Abon Ayam dan Cara Membuatnya, Bergizi atau Tidak Sih?

0
197
Abon Ayam
Abon Ayam

SPESIAL.NET – Abon ayam memang tidak sepopuler abon sapi namun penggemar makanan ini juga sangat banyak. Dari anak-anak hingga orang tua menyukai rasanya yang manis garing tapi lembut tersebut.

Abon merupakan makanan yang dibuat dari daging, baik daging sapi, ayam, ataupun ikan. Diantara berbagai jenis abon, yang dibuat dari daging sapi merupakan yang paling sering bisa diitemukan di supermarket atau warung. Meskipun begitu, abon ayam juga cukup banyak yang menyukainya dan rasanya tak jauh berbeda dengan jenis abon lainnya.

Abon ayam dibuat dari daging ayam yang dikenal merupakan sumber protein dan energi untuk kesehatan tubuh. Daging ayam sebagian besar atau sekitar 74 persen berupa air. Sedangkan komposisi gizi daging ayam dalam setiap 100 gram juga cukup tinggi. Diantaranya protein sebanyak 22 persen, kalsium 13 mg, fosfor 190 mg, dan 1,5 mg zat besi. Daging ayam juga kaya vitamin A, vitamin C, dan E.

Abon Ayam
Abon Ayam

Daging ayam juga bersifat hangat dan sangat bermanfaat untuk memperkuat tubuh, menambah kekuatan wanita hamil maupun pasca sakit. Daging juga berguna untuk mengatasi bengkak.

Benarkah Pemanasan Abon Membuat Nutrisi Ayam Hilang?

Abon dibuat dengan cara digoreng dengan suhu tinggi dan lama. Searang ahli gizi asal Gorontalo, Djoko Sutopo menyebut jika proses pembuatan abon ayam dengan pemanasan tinggi membuat kandungan gizi dalam daging ayam rusak. Seperti dikutip dari tribun.com, “reaksi pencoklatan” yang dihasilkan dalam pembuatan abon menyebabkan protein rusak dan sulit dicerna oleh tubuh.

BACA JUGA:  Minuman Segar untuk Buka Puasa yang Nikmat, Bergizi dan Mudah Dibuat

“Abon sebaiknya hanya digunakan sebagai penyedap dan bukan sumber zat gizi. Sebab makanan yang tidak bisa dicerna tidak memberikan manfaat sebagai sumber zat gizi tapi hanya akan menjadi sampah,” katanya.

Bahkan ahli gizi ini menyarankan agar dalam mengkonsumsi abon tidak berlebihan atau terlalu banyak karena protein yang terbakar bisa berubah sifat potensialnya menjadi bersifat karsinogenik yang tidak baik untuk kesehatan.

Cara Membuat Abon Ayam yang Lembut dan Enak

Meskipunn masih terdapat silang pendapat tentang kandungannutrisi dalam abon, namun abon awet disimpan dalam waktu lama. Abon juga bisa menjadi alternative teman makan nasi agar tidak membosankan.

Cara membuat abon ayam yang lembut dan enak tidaklah sulit. Yuk langsung saja simak penjelesannya di bawah ini.

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat abon ayaam antara lain:

  • daging ayam 5 kg
  • ketumbar 25 gram
  • kemiri 125 gram
  • gula merah 350 gram
  • bawang merah 150 gram
  • bawang putih 50 gram
  • garam dapur 200 gram
  • kelapa untuk santan

Langkah-langkah cara membuat abon ayam yang lembut adalah sebagai berikut:

  1. Daging ayam dipotong kecil-kecil lalu dicuci dengan air bersih agar bersih dari kotoran dan sisa darah
  2. Masukkan daging ayam ke dalam air mendidih dan masak selama sekitar 30-60 menit.
  3. Setelah matang lalu daging didinginkan. Selanjutnya daging ditumbuk dan pisahkan serat-seratnya atau disuwir.
  4. Bisa menggunakan pisau atau mesin suwir daging ayam. Sisihkan
  5. Uleg atau tumbuk bahan gula merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan garam lalu campurkan. Setelah itu tumis dengan menggunakan minyak goreng sedikit dalam wajan panas.
  6. Parut kelapa dan buat menjadi santan lalu tuangkan ke dalam wajan tumisan
  7. Setelah itu masukkan daging ayam yang telah disuwir ke dalam tumisan sambil diaduk hingga tercampur sempurna. Masak hingga kering lalu angkat dan tiriskan.
  8. Masukkan dalam toples atau wadah tertutup dan abon ayam siap disajikan.
BACA JUGA:  Snack Buka Puasa dengan Kreasi yang Penuh Gizi

Demikianlah informasi tentang abon ayam dan cara membuatnya yang semoga bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here