Wisata Edukatif Bekenalan dengan Sejarah Kota Surabaya di Museum Surabaya

0
207
Museum Surabaya
ngetren.co.id

Spesial.net – Bisa dipastikan ketika anda berjalan-jalan di setiap sudut kota Surabaya adalah saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia, tidak terkecuali di jalan Tunjungan. Jalan yang menjadi saksi bisu perobekan bendera Belanda dan juga gemuruh semangat bung Tomo. Dan seiring perjalanan waktu, jalan ini menjadi salah satu jalan yang damai dan digemari wisatawan. Ada satu bangunan peninggalan investor Inggris yang kini telah menjadi museum bernama Museum Surabaya.

Singkat cerita, dahulu Museum Surabaya adalah gedung pusat penjualan tekstil dan pakaian. Seiring berjalan waktu, berubah menjadi toserba terbesar di wilayah Hindia Belanda. Setelah 28 tahun beroperasi sebagai pusat perbelanjaan pada tahun 1998 tutup karena kalah persaingan. Dan pada tahun 2015, gedung ini dialih fungsi menjadi sebuah museum berisi kapsul waktu sejarah Surabaya dari masa ke masa.

Koleksi Museum

Kurang lebih sekitar 1000 barang koleksi ada disini. Di dalam museum juga terdapat foto walikota Surabaya dari masa ke masa. Jika anda mengingat pencipta lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya, disini tersimpan replika biola yang menjadi instrumen berjasa sepanjang sejarah negara ini. Selain itu, disini juga terpajang benda-benda kuno hingga peninggalan zaman Belanda, seperti koleksi dari Simpangsche Societeit, seperti satu set meja, kursi dan piano klasik

Selain benda-benda tersebut, Dinas Perhubungan ikut menyumbangkan benda-benda seperti lampu lalu lintas, papan penunjuk jalan yang pernah dipakai dulu. Kemudian, Dinas Kesehatan juga tidak mau kalah dengan menyumbangkan koleksi alat medis, kursi roda hingga kursi perawatan gigi tak luput menjadi daya tarik. Dengan sumbangan-sumbangan tersebut membuat museum ini semakin kaya akan koleksi, membuat para pengunjung seperti masuk ke dalam mesin waktu menyusuri perkembangan kota Surabaya dari masa ke masa.

BACA JUGA:  10 Tempat Kuliner Terbaik Yang Ada di G Walk Citraland Surabaya

Alamat Gedung Siola atau Museum Surabaya

Gedung Siola dimana Museum Surabaya berada berlokasi di Jalan Tunjungan, Genteng. Lokasi ini bersimpangan dengan jalan bersejarah Tunjungan. Dikelilingi pusat keramaian kota serta berdekatan dengan pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza membuat gedung ini berada di lokasi strategis. Sangat disayangkan jika anda melewati museum ketika sedang melewati jalan ini. Jika anda memiliki rencana mengunjungi Museum Surabaya tidak perlu mengkhawatirkan masalah biaya karena museum ini tidak menarik biaya sepeserpun. Maka dari itu tidak ada ruginya mengunjungi museum ini, hitung-hitung menambah pengalaman dan pengetahuan baru.

Lokasi Sekitaran Museum Surabaya

  1. Wisata Rasa Surabaya

Sebuah pusat oleh-oleh Surabaya yang memiliki banyak cabang, salah satunya di Jalan Genteng menjual oleh-oleh, seperti Almond Crispy Cheese, Kue Blinjo, Kue Mente dan Lapis Surabaya. Dan anda juga dapat mengakses via situs www.wisatarasasurabaya.com untuk mencari info tentang toko cabang dan detail produk.

  1. Pasar Genteng Surabaya

Pasar tradisional yang bisa dikatakan pusat barang elektronik seperti perangkat radio beserta suku cadang, mesin pompa, kapasitor dan lainnya. Jika kamu memiliki ketertarikan atau kebetulan sedang mencari alat-alat elektronik non-gadget sempatkan mampir kesini. (jejakpiknik.com/pasar genteng)

  1. BG Junction

Pusat perbelanjaan mal berisikan toko-toko seperti Carefour, Departemen Store, Toko Emas berlokasi di Jalan Bubutan bisa menjadi pilihan anda mencuci mata, berbelanja atau mencari tempat makan. (bgjunction.com)

  1. Tunjungan Plaza
BACA JUGA:  13 Potret Taman Buah Undaan Surabaya

Pusat perbelanjaan mal yang sangat nyaman dan elegan ini cocok sekali untuk anda mencari brand-brand terkenal dan juga untuk anda yang ingin beribadah bagi umat Islam dan Kristiani disini disediakan tempat peribadatannya. (tunjunganplaza.com)

 

==

Wisata Seru di Surabaya

==

SUMBER: jejakpiknik.com/museum surabaya, travelingyuk.com, tripadvisor.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here