Tips Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Teh Hijau

0
98
Asian Blur Bracelet 730804
Asian Blur Bracelet 730804

SPESIAL.NET – Tips Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Teh Hijau. Menurunkan berat badan dapat menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang, apalagi dengan semakin banyaknya metode dan produk diet yang menjanjikan dapat mengurangi berat badan Anda dengan cepat. Namun, Anda harus cermat dalam menentukan produk apa yang sesuai dan aman bagi kesehatan Anda. Jangan sampai Anda memilih produk yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh.

Salah satu solusinya, Anda dapat mengonsumsi teh hijau. Teh hijau telah diminum selama berabad-abad karena manfaatnya bagi kesehatan, tetapi ternyata minuman ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menemukan bahwa flavonoid dan kafein dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan laju metabolisme, meningkatkan oksidasi lemak, dan bahkan meningkatkan aktivitas insulin. Satu studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau dan kafein kehilangan rata-rata 1,5 kilogram selama periode 12 minggu, sambil tetap menjalankan metode diet rutin mereka. Studi lain menunjukkan peningkatan output kalori sama dengan sekitar 100 kalori selama periode 24 jam.

Untuk membakar potensi 100 kalori ekstra sehari, teh hijau perlu dikonsumsi dua hingga tiga kali sehari. Saat menyeduh teh hijau, berhati-hatilah, karena air mendidih kurang baik bagi katekin, senyawa dalam teh hijau yang dapat mendorong penurunan berat badan. Didihkan air Anda, tetapi diamkan selama sepuluh menit. Kemudian, tuangkan air di atas teh dan seduh sekitar satu menit sebelum disajikan. Dan berhati-hatilah untuk tidak menambahkan madu atau gula ke dalam teh hijau Anda.

Selain untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga memilih beberapa manfaat lain, di antaranya adalah.

 

  • Senyawa dalam teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak dan membuat anda lebih cerdas
BACA JUGA:  Pilihan Buah Untuk Menurunkan Kolesterol yang Ampuh

Teh hijau tidak hanya membuat Anda tetap terjaga, tetapi juga bisa membuat Anda lebih pintar. Bahan aktif utama yang terdapat dalam teh hijau adalah kafein. Selain kafein, teh hijau juga memiliki asam amino L-theanine. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine dapat memiliki efek sinergis. Kombinasi keduanya sangat ampuh dalam meningkatkan fungsi otak.

 

  • Antioksidan dalam teh hijau dapat menurunkan risiko penyakit kanker

 

Teh hijau memiliki antioksidan tinggi yang dapat melindungi dari kanker. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa peminum teh hijau memiliki risiko lebih rendah terhadap berbagai jenis kanker.

 

  • Teh hijau dapat menurunkan risiko alzheimer dan parkinson

 

Senyawa bioaktif dalam teh hijau dapat memiliki berbagai efek perlindungan pada otak. Mereka dapat mengurangi risiko Alzheimer dan Parkinson, dua gangguan neurodegeneratif yang paling umum.

 

  • Teh hijau dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2

 

Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah. Mereka yang rutin mengonsumsi teh hijau memiliki risiko 42% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

 

  • Teh hijau dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

 

Ada beberapa data yang menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau penyempitan arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, atau stroke. Dan tidak perlu minum dalam jumlah besar untuk mencapai manfaat yang signifikan. Dalam sebuah studi yang melibatkan lebih dari 40.500 orang dewasa, peneliti Jepang menemukan bahwa orang yang meminum lima atau lebih cangkir teh hijau per hari berpotensi 26 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit kardiovaskular selama periode 11 tahun dibanding mereka yang minum hanya satu cangkir per hari. 

Ternyata selain untuk menurunkan berat badan, meminum teh hijau pun dapat memberikan manfaat yang lain untuk kesehatan Anda. Selain dengan minum cangkir teh hijau, Anda juga harus menerapkan metode lain untuk mempercepat metabolisme sepanjang hari. Kiat-kiat sederhana ini meningkatkan jumlah energi yang dibakar tubuh, menghasilkan penurunan berat badan yang lebih efektif. Salah satu cara untuk mempercepat metabolisme adalah dengan tidak melewatkan sarapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here