Wisata Vintage Melihat Gereja Kepanjen Peninggalan Belanda

0
247
Mediarooangcom
media.rooang.com

Spesial.net – Maraknya sosial media membuat berburu latar foto yang bagus menjadi salah satu tujuan dalam mengunjungi sebuah tempat wisata. Maka dari itu tempat – tempat yang memiliki nilai sejarah atau vintage selalu menjadi pilihan. Memamerkan foto dengan latar yang klasik akan menampilkan nilai tersendiri di kalangan teman – teman di media sosial. Dan salah satu gedung yang memiliki nilai vintage keren di Surabaya ada di gereja Kepanjen. Gereja yang memiliki nama lain Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria memiliki umur yang sangat panjang dan bisa dibilang sebagai salah satu gereja tertua di Surabaya. Gereja ini berlokasi di Jalan Kepanjen nomor 4 – 6, Krembangan Selatan, Kota Surabaya bersebelahan dengan gedung Sekolah Menengah Atas Katolik Frateran Surabaya. Dan gedungnya mulai dibangun pada tahun 1899 dibantu oleh arsitek dari Semarang, W. Westmass dan diresmikan setahun kemudian.

Gedung gereja ini memiliki sejarah panjang di Surabaya, berawal dari kedatangan dua pastor asal Belanda, yaitu Hendricus Waanders dan Philipus Wedding pada tanggal 12 Juli 1810. Pastor Waanders berencana menetap di Surabaya sedangkan pastor Wedding pergi ke Batavia (saat ini bernama Jakarta). Beliau menetap di Jalan Gatotan yang dijadikan sebagai tempat peribatan sementara dan sekarang telah menjadi Sekolah Dasar Kristen Santo Aloysius. Hingga didirikan sebuah gereja di Roomsche Kerkstraat (Jalan Cenderawasih). Singkat cerita gereja ini menjadi salah satu korban perang saat itu sehingga mengalami kerusakan bahkan sebagai terbakar habis pada tahun 1945. Tapi beruntung, gereja ini dibangun kembali dengan arsitektur yang kurang lebih mirip hanya saja tidak memiliki menara.

BACA JUGA:  Menikmati Sate Lisidu Yang Merupakan Sate Legenda di Surabaya

Bentuk gedung gereja ini sangat unik yaitu berbentuk salib dengan bagian panjang mengarah ke jalan raya. Tanpa meninggalkan karakteristik khas Belanda, gereja ini mampu menghipnotis mata yang memandang dengan arsitektur yang klasik tetapi megah. Melihat sisi depan gedung gereja ini akan mengingatkan anda pada film – film romantis Eropa dimana upacara pernikahan diadakan di sebuah gereja yang begitu megah. Bentuk jendela yang melingkar di atas pintu utama dan tembok berbata ini menciptakan halusinasi masa lalu dan bahkan akan membuat anda sekejap menjadi seorang artis media sosial.

Youtube ImelL Praxia
youtube.com/ImelL Praxia

Beralih ke dalam, ketika anda melihat interiornya sungguh membuat terpana. Suasana klasik yang diberikan, atap yang melihatkan rusuk – rusuk bangunan terbuat kayu ini tentunya sangat indah. Di setiap tembok terpasang jendela – jendela besar membawa cahaya masuk sehingga akan terlihat cerah tanpa menggunakan lampu sekalipun. Seperti halnya gereja pada umumnya, sekeliling gereja diisi oleh ornamen – ornamen gereja dan juga bangku – bangku panjang untuk para jamaah.

Stefanuschristian64blogspotcom
stefanuschristian64.blogspot.com

Pastor di gereja ini sangat baik mengijinkan anda untuk berkeliling di dalam gereja selama tidak sedang melaksanakan ibadah Misa. Jadwal ibadah Misa dilaksanakan setiap Sabtu pukul 6 petang dan Minggu pada pukul 6 pagi, 8 pagi dan 6 sore. Selain itu, pastor disini dengan senang hati akan menceritakan sejarah – sejarah berkaitan dengan gereja Kepanjen ini. Ini tentunya sangat menarik terutama untuk anda yang memiliki ketertarikan terhadap sejarah Indonesia, khususnya sejarah perkembangan kristen di kota Surabaya.

BACA JUGA:  Berburu Foto di Gudang Bangkai Gerbong Kereta Api Stasiun Sidotopo Surabaya

Tidak ada tiket masuk untuk memasuki gereja ini, tetapi jika anda ingin menyumbang sukarela tentu saja dipersilahkan. Dan untuk akses ke gereja ini cukup mudah, salah satunya anda bisa pergi ke Terminal Joyoboyo, menaiki Lyn. M, kemudian turun di Jalan Indrapura dan dilanjutkan berjalan kaki menuju Jalan Kepanjen.

 

==

Rekomendasi tempat bermain di Surabaya

 

==

SUMBER: wikipedia.co.id, negerisendiri.com, inilahsurabaya.blogspot.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here