10 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Mengikuti Pola Makan Vegetarian

0
290
Appetizer Close Up Cucumber 406152
Appetizer Close Up Cucumber 406152

SPESIAL.NET – 10 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Mengikuti Pola Makan Vegetarian. Tahun baru identik dengan membuat resolusi. Resolusi biasanya berkisar di hal-hal kesehatan, pola hidup, manajemen keuangan, dan sebagainya. Salah satu resolusi yang paling sering dibuat adalah menurunkan berat badan dan memulai pola makan yang sehat.

Ada banyak jenis diet yang bisa Anda lakukan, seperti diet karbohidrat, protein, dan sebagainya. Jika Anda pernah melakukan berbagai macam diet, namun tidak kunjung berhasil, mungkin Anda bisa mencoba pola makan vegetarian. Pola makan vegetarian bisa menjadi pilihan yang sehat. Kuncinya adalah mengonsumsi berbagai makanan dan jumlah makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kalori dan gizi Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda yang mau mencoba pola makan vegetarian.

  1. Perbanyak mengonsumsi protein

Kebutuhan protein Anda dapat dengan mudah dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai makanan nabati. Sumber protein untuk vegetarian bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan produk kedelai seperti tahu atau tempe. Anda juga bisa mendapatkan protein dari telur atau susu.

  1. Makan makanan yang mengandung kalsium

Kalsium digunakan untuk membangun tulang dan gigi. Beberapa vegetarian mengonsumsi produk susu, yang merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Sumber kalsium lain untuk vegetarian bisa didapat dari susu kedelai yang diperkaya kalsium, tahu yang dibuat dengan kalsium sulfat, sereal sarapan yang diperkaya kalsium dan jus jeruk, dan beberapa sayuran berdaun hijau gelap seperti lobak dan sawi.

  1. Masak makanan vegetarian yang tidak kalah enak
BACA JUGA:  Langkah Mudah Cara Menghilangkan Bau Ketiak Dalam Sekejap

Menjadi vegetarian bukan berarti Anda tidak bisa makan enak. Jika Anda ingin makan enak, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat sate jamur, burger tempe, spagheti saus tomat, lasagna sayuran, dan sebagainya. Anda tetap bisa menikmati makanan yang enak tanpa perlu khawatir akan kandungan kalorinya.

  1. Ganti camilan dengan kacang-kacangan

Pilih kacang tanpa garam sebagai camilan dan campurkan dalam salad atau hidangan utama Anda. Anda juga dapat mengganti keju dalam salad dengan kacang almond atau kenari.

  1. Konsumsi suplemen vitamin B12

Vitamin B12 secara alami hanya ditemukan dalam produk hewani. Vegetarian harus memilih makanan yang diperkaya vitamin B12 seperti sereal atau produk kedelai. Atau cara lainnya adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin B12 yang bisa Anda beli di apotek.

  1. Bumbui makanan dengan berbagai rempah

Yang membuat makanan lezat adalah bumbu dan rempah yang digunakan saat memasak. Jika makanan vegetarian terasa hambar, Anda dapat menambahkan berbagai bumbu dan rempah untuk menambah cita rasanya.

  1. Kurangi konsumsi gula

Kurangi konsumsi gula dalam makanan dan juga minuman Anda. Anda dapat menggantinya dengan mengonsumsi jus buah yang memiliki rasa manis yang alami. Anda juga bisa menambahkan beberapa buah kurma segar ke dalam masakan Anda untuk mendapatkan rasa yang manis.

  1. Perbanyak minum air putih

Air adalah elemen yang penting untuk hidup yang sehat. Banyak orang mengalami dehidrasi ketika sedang menjalani diet. Pertahankan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh Anda sepanjang hari. Jika Anda tidak suka air mineral, Anda bisa menambahkan lemon atau madu untuk menambah rasanya. Atau Anda juga bisa meminum teh herbal tanpa gula.

  1. Cobalah makan sesuatu yang baru setiap minggu
BACA JUGA:  Menurunkan Berat Badan dengan Diet Pegan, Gabungan Paleo Dan Vegan

Mengonsumsi suatu hal yang baru dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Anda. Jika Anda mulai merasa bosan dengan makanan vegetarian yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba sayuran atau buah impor yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

  1. Coba makan makanan mentah

Makanan yang enak ternyata tidak selalu didapat dengan cara dimasak. Makanan mentah pun ternyata memiliki rasa yang tidak kalah enak. Jika Anda sedang malas untuk memasak, Anda bisa mencoba makan sayur dan buah yang mentah. Namun pastikan Anda sudah mencucinya hingga bersih ya.

Makanan vegetarian tidak selalu membosankan dan tidak enak. Anda dapat membuat kreasi makanan yang rasanya tidak kalah lezat dengan makanan pada umumnya. Dengan mencoba pola makan vegetarian, Anda pun bisa menjadi lebih sehat dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here