5 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Musim Hujan

0
107
Action Bicycle Bike 763398
Action Bicycle Bike 763398

SPESIAL.NET – 5 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Musim Hujan. Musim hujan telah tiba. Biasanya Anda akan merasa malas dan lapar sepanjang waktu! Ketika suhu udara turun, melangkah keluar untuk berjalan kaki atau bahkan melakukan olahraga dalam ruangan membutuhkan motivasi yang lebih dari sebelumnya. Ketika musim hujan tiba, Anda cenderung akan menghindari kegiatan di luar ruangan, lebih sedikit berkeringat, dan juga makan lebih banyak. Tiga hal tersebut dapat berefek pada kenaikan berat badan Anda. Selain itu, asupan air yang masuk ke dalam tubuh Anda pun biasanya berkurang ketika cuaca sedang dingin. Hal itu dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi dan akhirnya menumpuk lebih banyak kalori dalam tubuh.

Jadi, adakah cara untuk mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan? Beberapa hal sederhana di bawah ini dapat memangkas lemak dalam tubuh Anda dan dapat membuat Anda lebih berenergi jika dilakukan secara konsisten.  

1. Pilih makanan yang segar dan hindari makanan olahan.

Musim hujan biasanya membuat Anda malas keluar rumah untuk berbelanja bahan makanan segar. Pilihan terbaik yang biasanya terpikir oleh Anda adalah memasak makanan olahan yang cara penyajiannya mudah. Mengonsumsi makanan kemasan atau olahan berarti Anda memasukkan natrium, pengawet, dan gula yang berlebihan, yang semuanya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Padahal, musim dingin adalah masa ketika pasar penuh dengan sayuran segar. Anda dapat berbelanja makanan segar di awal untuk persediaan beberapa pekan ke depan. Masukan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam kulkas agar kondisinya tetap baik.

2. Meminum teh hijau

BACA JUGA:  Ingin Diet Tips Tanpa Lapar? Perhatikan Hal Ini!

Musim dingin biasanya membuat Anda merasa jarang haus, dan mengakibatkan Anda mengalami dehidrasi tanpa disadari. Kita lebih sering merasakan lapar, ketimbang haus. Bisa jadi sinyal lapar yang diberikan tubuh tersebut bukan berarti Anda membutuhkan makanan, melainkan tanda bahwa Anda membutuhkan air.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menyeduh teh hijau. Selain bagus untuk kesehatan dan dapat menghangatkan tubuh dari cuaca dingin yang menyerang, teh hijau juga diketahui dapat menurunkan berat badan.

3. Makan sup rendah kalori sebelum makan

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Penn State University, makan sup rendah kalori tepat sebelum makan bisa membuat Anda tidak makan terlalu banyak, sehingga mengurangi konsumsi kalori. Studi ini dipresentasikan pada Konferensi Biologi Eksperimental di Washington D.C. Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta yang makan sup sebelum makan siang mengurangi total asupan kalori sebesar 20 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi sup. Studi ini juga menyebutkan bahwa Anda harus memilih sup rendah kalori yang berbasis kaldu daripada sup tinggi kalori yang berbasis krim, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Perbanyak mengonsumsi protein

Protein dapat membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, protein dapat mencegah Anda dari mengonsumsi makanan yang manis dan membuat gemuk, terutama selama musim hujan. Selain itu, protein juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah yang bisa membantu menurunkan berat badan secara efisien.

5. Melakukan aktivitas fisik dalam ruangan

BACA JUGA:  5 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Selama musim hujan, Anda biasanya malas untuk berolahraga di luar ruangan. Solusinya, Anda dapat melakukan aktivitas fisik di dalam ruangan, seperti yoga, pilates, menari, dan sebagainya. Lakukan aktivitas tersebut setidaknya 20 menit untuk membuat tubuh Anda bugar dan membantu menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan saat musim hujan bisa menjadi sangat sulit. Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda bisa membakar lemak tubuh dan juga tetap sehat saat musim hujan tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here