Google Home By Cnet
Google Home By Cnet

Spesial.net – Rencana Google Membuat Asisten Virtual Untuk Setiap Ruangan di Dalam Rumah. Pernahkah Anda membayangkan memiliki asisten pribadi yang dapat mengingatkan tentang agenda penting, menayangkan acara TV favorit, dan bahkan memberi informasi mengenai keadaan lalu lintas menuju tempat Anda bekerja? Dan ternyata asisten virtual ini merupakan buatan Google yang siap membantu di setiap ruangan di dalam rumah.

Google Luncurkan Google Home
Pernahkah Anda menonton film Iron Man dimana Tony Stark memiliki asisten virtual pribadi yang bernama Jarvis? Jarvis merupakan asisten pintar yang terhubung dengan seluruh peralatan di rumah sehingga dia dapat melakukan apa yang diperintahkan hanya dengan deteksi suara.
Ya. Kini hal tersebut bukan hanya karangan film fiksi ilmiah belaka karena perusahaan raksasa di bidang IT, Google, telah meluncurkan suatu aplikasi asisten virtual pintar dalam bentuk pengeras suara yang disebut dengan Google Home.
Google Home dirilis untuk pertama kalinya di Amerika pada tanggal 4 November 2016. Kemudian, peranti pintar ini mulai melebarkan sayapnya di Inggris pada tanggal 6 April 2017 yang disusul oleh negara-negara lainnya seperti Australia, Kanada, Perancis, Jerman, dan masih banyak lagi.
Melihat animo masyarakat era digital yang sangat tinggi terhadap pengeras suara pintar ini, pada tanggal 4 Oktober 2017 Google mulai merilis versi Google Home yang lebih kecil dalam hal ukuran dan juga harga yang lebih terjangkau. Peranti ini bernama Google Home Mini.

BACA JUGA:  Inilah Lukisan David Hockney Yg Terjual 90 Juta Dolar atau 1,3 Triliun Rupiah

Apa Saja Yang Dapat Dilakukan Oleh Google Home?
Sekilas Google Home memang tampak seperti pengeras suara nirkabel biasa yang Anda gunakan untuk mendengarkan musik pada umumnya. Tinggi dari peranti ini hanya 143 milimeter dengan diameter 96 milimeter. Pada bagian atas pengeras suara ini terdapat panel yang dapat Anda gunakan untuk mengatur volume. Selain itu, di panel tersebut terdapat juga tombol pause, play, dan stop.

Apakah Google Home hanya dapat digunakan untuk memutar musik saja? Tentu tidak. Pengeras suara pintar ini dapat melakukan hampir semua hal yang Anda perintahkan. Jika Anda sedang mengalami kesulitan dalam memahami dokumen penting berbahasa asing, Anda dapat meminta Google Home untuk menerjemahkannya.
Bukan hanya itu saja, asisten cerdas yang dilengkapi dengan kecerdasan artifisial ini dapat membantu putra-putri Anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka atau bahkan hanya sekedar menjawab rasa penasaran mereka.
Sebagai contohnya ketika Anda meminta Google Home untuk menyebutkan jumlah dan nama-nama galaksi yang terdapat dalam tata surya. Google Home tidak hanya akan menyebutkannya satu per satu yang akan dapat membuat Anda mengantuk, tetapi ia akan menunjukkan gambarnya di layer televisi sehingga mempelajari sains menjadi lebih menyenangkan.

Ingin mendengarkan lagu favorit, tetapi Anda sedang sibuk di dapur dan tidak memungkinkan untuk menyalakan Spotify dengan tangan yang kotor? Tenang! Google Home akan melakukannya untuk Anda. Bukan hanya music, Anda juga dapat memutar film-film yang ada di Netflix hanya dengan menggunakan satu pesan suara saja.
Hal ini karena Google Home didukung oleh Google Play Music, Spotify, iHeartRadio, Netflix, YouTube, Google Photos, dan masih banyak lagi. Bahkan Anda pun dapat mengetahui berita terbaaru tentang cuaca atau keadaan lalu lintas.
Semua hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mengatakan “Ok, Google,” lalu sebutkan perintah yang Anda ingin Google Home lakukan.
Semua hal yang luar biasa ini bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 3 juta. Bukan hanya itu saja, Google Home juga tersedia dalam beberapa pilihan warna untuk menyesuaikan dekorasi rumah Anda. Asisten virtual buatan Google ini memang menakjubkan, bukan?

BACA JUGA:  Mengenal Mint Browser, Browser Cepat dari Xiaomi Untuk HP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here