Keripik Singkong Balado Cemilan yang Sering Bikin Kangen

0
249
Keripik Singkong Balado
Keripik Singkong Balado

SPESIAL.NET – Siapa tak kenal dengan keripik singkong balado, cemilan renyah dengan rasa pedas yang sering bikin kangen. Buat anda yang senang makanan pedas, cemilan yang satu ini pastinya sangat disukainya. Selain harganya yang murah, makanan ringan ini juga mudah dibuat sendiri di rumah.

Yang menarik, singkong yang digunakan sebagai bahan baku keripik ini merupakan makanan khas Indonesia yang kaya nutrisi. Bahkan singkong bisa menjadi pengganti nasi yang murah. Bukan hanya di negara kita, singkong juga merupakan sumber makanan pokok bagi banyak penduduk berbagai Negara tropis, baik di Asia, Afrika, hingga Amerika Selatan.

Selain dijadikan keripik, singkong juga banyak diolah menjadi tepung untuk membuat beragam olahan makanan ringan maupun sebagai pengental. Singkong adalah jenis tanaman dalam keluarga Euphorbiaceae yang mengandung karbohidrat tinggi.

Nutrisi dan Manfaat Singkong untuk Tubuh

Umbi ini juga mengandung senyawa bioaktif yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Singkong adalah sumber energi dan sumber bahan bakar utama yang penting untuk tubuh. Singkong juga merupakan sebagai sumber kalsium, asam folat, zat besi, dan mangan. Makanan ini juga mudah dicerna, bebas kolesterol, bebas gluten, kaya serat, dan rendah kandugan garamnya.

Keripik Singkong Balado
Keripik Singkong Balado

Nenek moyang kita telah memanfaatkan singkong untuk kesehatan dan menangkal berbagai jensi penyakit. Diantara untuk mengatasi dehidrasi akibat diare, mengatasi sepsis, kelelahan, maupun untuk menginduksi persalinan. Singkong juga berguna untuk menu diet penderita diabetes.

BACA JUGA:  Sensasi Makan Kuliner Khas Surabaya Nasi Empal Pengampon Yang Menggugah Selera

Singkong juga kaya dengan vitamin C dan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh maupun mencegah penyakit kardiovaskular. Makanan ini juga baik untuk mengatasi kerutan kulit.

Meskipun banyak manfaatnya, sebaiknya singkong tidak dikonsumsi ibu yang sedang hamil. Ada kandungan kimia dalam singkong yang berbahaya dan dikhawatirkan dapat menyebabkan kelahiraan bayi yang cacat maupun mempengaruhi fungsi tiroid bayi yang dilahirkan.

Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Keripik singkong balado sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Bahkan anda bisa mencoba berkreasi agar cemilan ini menjadi renyah dengan rasa yang lebih variatif. Seperti pedas manis, pedas banget, pedas sedang, pedas gurih, ataupun yang lainnya.

Bahkan keripik renyah dengan balutan bumbu balado yang pedas gurih ini juga sangat prospektif loh untuk dijadikan lahan bisnis. Anda bisa membuatnya dalam bungkusan kecil yang bisa dititipkan di warung atau toko kelontong di sekitar rumah anda.

Lantas bagaimana sih cara membuat keripik singkong balado yang renyah dengan rasa pedas gurih? Yuk langsung simak di bawah ini.

Bahan untuk membuat keripik singkong balado:

  • singkong 1 kg
  • air kapur sirih 2 sdt
  • garam 1 sdm
  • air 1,5 liter

Bahan bumbu balado terdiri dari:

  • cabai merah besar 10 buah
  • cabai merah keriting 15 buah
  • cabai rawit merah 3 buah
  • bawang merah 10 buah
  • daun salam 4 lembar
  • garam 1 sdm
  • gula pasir 100 gram
  • air asam jawa 2 sdm
  • minyak goreng untuk menumis.
BACA JUGA:  Menu Masakan Buka Puasa dari Telur yang Simpel Tapi Bergizi

Cara membuat keripik singkong krispi dan renyah original adalah sebagai berikut:

  1. Singkong dikupas dan diiris tipis dengan ukuran yang sama. Sebaiknya gunakan alat pemotong singkong yang harganya cukup murah agar lebih efisien.
  2. Setelah itu rendam dalam campuran air kapur sirih, garam dan air dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan hingga kering.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng singkong hingga matang dengan warna agak kecoklatan.
  4. Setelah itu angkat, tiriskan, dan letakkan di wadah yang dilapisi kertas agar minyaknya terserap.

Cara membuat keripik singkong bumbu balado adalah sebagai berikut:

  1. Tumbuk atau ulek cabai merah besar, cabai keriting, cabai rawit, dan bawang merah.
  2. Setelah itu tumis dengan menambahkan daun salam dan sedikit garam hingga tercium aroma harum. Tambahkan juga air asam Jawa, garam, dan gula pasir lalu aduk sampai mengental dan siap digunakan.
  3. Selanjutnya masukkan singkong yang sudah goreng ke dalam bumbu balado dan campur atau aduk sampai keripik tercampur rata dengan bumbunya.
  4. Setelah itu dinginkan dan masukkan keripik dalam toples atau wadah tertutup.

Demikian, semoga informasi tentang keripik singkong balado sebagai cemilan renyah yang enak ini bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here