Keripik Ubi Ungu yang Kaya Gizi dan Cara Membuatnya Krispi dan Renyah

0
193
Keripik Ubi Ungu
Keripik Ubi Ungu

SPESIAL.NET – Keripik ubi merupakan salah satu jenis cemilan yang sangat disukai masyarakat. Selain rasanya yang renyah gurih yang enak, harganya pun cukup murah. Cara membuatnya yang mudah mendorong ibu-ibu senang membuatnya sendiri untuk sajian santai bersama anak-anak atau suami.

Ubi termasuk jenis tumbuhan asli Indonesia. Selain direbus, makanan ini juga biso diolah menjadi aneka menu yang enak, termasuk diolah menjadi keripik. Bahkan saat ini keripik ubi telah menjadi oleh-oleh yang popular dan sangat laris. Dari skala rumah hingg pabrikan banyak yang memanfaatkan tanaman umbi ini untuk dijadikan keripik yang renyah.

Tidak hanya masyarakat kita yang menyukai cemilan kaya gizi ini, masyarakat Amerika pun amat menyukainya. Seperti dikutip dari CNN Indonesia, keripik ubi ungu buatan Indonesia bahkan mampu meraih penghargaan Specialty Outstanding Food Innovation (SOFI) Awards untuk kategori Savory Snack. Penghargaan sebagai makanan camilan terbaik kedua di Amerika Serikat itu diperoleh dalam ajang pameran Summer Fancy Food Show (SFFS) 2018 di New York, Amerika Serikat pada bulan Juli 2018.

Keripik Ubi Ungu
Keripik Ubi Ungu

Keripik ubi ungu buatan Jans Enterprise itu diolah dengan minyak kelapa organik tanpa pengawet maupun perasa tambahan dan menggunakan ubi ungu organik asal Jawa Barat. Penghargaan ini sekaligus membuktikan bahwa ubi, khususnya ubi ungu, memiliki potensi besar untuk diekspor ke berbagai negara mengingat makin tingginya kepedulian konsumen dalam mengutamakan makanan yang sehat dan organik.

BACA JUGA:  Menu Sahur Praktis Untuk Sebulan yang Enak dan Bergizi

Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan

Ubi ungi memang tidak sepopuler jenis ubi-ubi lainnya. Asal tahu saja, kadar gizi ubi ungu sangat tinggi dan bisa menjadi pengganti beras. Kandungan vitamin A pada ubi ungu tertinggi dibandingkan jenis ubi lain. Ubi ungu juga kaya antioksidan alami, khususnya dari antosianin dan betakaroten yang sangat penting untuk meningkatkan system imun tubuh dan melindunginya dari radikal bebas, menangkal penyakit degeneratif, dan baik untuk mencegah penuaan dini. Antosianin juga berfungsi dalam membuat pembuluh darah menjadi relaks dan mencegah penumpukan kolesterol dalam darah.

Begitu juga kandungan seratnya yang sangat tinggi yang sangat berguna untuk mencegah sembelit, melancarkan pencernaan, dan baik untuk program diet menurunkan berat badan. Ubi ungu juga rendah kalori dan tinggi nutrisi sehingga bisa menjadi sumber energi tambahan. Yang menarik, kadar indeks glikemik ubi ungi juga sangat rendah sehingga aman dan baik dikonsumsi penderita diabetes dan yang mengalami obesitas.

Cara Membuat Keripik Ubi Ungu Krispi

Cara membuat keripik ubi ungu yang krispi amatllah mudah. Anda tidak perlu banyak bahan untuk membuatnya, seperti dipaparkan di bawah ini.
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik ubi ungi meliputi:

  • ubi ungu segar 1 kg
  • gula pasir 200 gram
  • air kapur sirih 2 sdt
  • minyak goreng secukupnya
  • air bersih secukupnya

Cara membuat keripik ubi ungu adalah sebagai berikut:

  1. Kupas dan cuci ubi ungu sampai bersih dan tiriskan
  2. Iris ubi ungu tipis-tipis dengan ukuran sama dan seragam.
  3. Sebaiknya gunakan pisau tajam atau mesin pemotong ubi.
  4. Setelah itu rendam dalam air kapur sirih selama sekitar 2 jam.
  5. Setelah itu angkat dan jemur di bawah terik matahari sampai benar-benar kering sempurna.
  6. Sambil menunggu ubi kering, campurkan gula pasir dan air dalam wadah lalu aduk sampai rata dan larut.
  7. Masukkan ubi ungu yang sudah kering ke dalam larutan gula dan diamkan sebentar.
  8. Setelah itu goreng ubi ungu sampai matang.
  9. Selanjutnya angkat dan tiriskan lalu masukan ke dalam toples atau wadah kedap udara. Keripik ubi ungu krispi pun siap disantap.
BACA JUGA:  5 Menu Olahan Roti Tawar yang Unik untuk Sarapan

Itulah keistimewaan jenis ubi yang kaya gizi ini lengkap dengan cara membuat keripik ubi ungi yang krispi dan renyah, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here