10 Fakta Mengenai Taman Bungkul Sebagai Taman Terbaik di Asia Tahun 2013

0
135
1001wisatacom
1001wisata.com

Spesial.net – Kota Surabaya mungkin saja bisa menjadi salah satu kota yang paling dirindukan di Indonesia. Ini semua karena banyak sekali perombakan terjadi di seluruh penjuru kota hingga kota Surabaya sekarang jauh berbeda dengan kota Surabaya dengan progres ke arah lebih baik, dikutip dari pernyataan Maia Estianty yang merupakan artis kelahiran Surabaya. Beliau menyatakan bahwa setelah beberapa tahun pergi meninggalkan Surabaya untuk pergi ke Jakarta dan berkunjung ke Surabaya. Salah satu terobosan yang dibuat Walikota Ibu Risma adalah pembuatan banyak ruang terbuka, yaitu taman untuk masyarakat kota Surabaya dan salah satu yang terkenal hingga penjuru dunia yaitu Taman Bungkul. Dalam artikel ini kami ulas beberapa fakta mengenai Taman Bungkul sebagai berikut.

 

  1. Dinobatkan Sebagai Taman Terbaik di Benua Asia Tahun 2013
Panduanwisataid
panduanwisata.id

Penobatan Taman Bungkul sebagai taman terbaik se-Asia diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Penghargaan tersebut bernama The 2013 Asian Townscape Award.

 

  1. Nama Taman Yang Diambil dari Nama Seorang Sunan Bungkul

Nama taman Bungkul diambil dari seorang tokoh agama Islam yang berpengaruh menyebarkan agama Islam di wilayah Surabaya dijuluki Sunan Bungkul, memiliki nama Ki Ageng Supo. Untuk mengenang jasanya, Sunan tersebut dimakamkan di belakang taman ini.

 

  1. Alamat dan Waktu Buka

Taman Bungkul beralamat di Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, kota Surabaya. Untuk berkunjung ke taman ini, kamu tiba setelah pukul 6 pagi dan tutup pada pukul 12 malam. Meskipun baru ditutup pada pukul 12 malam, lebih kamu pulang lebih awal dimaksudkan untuk menghindari kejahatan di taman dan juga kejahatan sepanjang perjalanan pulang.

BACA JUGA:  Ratusan Menu Kuliner Yang Bisa Kamu Nikmati di Food Junction Surabaya

 

  1. Macam-macam Flora Yang Dilestarikan di Taman Bungkul

Taman seluas 900 m2 ini ditanami berbagai macam tanaman, seperti Bintaro Merah, Beringin Putih, Joklan, Anggur Laut, Pagoda, Pucuk Merah, Mawar Jambe, Siang Malam, Nanas Jepang Palem Putri dan bahkan Sakura juga ada. Tanaman tersebut membuat taman terlihat asri dan membawa kesejukan di tengah kota Surabaya.

 

  1. Sering Menjadi Pusat Kegiatan Masyarakat
Tempatwisatamucom
tempatwisatamu.com

Dibuatnya taman kota memang memiliki tujuan sebagai tempat berkumpulnya berbagai elemen masyarakat, baik itu usia, latar belakang dan termasuk komunitas, selama itu positif. Sebagai pusat kegiatan masyarakat, taman bungkul ini memiliki plaza yang cukup luas dan jika malam tiba sering muncul air terjun kecil dari bawah lantai.

 

  1. Taman Ramah Anak-anak
Wisatajatiminfo Taman
wisatajatim.info

Taman ini bisa menjadi alternatif tempat wisata untuk keluarga, selain tidak menghabiskan biaya banyak tetapi juga taman ini ramah terhadap anak. Banyak fasilitas yang bisa dilakukan oleh anak-anak, seperti perosotan, jungkat-jungkit, mangkok putar, ayunan bangku, ayunan rantai, tangga majemuk, rumah perosotan, dan masih banyak lainnya.

 

  1. Kondisi Taman Yang Begitu Bersih

Kebersihan memang menjadi salah satu prioritas disini. Bukti dari penyataan tersebut adalah, taman ini dilengkapi tempat sampah yang memadai sehingga tidak alasan untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, kondisi toilet yang bersih menjadi perhatian utama dan juga disini disediakan wastafel dengan air siap minum. Tentunya, untuk menggunakan wastafel ini harus ikuti petunjuk penggunaan. Penataan pedagang kaki lima pun (PKL) sangat baik, dimana potensi munculnya sampah biasanya berasal dari PKL bisa diminimalisir.

BACA JUGA:  10 Spot Bermain di Sekitaran Taman Skate & BMX Surabaya

 

  1. Memiliki Taman Khusus Sepeda BMX dan Skateboard
Wisatajatiminfo
wisatajatim.info

Jika kamu atau temanmu adalah pecinta olahraga seperti sepeda atraksi (BMX) atau skateboard, maka taman ini sangat memfasilitasi hobi tersebut. Dengan dibuatnya area khusus bermain olahraga tersebut membuat nyaman pengunjung yang lain dan tentunya pengguna area skateboard ini.

 

  1. Car Free Day di Taman Bungkul
Tribunnewscom
tribunnews.com

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa taman bungkul menjadi pusat berkumpul masyarakat, dan acara yang sering digelar di taman ini adalah Car Free Day. Car Free Day sendiri digelar dari pukul 6 pagi hingga 9 pagi, berisikan kegiatan masyarakat dan wisata kuliner.

 

  1. Insiden Ice Cream Walls

Pada tahun 2014, perusahaan es krim terkemuka Walls pernah menggelar hari es krim gratis. Tapi, di luar dugaan pengunjung nampak membludak sehingga membuat taman bungkul berantakan. Kejadian ini sempat memanas hingga akhirnya terjadi kesepakatan damai dan pihak Walls bersedia bertanggung jawab.

 

==

Beberapa spot wisata lainnya di kota Surabaya

 

==

SUMBER: wikipedia.co.id, jejakpiknik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here