Cara Membuat Cemilan Sederhana dari Umbi Talas yang Bergizi

0
407
Cara Membuat Cemilan Sederhana
Cara Membuat Cemilan Sederhana

SPESIAL.NET – Anda sedang bingung mencari info cara membuat cemilan sederhana? Kenapa tidak mencoba keripik talas yang kaya gizi?

Selama ini masyarakat yang mencari makanan pengganti nasi umumnya terpaku pada beberapa jenis umbi, seperti singkong maupun kentang. Selain memiliki nutrisi yang baik, kedua bahan makanan ini memang cukup popular. Namun ternyata masih ada jenis umbi lainnya yang juga tak kalah menariknya, yaitu talas.

Talas (Colocasia esculenta) merupakan jenis umbi-umbian yang cukup popular bagi masyarakat Indonesia. Jenis umbi ini juga diketahui merupakan sumber karbohidrat penting yang bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Apalagi banyak nutrisi penting lainnya terdapat dalam talas ini.

Manfaat Umbi Talas untuk Kesehatan

Kandungan karbohidrat talas bisa dikata hampir sama dengan nasi, yaitu sekitar 35 gram per 100 gram. Talas juga merupakan sumber energi yang mencapai 98 kkal dan protein sebesar 1,9 gram. Vitamin C dalam talas juga cukup besar, yaitu sebanyak 4 mg, vitamin A sebanyak 20 IU, dan vitamin B1 0,13 mg. Sedangkan kandungan kalsium talas sebanyak 28 mg, fosfor 61 mg, dan zat besi 1 mg. Talas juga rendah lemak yaitu hanya 0,2 gram.

Cara Membuat Cemilan Sederhana
Cara Membuat Cemilan Sederhana

Talas juga diketahui mengandung Vitamin E yang cukup tinggi dan bermanfaat sebagai antioksidan untuk menekan risiko penyakit kardiovaskuler, menyehatkan kulit, dan meningkatkan sistem imun tubuh. Talas juga kaya serat yang mampu memenuhi sekitar 25 persen kebutuhan serat harian tubuh. Serat berguna melancarkan pencernaan, untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh, dan baik untuk program diet.

BACA JUGA:  Menu Buka Puasa yang Enak dengan Resep Daging

Yang menarik, indeks glikemik talas juga cukup rendah, yaitu 53 yang masih aman dikonsumsi penderita diabetes. Bahkan talas bersifat gluten free protein yang aman bagi orang yang alergi terhadap gluten.

Cara Membuat Cemilan Sederhana Keripik Talas Pedas Manis

Umbi talas ternyata juga enak dijadikan keripik talas yang renyah. Namun kelemahan talas adalah ssifatnya yang bisa menyebabkan rasa gatal jika dimakan terutama pada bagian kulit terluarnya.

Karena itu dalam pengolahannya mengupas talas jangan terlalu tipis melainkan harus dikupas agak tebal untuk membuang lapisan terluarnya. Setelah dikupas talas juga harus dinetralisir dengan direndam dalam larutan air garam plus kapur sirih.

Nah, berikut ini resep cara membuat cemilan sederhana keripik talas pedas manis yang mudah untuk cemilan santai dan menyehatkan di rumah.

Bahan yang diperlukan untuk membuat keripik talas pedas manis terdiri dari:

  • umbi talas 4 buah
  • air garam 2 sdm
  • bawang putih 3 siung
  • kapur sirih 1 sdt
  • bumbu tabur rasa balado dan rasa pedas manis 1 sachet
  • minyak goreng secukupnya
  • air bersih 1 liter

Bahan untuk bumbu tabur keripik talas antara lain:

  • bawang merah 5 butir
  • cabai merah besar 5 buah
  • cabai merah keriting 5 buah
  • daun salam 2 helai
  • garam 1 sdt
  • gula pasir 50 gram
  • asam jawa secukupnya

Cara membuat bumbu tabur keripik talas adalah sebagai berikut:

  1. Haluskan dan campurkan semua bumbu dengan blender sampai rata.
  2. Setelah itu pindahkan ke piring dan siapkan ditaburkan
BACA JUGA:  Makanan untuk Buka Puasa yang Sebaiknya Dihindari

Cara membuat keripik talas pedas manis adalah sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu kupas talas agak tebal lalu rendam dalam air yang sudah dicampur garam dan kapur sirih. Aduk-aduk dan rendam sekitar 15 menit
  2. Setelah itu talas diiris tipis-tipis ataupun bentuk stik sesuai selera.
  3. Selanjutnya rendam irisan talas dalam air yang sudah ditambahkan garam dan ulekan bawang putih. Aduk agar tercampur merata dan diamkan sekitar 10 menit.
  4. Setelah itu goreng talas sampai matang dan tiriskan.
  5. Sesudah agak kering, taburkan di atasnya bumbu tabur seperti rasa pedas manis atau balado lalu masukkan dalam wadah tertutup dan keripik talas siap disantap.

Demikian cara membuat cemilan sederhana keripik talas pedas manis yang bergizi dan kaya nutrisi dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here