Spesifikasi Kapal Selam Bersejarah KRI Pasopati 410 Perebut Irian Barat

0
99
Travelkompascom
travel.kompas.com

Spesial.net – Belajar sejarah terkadang memang membuat kantuk. Tetapi, berbeda jika anda belajar sejarah tetapi sambil berwisata. Banyak sekali tempat wisata yang merupakan hasil peninggalan sejarah, tak terkecuali Monumen Kapal Selam di Surabaya ini. Monumen yang berlokasi Jalan Pemuda nomor 39, Embong Kaliasin ini merupakan saksi sejarah bahwa Indonesia pernah berjaya di wilayah maritim. Monumen kapal selam ini merupakan kapal selam asli KRI Pasopati 410, sehingga interiornya merupakan asli. Ketika anda berkeliling dan memasuki kapal selam ini akan terasa bahwa kapal selam ini asli. Resmi dibuka pada tanggal 15 Juli 1998, kapal selam ini merupakan salah satu dari Armada Divisi Timur yang ikut andil dalam pembebasan Irian barat.

 

Spesifikasi Kapal Selam KRI Pasopati 410

Kapal selam bertipe SS Whiskey Class buatan Rusia saat itu sudah mulai diikutsertakan dalam operasi militer angkatan laut sejak tahun 1962. Dan berikut spesifikasi KRI Pasopati.

KRI Pasopati memiliki ukuran 76,6 m x 6,3 m dan memiliki berat kosong 1.050 ton. Kapal ini dipersenjatai 12 torpedo uap gas berukuran 7 meter. Bergerak menggunakan bahan bakar diesel diukung oleh 6 baling-baling dan mampu melaju dengan kecepatan hingga 13,6 knot di bawah permukaan atau setara dengan ± 25 km per jam.

Secara garis besar, terdapat 7 ruangan di dalam KRI Pasopati ini, yaitu:

  • Ruangan haluan torpedo, tempat penyimpatan torpedo dipersenjatai oleh 4 torpedo propeller
  • Ruang Komandan, ruang makan, dan ruang kerja. Di bawah dek terdapat ruang baterai I
  • Jembatan utama dan Pusat Komando, dan di bawahnya tersimpan ruang penyimpanan makanan
  • Ruangan awak kapal dan dapur serta ruang penyimpanan baterai II di bawahnya
  • Ruangan Mesin Diesel dan Terminal Mesin
  • Kamar Mesin Listrik
  • Ruang Torpedo di bagian buritan, terisi dengan 2 torpedo
BACA JUGA:  10 Spot Bermain di Sekitaran Taman Skate & BMX Surabaya

 

Fasilitas Pendukung

Setelah berkeliling di dalam kapal selam tentunya anda mencari-cari atraksi lain yang disediakan disini. Monumen Kapal Selam ini menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti kolam renang untuk anak – anak dengan tiket masuk senilai 8 ribu rupiah, video rama dengan audio yang mumpuni, serta booth makanan dan oleh – oleh. Selain itu juga, disini disewakan kapal motor mengelilingi Kalimas dengan harga 20 ribu rupiah. Harga tersebut sudah termasuk rute perjalanan dari Monumen Kapal Selam menuju Taman Prestasi dengan tujuan akhir Museum Surabaya dan kembali lagi menuju monumen.

Fasilitas kapal motor hanya dibuka pada akhir pekan yaitu Sabtu pada pukul 6 sore hingga 9 malam, sedangkan pada hari Minggu dibuka dua sesi, yaitu sesi pagi dari pukul 7 pagi hingga 12 siang dan sesi malam dari pukul 6 sore hingga 9 malam.

Harga tiket masuk tempat ini berkisar 15 ribu rupiah per Maret 2018 lalu. Untuk anda yang punya keinginan datang kesini pastikan untuk datang pada jam yang ditentukan, yaitu Senin – Minggu dari pukul 8 pagi hingga 9 malam. Setiap Sabtu dan Minggu biasanya diadakan pagelaran seni Reog Ponorogo.

Bermain sambil belajar memang selalu mengasyikan, salah satunya mengunjungi Monumen Kapal Selam di Surabaya. Tidak pernah disangka bahwa Indonesia memiliki kapal selam secanggih ini pada masanya dan kita bisa ikut merasakan betapa besarnya pengorbanan dan perjuangan militer negara ini merebut apa yang telah direbut oleh penjajah selama ini. Maka dari jangan sekalipun melupakan sejarah begitulah yang seringkali diucap bapak proklamasi kita, Ir. Soekarno.

BACA JUGA:  5 Pantai Terindah Untuk Liburan Bersama Kekasih

 

==

Wisata Seru di Surabaya

 

==

SUMBER: monkasel.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here