Cara Keren Membuat Fotografi Bawah Air

0
102
Photo Underwater Spesial.net Unsplash
Photo Underwater Spesial.net Unsplash

Spesial.net – Cara Keren Membuat Fotografi Bawah Air. Alam bawah laut memang memiliki daya tarik tersendiri. Menyaksikan ikan yang berwarna-warni menari di antara terumbu karang akan membuat Anda ingin mengabadikan momen tersebut. Jika Anda penggemar fotografi, simak cara keren membuat fotografi bawah air berikut ini.

Untuk menghasilkan fotografi bawah air seperti yang diharapkan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan persiapkan karena fotografi bawah air ini berbeda dengan fotografi biasa. Tidak hanya tentang menemukan momen yang tepat untuk menangkap objek foto, Anda juga perlu menguasai teknik untuk mengambil fotografi bawah air.

Berikut ini beberapa cara keren yang dapat Anda persiapkan untuk membuat fotografi bawah air.

  • Menguasai teknik menyelam

Yang pertama harus Anda kuasai jika ingin membuat fotografi bawah air tentu saja bagaimana cara menyelam dengan benar dan aman. Gunakanlah peralatan menyelam yang memadai.

Berlatih menyelam juga akan sangat berguna agar Anda terbiasa bergerak di bawah air sembari membawa peralatan memotret. Paling tidak, Anda harus mampu menjaga keseimbangan tubuh ketika menyelam. Hal ini sangat diperlukan terlebih jika objek yang akan Anda ambil gambarnya adalah objek bergerak. Anda tidak ingin foto yang susah payah Anda buat di bawah air hasilnya blur, bukan?

  • Pelajari lokasi bawah air yang ingin Anda kunjungi

Fotografi bawah air dapat dilakukan di berbagai medan, mulai dari kolam renang, sungai, danau, bahkan lautan. Seperti juga ketika Anda ingin hunting foto di darat, Anda juga perlu melakukan riset atau survei terlebih dahulu terhadap tempat tersebut.

Hal-hal yang harus Anda cermati ketika melakukan survei lokasi adalah:

  • Kejernihan air. Semakin jernih air di lokasi pemotretan, semakin baik dan jelas hasil fotografi Anda.
  • Ombak atau arus. Jika ombak di lokasi memotret sedang tinggi, sebaiknya Anda menunda atau mencari lokasi lain yang lebih aman.
  • Waktu dan cahaya. Pastikan Anda memilih waktu yang pas ketika akan melakukan sesi fotografi. Sebaiknya sesi foto dilakukan pada pagi, siang atau sore hari, di mana Anda akan masih bisa memperoleh pencahayaan alami dari matahari.
  • Berhati-hatilah dengan ekosistem di bawah air. Jangan sampai Anda menginjak atau menyentuh benda atau makhluk yang beracun atau berbahaya. Begitu pula sebaliknya, jangan merusak ekosistem atau apapun yang berada di bawah air.
  • Gunakan kamera yang sesuai
BACA JUGA:  Berburu Foto di Gudang Bangkai Gerbong Kereta Api Stasiun Sidotopo Surabaya

Fotografi bawah air tentunya memiliki medan yang berbeda dari fotografi di darat. Maka dari itu, kamera yang digunakan tentunya harus memiliki spesifikasi khusus.

Jika Anda adalah fotografer pemula atau amatir yang ingin membuat foto bawah air untuk koleksi pribadi dan belum memiliki kamera yang mumpuni, Anda bisa menggunakan ponsel pintar. Akan tetapi, pastikan ponsel tersebut anti air.

Apabila ponsel Anda belum dilengkapi fitur anti air, jangan khawatir. Anda dapat memasukkan ponsel ke dalam casing-anti air transparan, sehingga Anda tetap dapat mengambil foto dengan jelas di bawah air.

Jika Anda ingin menggunakan kamera, saat ini sudah tersedia berbagai kamera yang mendukung foto bawah air. Tentunya masing-masing kamera itu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Jika Anda lebih suka kamera yang kecil, ringan, dan ringkas untuk dibawa ketika menyelam di bawah air, gunakan kamera GoPro. Tetapi jika Anda lebih suka menggunakan kamera DSLR, gunakan case waterproof atau memasang housing pada kamera Anda.

  • Manfaatkan objek dan ambil foto sebanyak mungkin

Membuat fotografi di bawah air dapat menghasilkan efek dan sensasi tersendiri pada hasil foto. Ketika di dalam air, momen yang paling baik mungkin tidak dapat diulang kembali.

Maka dari itu, ketika melakukan sesi foto di bawah air, Anda harus lebih responsif menangkap objek. Anda juga dapat memanfaatkan ekosistem bawah air ataupun benda-benda yang sengaja diletakkan di bawah air sebagai properti foto Anda. Karena menangkap momen di bawah air lebih sulit, ada baiknya Anda mengambil foto sebanyak mungkin untuk dipilih kemudian.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara keren membuat fotografi bawah air yang dapat Anda pelajari. Selamat mencoba!

 

BACA JUGA:  7 Alasan Kenapa Kamu Harus Datang ke Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here