Serba Serbi Fakta Tentang Tugu Pahlawan Surabaya

0
538
Jejakpiknikcom
jejakpiknik/com

Spesial.net – Tentunya kamu tahu tentang peristiwa pada tanggal 10 November 1945 silam? Ya, pada tanggal tersebut terjadi peristiwa penting tentang perjuangan rakyat Indonesia yang diwakili oleh warga Surabaya melawan militer sekutu saat itu dan akhirnya dikenang menjadi “Hari Pahlawan”. Peristiwa ini menjadi salah satu alasan didirikannya Tugu Pahlawan di kota Surabaya.

Tugu setinggi 41,15 meter ini berbentuk lingga atau paku dalam keadaan berdiri. Di tubuh monumen ini memiliki 10 lengkungan dengan 11 ruas. Tugu tersebut dirancang seperti itu bukan tanpa sebab, justru memiliki makna yang sangat dalam yaitu memiliki makna mewakili peristiwa pada tanggal 11 November tahun 45. Tugu tersebut berlokasi di Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan dekat dengan Kantor Gubernur Jawa Timur seluas 1,3 hektar.

Di balik kemegahan tugu ini pasti diprakasai oleh sosok arsiteknya. Namun, hingga sekarang ada dua pendapat yang mengatakan sosok arsitek tugu ini. Menurut Ir. Soendjasmono, tugu ini diajukan oleh Presiden saat itu, Ir. Soekarno, dan mendapat sambutan baik oleh Doel Arnowo selaku Walikota Surabaya saat itu. Kemudian diserahkan perancangannya kepada Ir. R. Soeratmoko. Tugu ini dikerjakan kurang lebih selama sepuluh bulan.

Sedangkan, menurut Gatot Barnowo, tugu ini justru diajukan oleh Kepala Daerah Kota Besar Surabaya, bapak Doel Arnowo dan diserahkan perancangannya kepada Ir. Tan. Terlepas siapa pengaju pertama dan arsitek yang bertanggung jawab selayaknya tidak perlu diperdebatkan terlalu panjang, siapapun itu mereka telah berjasa telah membuat tugu megah ini sebagai saksi sejarah perjuangan rakyat Indonesia.

BACA JUGA:  10 Proyek DIY, Tempat Sepatu Serbaguna

 

Diresmikannya Museum 10 Nopember

Mhannahctblogspotcom
mhannahct.blogspot.com

Demi mengenang semangat perjuangan rakyat Indonesia, diresmikanlah sebuah museum bernama museum 10 Nopember. Di dalamnya berisikan arsip-arsip dan berbagai macam hal yang menunjukan peristiwa saat itu. Museum ini diresmikan oleh presiden K.H. Abdurrahman Wahid pada 19 Februari tahun 2000.

Di dalam museum berisi beberapa peninggalan Bung Tomo selaku inisiator dan pembakar semangat, Bung Tomo. Disana ada rekaman asli Bung Tomo dari sebuah radio kuno.

Museum ini memiliki dua lantai, lantai 1 berisikan rekaman orasi Bung Tomo dan sebuah auditorium. Kemudian di lantai ada diorama (maket 3D) yang menggambarkan perjuangan masyarakat Surabaya saat itu, ruang pameran senjata, foto-foto dokumenter peristiwa 10 November 1945.

Seperti halnya museum pada umumnya yang memiliki ciri khas pada gedungnya, begitu juga halnya museum 10 Nopember memiliki interior yang apik serta eksterior yang sangat mewakilkan perjuangan rakyat Indonesia. Belum lagi ditambah patung tiga pemuda membawa senjata bambu runcing sedang melawan penjajah.

Museum memang bisa menjadi tempat wisata edukatif dimana membuat kita teringat lagi perjuangan nenek moyang sehingga muncul nasionalisme serta rasa syukur berkat perjuangan mereka kita bisa merasakan kemerdekaan. Seperti halnya yang sering diucapkan Ir. Soekarno bahwa jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena dengan memahami sejarah kita bisa mempelajari sesuatu dan membuat sesuatu yang lebih baik di masa kini dan untuk masa yang akan datang.

BACA JUGA:  13 Potret Dunia Fantasi Versi Murah di Taman Hiburan Rakyat Surabaya

Untuk memasuki Museum Sepuluh Nopember dan Tugu Pahlawan kamu bisa datang pada pukul 7 pagi hingga 3 sore. Harga tiket masuk sangat murah, sekitar 5 ribu rupiah. Dan Tugu Pahlawan berlokasi di Jalan Bubutan, Kecamatan Alun-alun Contong, Kota Surabaya. Dan untuk informasi bisa hubungi 0231 – 3571100 jika ada pertanyaan mengenai ijin kunjungan terutama jika kamu membawa rombongan besar.

=====

Beberapa spot wisata di Kota Surabaya lainnya

=====

SUMBER: wikipedia.co.id, gomuslim.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here