9 Tips Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cara yang Sehat

0
296
Clear Device Diet 53404
Clear Device Diet 53404

SPESIAL.NET – 9 Tips Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cara yang Sehat.  Banyak orang yang memiliki masalah dengan berat badannya. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, penting bagi Anda untuk mencoba menurunkan berat badan. Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan mungkin adalah hal yang sulit. Hal itu dikarenakan gen atau lingkungan di sekitar mereka. Tetapi, dengan rencana yang matang dan dukungan yang tepat, Anda akan bisa mencpai berat badan yang ideal.

Untuk menurunkan berat badan, Anda tidak memerlukan diet khusus, seperti diet rendah karbohidrat atau protein tinggi. Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan menemukan nutrisi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

  1. Perbanyak mengonsumsi serat

Serat adalah karbohidrat yang ditemukan pada makanan nabati seperti buah, sayur, dan biji-bijian.  Tidak seperti karbohidrat lainnya, serat tidak mudah dipecah dan dicerna oleh tubuh. Karena itu, serat justru dapat melancarkan sistem percernaan dengan mudah tanpa menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

  1. Kurangi lemak

Sekalipun Anda sedang berdiet, tubuh Anda tetaplah membutuhkan lemak. Hanya saja, saat sedang berdiet, Anda harus mengurangi jumlah lemak yang masuk ke dalam tubuh. Baca label untuk melihat berapa banyak lemak yang ada pada makanan. Dan cobalah untuk mengurangi makanan yang digoreng dan daging yang tinggi lemak, seperti burger.

  1. Hindari minuman manis
BACA JUGA:  Cara Diet Sehat Ini Tidak Akan Membuat Anda Loyo

Cobalah untuk tidak minum terlalu banyak minuman manis, minuman berenergi, juga jus buah. Air mineral adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang sedang berdiet. Anda dapat menambahkan sepotong lemon atau percikan jus untuk menambah rasa.

  1. Batasi memakan makanan cepat saji

Studi menunjukkan bahwa semakin banyak makanan cepat saji yang Anda makan setiap minggu, semakin besar risiko bertambahnya berat badan. Jadi cobalah membatasi makanan cepat saji menjadi seminggu sekali atau kurang.

  1. Atasi rasa lapar dengan serat dan protein

Orang yang sedang kelaparan biasanya sulit untuk menentukan pilihan makanan yang sehat. Sebagai gantinya, ketika Anda mulai merasa lapar, makanlah camilan kecil yang menggabungkan protein dengan makanan yang tinggi serat, seperti kerupuk gandum dengan keju rendah lemak. Makanan ini dapat membuat Anda cukup kenyang tanpa perlu khawatir dengan kalorinya.

  1. Waspadai seberapa banyak makanan yang Anda makan

Jika Anda tidak yakin berapa banyak yang dianggap sebagai satu porsi, Anda dapat mempelajari cara membaca label. Anda juga bisa makan lebih sedikit jika menggunakan piring yang lebih kecil.

  1. Pikirkan alasan mengapa Anda makan

Terkadang kita makan untuk memenuhi kebutuhan selain rasa lapar, seperti bosan, stres, atau kesepian. Jika Anda makan karena selain rasa lapar, coba pikirkan cara lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Anda bisa mencoba menelepon teman, mendengarkan musik, atau membaca buku.

  1. Bergerak dan lakukan aktivitas fisik
BACA JUGA:  Diet Madu Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan aktif secara fisik. Anda harus menargetkan total 60 menit untuk beraktivitas fisik setiap harinya. Jika Anda tidak terbiasa untuk banyak beraktivitas, Anda dapat memulainya secara perlahan. Anda bisa memulai dengan mengurangi menatap layar, seperti menonton televisi, bermain game, membuka internet, dan sebagainya. Sebaliknya, perbanyak aktivitas fisik seperti berjalan kaki, melakukan pekerjaan rumah, olahraga ringan, dan lainnya.

  1. Cukupi kebutuhan tidur di malam hari

Begadang dapat membuat keinginan Anda untuk mengemil semakin tinggi. Selain itu, begadang juga dapat membuat Anda lemas dan kekurangan energi keesokan harinya. Jika Anda sedang berusaha untuk mengurangi berat badan, cukupi kebutuhan tidur Anda setidaknya 7 hingga 8 jam setiap harinya.

Ingatlah bahwa menurunkan berat badan adalah tentang melakukan perubahan yang sehat dalam hidup Anda, bukan hanya diet satu kali untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here