7 Kemegahan Arsitektur Masjid Raya Al Akbar

0
264
Sostravelindoblogspotcom
sostravelindo.blogspot.com

Spesial.net – Masjid Raya Al Akbar atau juga biasa disebut Masjid Raya Surabaya merupakan masjid terbesar kedua setelah masjid raya Istiqlal, Jakarta. Jika dilihat di luar, masjid dengan kubah warna hijau dan di antaranya berdiri satu menara setinggi 99 meter. Masjid raya ini dibangun pada tahun 1995, tetapi karena terjadi krisis moneter sehingga baru selesai pada tahun 2001 dan diresmikan oleh presiden saat itu, K.H. Abdurrahman Wahid. Seberapa megahkah masjid yang satu ini, berikut detailnya.

 

Ukuran Masjid

Luas bangun masjid ini seluas 22.300 meter persegi, dengan panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Di tengah bagunan terdapat kubah besar dan dikelilingi emoat kubah kecil. Bahan material kubah yang digunakan sama dengan bahan material kubah di masjid raya Selangor Malaysia. Dan saat anda memasuki pintu utama akan terasa kemegahan yang sangat luar biasa.

 

Konstruksi Bangunan

Siapa yang sangka jika masjid semegah ini dibangun di atas permukaan tanah yang tandus dan keras. Tentunya, dibutuhkan seseorang yang sangat handal untuk membangun masjid ini dan tim arsitektur dari Institut Teknik Surabaya mendapatkan kehormatan merancangnya. Dikarenakan permukaan yang keras, dipasangkan 2000 tiang pancang sebagai pondasi agar bangunan tetap kokoh.

Wikipediaorg
wikipedia.org

Ketika memasuki masjid ini, anda tidak akan melihat satupun tiang penyangga di tengah-tengah ruangan seperti halnya masjid pada umumnya. Semua ini dirancang sedemikian rupa dan mungkin dimaksudkan agar tidak ada shaf terpotong karena terhalang tiang.

BACA JUGA:  Wisata Edukatif Bekenalan dengan Sejarah Kota Surabaya di Museum Surabaya

 

Kubah Masjid

Kubah utama masjid raya Surabaya memiliki dimensi rangka 54 meter x 54 meter. Dan di puncah kubah ditambahkan sebuah kubah berbentuk telur sehingga terlihat menonjol dibanding kubah lainnya. Untuk mencegah kebocoran, kubah ini dilapisi oleh atap kedap air, ESP sebagai lapisan paling luar dan lapisan plafon. Kelebihan konstruksi akan menimialisir suhu panas dalam ruangan seperti halnya kita tahu cuaca pans Surabaya  demi kenyamanan jamaah.

Liputan6com
liputan6.com

Pintu Masjid

Pintu masjid satu sangatlah tinggi dan besar dengan hiasan warna emas di tengahnya. Pintu ini terbuat dari kayu jadi sehingga tahan rayap dan pelapukan dan kusen berbahan dasar besi tahan karat. Jika dihitung-hitung, berat daun pintu ini mencapai 250 kilogram.

 

Mimbar Masjid

Mimbar dengan ciri khas pada beberapa masjid di Jawa Tengah dan Jawa Timur dibentuk seperti rumah kecil berisikan podium. Sentuhan ornamen mimbar ini dikerjakan oleh pengrajin asal Madura.

 

Menara Masjid

Dahulu masjid ini direncanakan memiliki 6 buah menara, tetapi karena terkendala biaya dan teknis maka dibuatkan empat menara menggunakan teknologi Slip Form sehingga mampu rampung dalam dua bulan. Menara bisa dinaiki sekitar 30 orang hingga ketinggian 68 meter untuk anda yang ingin melihat landscape kota Surabaya.

 

Aula Masjid

Aula masjid seluas 520 meter persegi berfungsi sebagai lahan peribadahan dengan jamaah yang besar sepeti shalat Ied atau acara besar lainnya. Menggunakan hiasan kaca patri dengan sistem triple glaze unit berfungsi sebagai peredam suara.

BACA JUGA:  5 Kedai Bakso Favorit di Bandung yang Pecinta Baso Wajib Coba!

 

Selain berfungsi sebagai media dakwah dan tempat ibadah, masjid ini memiliki fasilitas lain seperti perpustakaan, poliklinik dan madrasah. Jadi jika anda berencana mampir ke masjid ini tentunya tidak akan merasa nyaman. Dimana arsitekturnya dibuat agar jamaah bisa khusyu untuk beribadah.

Masjid Raya Al Akbar berlokasi di Jalan Masjid Al Akbar Utara nomor 1, Pagesangan, Jambangan, kota Surabaya. Semoga selain mendapat kesan religi tapi juga bisa menjadi tempat yang menyegarkan perasaan.

 

==

Artikel Wisata Seru di Surabaya Terbaru

 

==

SUMBER: wikipedia.co.id, masjidalakbar.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here