Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cuka Sari Apel

0
249
Apple Juice Apples Beverage 1243489
Apple Juice Apples Beverage 1243489

SPESIAL.NET – Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cuka Sari Apel. Bagian tersulit dari menurunkan berat badan adalah memulainya. Kebanyakan orang malas untuk mulai menjalankan pola hidup sehat karena beberapa hal, seperti rasa makanan yang dikonsumsi menjadi kurang enak, tidak adanya waktu untuk menyiapkan makanan sehat, atau mungkin kurangnya dukungan dari orang-orang sekitar. Tahun baru biasanya menjadi awal seseorang untuk memulai sesuatu yang lebih baik. Salah satu resolusi yang sering dibuat saat menyambut tahun baru adalah menjalani pola hidup sehat dan menurunkan berat badan. Jika Anda pun memiliki resolusi tersebut, ada cara yang mudah untuk Anda lakukan pertama kali, yaitu detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan detoks, merupakan cara yang efektif untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Ada berbagai macam cara untuk melakukan detoksifikasi pada tubuh, seperti rutin mengonsumsi jus buah, olahraga yang teratur, dan juga menghindari mengonsumsi makanan olahan. Namun ternyata ada juga cara yang lebih mudah dilakukan, yaitu mengonsumsi cuka sari apel.

Sari cuka apel adalah minuman yang dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya. Setelah cairan apel didapat, nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi ditambahkan ke dalam cairan untuk memulai proses fermentasi alkohol. Selain ragi, ditambahkan juga gula dalam cairan apel yang akan diubah menjadi alkohol. Dalam proses fermentasi kedua, alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter). Cuka yang diperoleh dari proses fermentasi panjang ini juga menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin, dan lain-lain. Ini menjadikan cuka memiliki manfaat sebagai antioksidan serta antibakteri.

BACA JUGA:  Menurunkan Berat Badan dengan Diet Pegan, Gabungan Paleo Dan Vegan

Mengonsumsi cuka sari apel telah lama diketahui sebagai salah satu metode penurunan berat badan yang efektif. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah, Anda dapat menambahkannya ke dalam salad atau meminumnya langsung. Untuk dapat merasakan khasiatnya, Anda harus mengonsumsi cuka sari apel setiap hari secara rutin untuk jangka waktu tertentu, misalnya seminggu atau sebulan. Banyak orang yang mengonsumsinya tiga kali dalam sehari, yaitu sebelum sarapan, siang hari, dan juga sore hari. Jika Anda kurang suka dengan baunya, Anda dapat menambahkan perasaan lemon dan madu supaya rasanya lebih enak. Cara yang lebih menyenangkan untuk meminumnya adalah mencampurkannya dengan minyak zaitun dan menggunakannya sebagai saus pada salad.

Selain untuk menurunkan berat badan, cuka sari apel juga memiliki manfaat lain, di antaranya adalah:

  1. Mengatur kadar gula dalam darah

Suatu penelitian yang di terbitkan dalam jurnal Diabetes Care menyatakan bahwa cuka sari apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terutama saat Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Dengan rutin mengonsumsi cuka sari apel, kadar gula darah pun dapat dikontrol dengan baik.

  1. Mengatasi maag, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya

Ampas sari cuka apel, yang lebih dikenal dengan sebutan “the mother”, kaya akan probiotik dan bakteri-bakteri baik lain yang berperan dalam menyehatkan saluran cerna. Jenis cuka sari apel ini dapat membantu kerja sistem imun dan bagi sebagian orang bisa mencegah sembelit semakin parah. Tidak hanya sembelit, konsumsi cuka apel juga dapat membantu mengatasi gangguan asam lambung dan maag.

  1. Mengatasi diare
BACA JUGA:  Diet Dopamin, Menjanjikan Penurunan Berat Badan dan Pikiran yang Bahagia

Dikutip dari Medical News Today, sebuah penelitian membuktikan bahwa cuka sari apel memiliki sifat antibiotik alami yang dapat menghancurkan bakteri E.coli dan juga Salmonella. Bakteri ini menjadi menjadi penyebab utama diare dan keracunan makanan.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi cuka sari apel secara teratur dapat menurunkan kadar lemak dalam darah (lipid). Menurunkan kadar lipid dapat membantu mencegah penyakit jantung, yang menjadi salah satu faktor penyebab disfungsi ereksi (impotensi) pada pria.

  1. Sebagai obat psoriasis alami

Cuka sari apel memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mengurangi iritasi dan gatal pada kulit kepala akibat psoriasis. Beberapa orang bahkan sudah membuktikan adanya penurunan gejala psoriasis setelah merasakan manfaat cuka sari apel selama beberapa minggu.

Ternyata cuka sari apel memiliki banyak manfaat selain untuk menurunkan berat badan. Bagi yang memiliki resolusi menjalankan pola hidup sehat, Anda dapat memulai dari mendetoksifikasi tubuh dengan rutin mengonsumsi cuka sari apel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here