5 Tips Menemukan Metode Diet yang Tepat Bagi Anda

0
79
Clear Device Diet 53404
Clear Device Diet 53404

SPESIAL.NET – 5 Tips Menemukan Metode Diet yang Tepat Bagi Anda. Ada banyak metode diet yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Apalagi dengan semakin mudahnya akses ke internet, Anda pun bisa dengan cepat menemukan informasi mengenai metode-metode diet yang ada. Namun, dengan semakin banyaknya metode diet yang bermunculan, justru kadangkala membuat kita bingung dalam menentukan mana yang cocok bagi tubuh kita.

Tak jarang, orang asal mencoba hanya karena melihat testimoni orang lain yang telah berhasil. Padahal, belum tentu metode diet tersebut akan cocok dengan tubuh kita. Jika Anda adalah salah satunya, mungkin tips di bawah ini akan bermanfaat untuk Anda menemukan diet yang tepat.

  1. Jangan terlalu ekstrem

Ahli diet Katherine Wohl, RD, LD mengungkapkan bahwa jika Anda menginginkan perubahan dalam pola makan Anda, pastikan agar Anda melakukannya secara bertahap dan tidak terlalu drastis. Jika Anda terlalu drastis dalam mengubah pola makan, biasanya hasil yang didapatkan tidak akan bertahan lama. Anda akan memperoleh penurunan berat badan dengan cepat, namun hal itu bukan untuk jangka panjang. Berat badan Anda akan kembali naik dan sulit dikontrol tidak lama setelahnya.

Kebanyakan dari kita terlalu fokus untuk membatasi makanan yang dikonsumsi, menghitung kalori yang masuk ke dalam tubuh, atau memikirkan nutrisi makanan saat memutuskan untuk melakukan diet. Hal itu biasanya berujung dengan Anda yang mejalani diet ketat. Padahal, menjalankan diet ketat dapat membuat Anda kekurangan gizi. Jika Anda menginginkan hasil diet yang dapat bertahan lama untuk jangka waktu yang panjang, ada baiknya Anda mengubah pola makan secara bertahap. Jangan terlalu ekstem hingga tidak mengonsumsi karbohidrat atau lemak sama sekali. Tetap pastikan Anda memenuhi semua kebutuhan nutrisi untuk tubuh.

  1. Fokus dalam mengonsumsi makanan utuh
BACA JUGA:  Tips Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Teh Hijau

Kesibukan sehari-hari terkadang membuat Anda tidak sempat untuk memasak dan memilih mengonsumsi makanan olahan yang proses penyajiannya relatif mudah dan cepat.

Mengubah pola makan sehari-hari dari mengonsumsi makanan olahan menjadi makanan utuh akan membantu sel-sel Anda berfungsi dengan baik, menyeimbangkan gula darah Anda, dan menjaga energi Anda. Para ahli kedokteran percaya ini juga akan mendukung detoksifikasi, membantu melawan peradangan, dan membantu membangun usus yang sehat.

  1. Jangan mudah terpengaruh tren

Ketika sedang berselancar di dunia maya, Anda mungkin sering menemukan artikel atau iklan yang menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu singkat. Jangan mudah terbujuk mengikuti tren atau iklan yang beredar, karena efek penurunan berat badannya biasanya tidak akan bertahan lama. Diet keto, yang kini sedang menjadi tren di masyarakat pun, banyak menjadi perbincangan. Pasalnya banyak orang mencoba diet tersebut tanpa sebelumnya mempelajari lebih detail atau berkonsultasi dengan ahli gizi. Akibatnya kebanyakan orang tersebut gagal dalam menjalani diet dan memperoleh berat badan yang diimpikan.

  1. Risetlah penelitian mengenai diet

Sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan metode diet tertentu, Anda dapat melakukan riset di internet mengenai penelitian diet yang ada. Bacalah jurnal resmi yang menjelaskan mengenai metode diet yang beredar di masyarakat. Dengan meriset terlebih dahulu, Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode-metode diet yang beredar di masyarakat. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan tubuh Anda.

  1. Batasi waktu makan Anda
BACA JUGA:  Manfaat Coklat Tak Hanya Bikin Cerdas Tapi Bisa Cegah Pikun

Penelitian menunjukkan bahwa membatasi waktu makan dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan juga menurunkan berat badan. Untuk permulaan, Anda dapat membatasi waktu makan selama 8 jam, dari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore. Di luar jam tersebut, Anda sama sekali tidak boleh makan dan hanya diperbolehkan untuk minum air atau minum teh tanpa gula.

Itulah beberapa tips untuk Anda yang mau menjalani diet. Namun, jika Anda masih tidak yakin dan bingung untuk menentukan metode diet yang cocok, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here