Resep Keripik Singkong, Kreasi Cemilan Sehat Untuk Semua Usia

0
249
Resep Keripik Singkong
Resep Keripik Singkong

SPESIAL.NET — Resep keripik singkong termasuk yang popular dan banyak dicari masyarakat, termasuk ibu-ibu rumah tannga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Selain cra membuatnya yang cukup mudah, biaya membuatnya yang tidak mahal, cemilan ini amat disukai semua orang dari berbagai usia.

Singkong dikenal dengan seejumlaah sebutan, seperti ketela pohon atau umbi kayu. Umbian yang masuk dalam keluarga Euphorbiaceae ini termausk jenis makanan pokok yang kaya karbohidrat. Daun singkong pun sering dijadikan lalapan yang bergizi dan nikmat.

Resep Keripik Singkong
Resep Keripik Singkong

Jenis Singkong

Jika anda tertarik membuat resep keripik singkong ini ada baiknya mengenal beberapa jenis singkong yang baik untuk dijadikan keripik.

Singkong Kuning

Jenis yang popular juga dengan sebutan singkong mentega ini memiliki cita rasa yang kenyal dan legit. Jenis sigkong ini banyak dijadikan keripik dengan tekstur yang menarik dan enak. Singkong jensi ini juga sering dimanfaatkan untuk tape manis yang enak.

Singkong Gajah

Singkong gajah yang berasal dari Kalimantan Timur ini cita rasa yang gurih juga banyak dimanfaatkan untuk dijadikan keripik. Seperti namanya, ukuran singkong ini cukupp besar dan sering dijadikan tepung ataupun dikonsumsi langsung sebagai pengganti beras.

Singkong Mangu

Singkong mangu memiliki cita rasa yang manis dan dagingnya renyah dan empuk. Singkong ini juga mudah dibudidayakan.

Singkong Putih

Singkong yang berwarna putih dan bertekstur keras ddann umumnya lebih enak jika diolah dengan cara direbus, dikukus, ataupun diolah untuk kolak atau sup singkong.

BACA JUGA:  Resep Menu Ramadhan yg Enak dan Sederhana Tanpa Ribet

Resep Keripik Singkong Balado

Untuk resep keripik singkong balado umumnya disukai karena pedasnya. Meskipun begitu anda bisa menyesuaikannya dan membuat rasanya pedas biasa atau agak pedas dengan menambahkan takaran cabenya.

Bahan yang diperlukan untuk membuat keripik singkong balado terdiri dari :

  • singkong 1 kg
  • cabe merah 15 buah
  • cabe rawit merah 8 buah
  • bawang merah 5 siung
  • bawang putih 2 siung
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • cuka secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Sedangkan cara membuat keripik singkong balado adalah sebagai berikut:

  1. Singkong dikupas terlebih dahulu lalu dicuci. Setelah itu dipotong tipis-tipis dengan ukuran yang sama dan dicuci lagi. Sebaiknya gunakan alat potong manual agar ketebalannya sama dan cukup tipis.
  2. Panaskan wajan yang sudah diberi minyak goreng lalu goreng singkong sampai garing atau berwarna kecoklatan. Selama menggoreng harus sambil diaduk agar matang merata dan sempurna.
  3. Setelah itu uleg dan haluskan semua bahan bumbu lalu tumis sampaii tercium aroma harum. Tambahkan cuka, garam, dan gula. Tes rasanya dan jika kurang tambahkan.
    Selanjutnya masukkan singkong yang sudah digoreng ke dalam tumisan dan aduk hingga merata.
  4. Setelah matang lalu angkat dan tiriskan di atas kertas koran agar minyaknya terserap. Masukkan toples dan keripik singkong siap disantap.

Resep Keripik Singkong Cokelat

Kreasi resep keripik singkong cokelat termasuk yang juga banyak disukai masyarakat, termasuk anak-anak. Anda bisa membuat ccemilan sehat ini tanpa rasa pedas sehingga bisa dikonsumsi semua usia.

BACA JUGA:  Cara Membuat Keripik Nangka Cemilan Manis yang Kaya Gizi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat keripik singkong cokelat antara lain:

  • singkong 500 gram
  • air kapur sirih 1 sdt
  • gula pasir 200 gram
  • kayu manis bubuk 2 sdt
  • garam 1 sdt
  • minyak goreng
  • air es 500 ml
  • air bersh 200 ml

Cara membuat keripik singkong cokelat addalah sebagai berikut:

  1. Singkong dikupas dan dicuci terlebih dahulu lalu diiris tipis dan bersih.
  2. Campurkan air kapur sirih, garam, dan air es lalu rendam potongan singkong selama sekitar 30 menit lalu tiriskan sampai kering.
  3. Selanjutnya singkong digoreng sampai matang dan renyah.
  4. Siapkan wadah lain dan campurkan bahan cokelat bubuk, kayu manis bubuk, gula pasir, air, dan garam lalu aduk hingga rata.
  5. Setelah itu masak campuran coklat sampai berbusa. Setelah itu masukkan singkong ke dalamnya dan aduk sampai rata.
  6. Selanjutnya angkat singkong dan keringkan. Masukkan ke tples dan siap dinikmati.

Itulah kreasi resep keripik singkong sebagai cemilan sehat untuk semua usia yang bisa anda buat sendiri di rumah, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here