Kekurangan Yang Ada Di Vario 150 Terbaru

0
95
New Vario Facelift 150 Tahun 2018 7
New Vario Facelift 150 Tahun 2018 7

Setelah sebelumnya kita membahas tentang kelebihan dari All New Honda Vario 150 dengan berbagai macam fitur yang disematkan. Bukan berarti motor ini tidak memiliki kekurangan. Untuk calon konsumen yang ingin membeli motor Honda Vario 150 perlu juga untuk mengetahui kekurangan dari motor ini agar bisa meminimalisir dan mencegah dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

Apa saja kekurangan dari salah satu motor matic terlaris di Indonesia ini, setidaknya kami sudah memiliki beberapa poin kekurangan dari All new Honda Vario 150. Apa saja kekurangan nya kita simak ulasannya.

 

  • Ruang kaki yang sempit

 

Bagi pemula yang baru saja mengendarai motor dan memiliki ukuran tinggi badan yang tidak terlalu tinggi. Mungkin nyaman dengan mengendarai Honda vario 150 terbaru ini. Hanya saja, untuk pemilik ukuran tinggi badan yang tinggi, hal ini akan sedikit tidak membuat nyaman. Ternyata Honda merancang ruang kaki All new Honda Vario 150 ini tidak terlalu luas, terutama pada bagian lutut. Seringkali para pengguna motor matic ini bersinggungan langsung dengan kompartemen bagian depan.

Masalah ini sudah muncul pada generasi sebelumnya. Dalam hal ini Honda sepertinya kurang memperhatikan dan tidak belajar dari sebelumnya untuk memperbaiki di model yang sekarang sehingga hal ini menjadi kekurangan yang sulit untuk diperbaiki.

  • Tidak berisi dan desain motor yang serupa matic entry level.

Motor matic dengan kapasitas mesin yang mencapai 150cc bukanlah lagi kelas entry level. Sehingga harus memiliki penampilan yang berbeda entah dari fitur atau pun desain dengan para kompetitornya. Seperti contoh Honda PCX, Yamaha Aerox, dan Vespa Primavera. Untuk ketiganya punya kesamaan, tampil dengan dimensi bongsor atau berisi. Ini menunjukan bahwa mereka berada di kelas premium.

Sedangkan untuk Honda Vario 150 ini tidak terlihat seperti itu. Meski motor ini ditujukan untuk segmen premium. Honda membuat motor ini tetap membumi. Terbukti dari dimensi motor yang ringkas mirip seperti matic – matic entry level. Dengan panjang hanya 1.919 mm, lebar 679 mm dan tinggi 1.062  mm. Parahnya lagi, motor matic Honda Vario 150 ini memiliki desain yang sama persis dengan Honda Vario 125 yang notabene nya memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil dan harga yang lebih murah.

           Jika Honda mengatakan bahwa warna doff adalah bukti motor Honda Vario 150 ini adalah kelas premium. Maka nyatanya, Suzuki Nex II yang juga termasuk matic entry level juga menggunakannya. Lantas apa yang bisa dibanggakan dari desain Vario 150?.

 

  • Performa mesin masih kalah dengan kompetitor.
BACA JUGA:  All New Honda PCX Hybrid, Spesifikasi dan Harga Terbaru (part 2)

 

           Honda mungkin bisa saja mengklaim bahwa motor Honda Vario 150 terbaru ini irit. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan oleh internal pabrikan berlambang sayap ini dengan metode ECE R40, konsumsi bahan bakar 1 liter nya bisa mencapai 46.9 km. Tapi dengan catatan menggunakan bensin Euro 3 dan fitur idling stop system (ISS) di aktifkan.

           Meski unggul dalam irit bahan bakar, tapi jika melihat soal performa mesin bisa dibilang motor ini kalah dengan Yamaha Aerox. Jantung mesin vario 150 hanya bisa mengeluarkan tori 13,4 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 13,1 PS pada 8.500 rpm. Sedangkan mesin Aerox sanggup memuntahkan torsi puncak 13,8 Nm pada 6.250 rpm dan tenaga maksimal 14,95 PS pada 8.000 rpm. Kehebatan matic Yamaha ini, karena mesin yang digunakan sedikit lebih besar yakni 155cc dan teknologi katup variabel (VVA) yang tidak dimiliki oleh Vario 150.

 

  • Tidak memiliki power outlet

 

         Meskipun memiliki fitur yang banyak, sistem pencahayaan dengan LED, panel instrumen digital, keyless, alarm, answer back system, ISS dan yang lainnya. Walau begitu, Honda tidak memasang power outlet di Vario 150. Padahal di zaman sekarang, power outlet sangat penting untuk mengisi daya smartphone ketika berkendara. Fitur ini banyak digunakan oleh konsumen terutama para pengendara ojek online.

Motor matic lain dengan harga yang lebih murah memiliki fitur ini. Contohnya, Honda Scoopy dan Suzuki Nex II varian tertentu. Sedangkan untuk dikelas 150cc. Power outlet tersedia di Honda PCX, Yamaha Aerox, Vespa Primavera dan lain – lain. Belum jelas alasan Honda kenapa tidak memberi power outlet pada Honda vario 150 terbaru ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here