Cemilan Untuk Diet dengan Oatmeal yang Lezat

0
254
Cemilan Untuk Diet
Cemilan Untuk Diet

SPESIAL.NET – Sebenarnya ada banyak jenis cemilan untuk diet yang bisa dipilih ataupun dibuat. Bahan yang bisa digunakan untuk membuatnya juga sangat banyak dan beragam. Anda bisa menyesuaikannya dengan kesibukan anda maupun keuangan pribadi anda agar kebiasaan ngemil sehat ini tidak malah menguras anggaran.

Ada sebagian yang beranggapan bahwa ngemil merupakan aktivitas yang kurang sehat. Padahal makan cemilan juga penting terutama untuk melengkapi kebutuhan tubuh terhadap nutrisi yang mungkin belum tercukup[I dari makananan berat.

Cemilan Untuk Diet
Cemilan Untuk Diet

Meskipun hanya berupa cemilan namun sebaiknya kegemaran ngemil tidak dilakukan secara sembarangan. Salah satu waktu yang sangat tidak disarankan untuk ngemil adalah sebelum atau sesudah makan berat. Selain akan memberatkan kerja pencernaan, kebiasaan ngemil yang tak kenal waktu juga mencerminakan ketidakmampuan kita untuk mengendalikannya.

Bahaya dan Manfaat Oatmeal yang Wajib Anda Tahu

Oatmeal adalah oat groats yaitu oat meal, pease meal, dan corn meal yang sudah dihancurkan menjadi bentuk bubuk kasar. Ada yang berbentuk instant oat yang dapat langsung dimakan dan ada juga yang berupa quick oat yang sudah dikukus dan dihancurkan sehingga jika dimasak akan cepat matang.

Aromanya umumnya wangi gurih seperti susu atau gandum dan tak jarang sudah ditambahkan gula ataupun perasa dari buah-buahan. Sebelum membahas tentang jenis cemilannya ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu beragam manfaat oatmeal beserta bahayanya yang sebaiknya anda tahu.

BACA JUGA:  Oleh-Oleh Keripik Buah yang Makin Manis dan Renyah Saja

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Oatmeal mengandung banyak zat antioksidan berguna dalam menangkal radikal bebas maupun meningkatkan system imun tubuh. Nutrisi ini juga berguna dalam meningkatkan kecantikan kulit tubuh dan wajah.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Oatmeal juga mengandung lignin yang dikenal merupakan senyawa yang mampu menangkal penyakit jantung dan menekan risiko penyakit kardiovaskular. Oatmeal juga diketahui bermanfaat mampu menekan risiko penyakit diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi.

Menurunkan Kolesterol

Jika tubuh anda beresiko kolesterol tinggi sangat disarankan untuk makan outmeal secara teratur. Nutrisi dalam makanan ini terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL).

Baik untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Oatmeal juga diketahui kaya dengan kandungan seratnya yang rendah kalori sehingga sangat baik untuk anda yang menjalankan program diet menurunkan berat badannya. Sarapan dengan outmeal akan membuat anda tahan lapar hingga waktu makan siang.

Selain beragam manfaat outmeal anda sebaiknya juga tahu dengan bahaya cemilan ini, yaitu antara lain:

  • Kandungan avenin dan asam fitat dalam gandum outmeal bisa menyebabkan alergi terutama orang yang sensitive dengan bahan ini. Namun unsure ini bisa dihilangkan dengan merendamnya dalam air air dengan sari cuka apel selama 12 jam sebelum dimasak.
  • Sebaiknya pilih oatmeal yang bebas gula karena di pasaran juga ada outmeal yang sudah ditambahkan gula sehingga bisa menyebabkan naiknya gula darah.
  • Makan oatmeal sebaiknya tidak berlebihan karena bisa menganggu penyerapan sejumlah mineral penting seperti magnesium dan kalsium dari usus ke dalam darah. Jika anda menderita kelainan tulang sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi cemilan ini.
BACA JUGA:  8 Menu Buka Puasa Pilihan untuk Mengembalikan Tenaga

Cara Membuat Oatmeal, Cemilan Untuk Diet

Membuat cemilan untuk diet dari outmeal cukup mudah. Di bawah ini cara membuat cemilan dari oatmeal yang bisa anda coba.

Resep Pancake Oatmeal Banana

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • oatmeal 200 gram
  • telur ayam 1 butir
  • tepung terigu 50 gram
  • susu cair 250 ml
  • gula pasir 1 sdm
  • garam 1/2 sdt
  • pisang ambon 5 buah dihaluskan
  • minyak sayur secukupnya

Cara membuat Pancake Oatmeal adalah sebagai berikut:

  1. Haluskan semua bahan dengan blender lalu aduk hingga menjadi adonan. Setelah itu masak hingga matang.
  2. Tambahkaan serutan atau potongan buah pisang sebagai topping dan siap dinikmati.

Cukup mudah kan resep oatmeal yang lezat sebagai cemilan untuk diet yang semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here