dapat membuat mesin motor akan menjadi lebih terawat dan awet. serta mesin motor akan selalu memiliki performa yang baik dan mencegah mesin dari kerusakan teknis. Oli mesin pada motor matic perlu diganti karena dapat berkurang jumlahnya dan memiliki masa jenuh sehingga tidak dapat melindungi dari gesekan yang terjadi di dalam mesin.

 

  • Tangki bahan bakar bensin diusahakan untuk selalu penuh

 

           Untuk menjaga motor Honda Beat ini selalu terawat dan terhindar dari berbagai masalah teknis yang perlu diperhatikan adalah selalu mengusahakan tangki bahan bakar selalu terisi penuh dan jangan sampai habis. Kondisi tangki yang penuh dapat membantu meningkat performa mesin motor dan menghindari banyak nya campuran udara pada bahan bakar.

 

  • Berkendara dengan benar

 

           Hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk merawat motor matic adalah berkendara dengan benar. Terkadang karena kemudahan dalam menggunakan motor matic, pengendara sering kali mengabaikan cara berkendara yang benar seperti menarik gas secara penuh kemudian mengerem dengan mendadak, menarik dan mengulur gas yang tidak konsisten, tidak memperhatikan jumlah bahan bakar yang digunakan. Hal – hal ini perlu dihindari untuk menjaga kondisi motor tetap terawat dan awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here